admin No Comments

3 Manfaat Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Bagi PerusahaanDeepapsikologi.com –Pelatihan dan pengembangan Karyawan merupakan salah satu hal yang sangat penting, dan saat ini menjadi salah satu fokus utama dari banyak perusahaan.

Alasannya, setiap perusahaan biasanya memiliki dan akan memiliki beberapa posisi dan jabatan yang kosong, yang harus segera diisi, atau ditempati oleh orang (Karyawan) yang tepat.

Dalam artian, orang yang bersangkutan merupakan karyawan yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Sehingga kinerja yang dihasilkannya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Untuk mendapatkan karyawan dengan kompetensi seperti itu, tentunya harus melalui sebuah pelatihan dan pengembangan yang dikhususkan untuk karyawan.

Inilah yang membuat pentingnya pelatihan dan pengembangan untuk karyawan bagi perusahaan.

Dan berikut ini merupakan beberapa penjabaran singkat dari manfaat pelatihan dan pengembangan tersebut.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Bagi Perusahaan

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari pelatihan dan pengembangan untuk karyawan ini.

Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya akan memberikan 3 (Tiga) manfaat utama yang dianggap paling penting, dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi perusahaan.

#1. Mempersiapkan Karyawan Untuk Posisi dan Jabatan Yang Lebih Baik

Melalui pelatihan dan pengembangan untuk karyawan, setiap perusahaan diharapkan mampu mempersiapkan para karyawannya, agar nantinya memiliki kualitas dan kompetensi untuk kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang.

Singkat kata, ketika karyawan tersebut nantinya dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi dan jabatan yang lebih tinggi, yang bersangkutan sudah siap dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

#2. Memiliki SDM Yang Cakap

Memiliki sumber daya manusia yang cakap (Berkualitas) tentunya merupakan idaman setiap perusahaan.

Bagaimana tidak?

Karyawan merupakan ujung tombak perusahaan, yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan maupun kemunduran sebuah perusahaan.

Dan setelah mengikuti serangkaian pelatihan dan pengembangan dengan baik, seorang karyawan biasanya akan cenderung memiliki kompetensi yang lebih baik dari sebelumnya.

#3. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Jika seorang karyawan sudah memiliki kompetensi dan kualitas yang baik, hal ini tentunya akan berimbas pada kinerja dan produktivitas perusahaan yang semakin membaik.

Begitu juga sebaliknya, karyawan yang ogah-ogahan dalam bekerja, sudah jelas akan merugikan perusahaan tempatnya bekerja.

Nah, jika melihat dari 3 (Tiga) point di atas, kita semua bisa menyimpulkan jika pelatihan dan pengembangan untuk karyawan ini sangatlah penting bagi kemajuan perusahaan.

Namun yang harus digarisbawahi adalah, pelatihan dan pengembangan ini perlu dilakukan secara terencana, terstruktur, dan tentunya tepat sasaran.

Dalam artian, perusahaan harus bisa melihat dengan jeli, terkait memilih karyawan yang perlu diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga sebaiknya lebih mempercayakan materi pelatihan dan pengembangan karyawan kepada orang-orang yang kompeten di bidang tersebut. Baik individu maupun kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *