Dinda Aisha No Comments

deepapsikologi.com — BECOMING PARENTS, Bagaimana Menjadi Orangtua yang Sehat Secara Psikologis.

 

Penulis: Dinda Aisha & Puspa Rahayu Utami Rahman

Ketika mendengar kata orangtua, makna yang terlintas pertama kali pada kebanyakan orang adalah sepasang manusia yang diidentifikasikan dengan nama ayah dan ibu. Bagi sebagain besar pasangan individu yang sudah menikah, harapan besar berikutnya adalah menjadi orangtua bagi anak-anak mereka. Salah satunya mungkin Saya dan Anda!

Lalu, ketika Anda dan pasangan diberikan kesempatan untuk menjadi (atau calon) orangtua, sudahkah Anda banyak membekali diri dengan ILMU? Ilmu pengetahuan yang memfasilitasi pasangan agar dapat menjadi orangtua yang sesuai dengan karakteristik anak-anaknya, bukan hanya sebagai orangtua yang baik bagi pandangan subjektif orangtua itu sendiri.

Walaupun tidak ada definisi yang paten sebagai orang tua yang baik dan benar, karena setiap orang tua akan memiliki gaya pengasuhan yang berbeda-beda. Dalam mengasuh anak, perlu diperhatikan  kesesuaian dengan karakterisktik anak dan kondisi keluarga. Maka dari itu, dalam mempelajari ilmu-ilmu pengasuhan tidak hanya mempelajari teknik-tekniknya saja, namun perlu juga mempelajari mengenai karakteristik anak dan juga segala atribut yang menempel pada anak. Yang mana hal ini sangat memengaruhi gaya pengasuhan yang diterapkan oleh masing-masing orang tua.

Pada kenyataannya, menjadi orang tua itu bukanlah suatu tugas yang mudah. Belum ada sekolah wajib yang harus diikuti oleh setiap pasangan yang hendak menjadi orang tua. Tidak ayal, para pasangan akan “learning by doing” ketika mereka sudah memiliki buah hati. Pada pasangan lain mungkin adanya perasaan menyesal karena sudah melewati masanya belajar mempersiapkan menjadi orangtua yang optimal. Atau perasaan menyesal karena sudah  membuat suatu kesalahan dan berharap adanya “time machine” untuk mengulang waktu. Di sisi lain, ada juga pasangan yang sudah banyak membekali diri dengan ilmu “parenting” dengan berbagai cara namun masih kesulitan dalam menjalaninya. Padahal orang tua adalah salah satu kunci untuk menciptakan anak yang bermanfaat dan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupan.  Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa diperbaiki dan dipelajari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orangtua yang lebih optimal dan memanusiakan anak.

Family Care dari Deepa Pengembangan Psikologi, akan membuat artikel berseri mengenai “Becoming Parents” untuk membantu para orang tua ataupun calon orang tua memiliki bekal dalam menghadapi anak, baik itu dalam hal memahami anak dengan lebih baik, menyesuaikan pengasuhan yang tepat dengan kondisi anak, serta menjadi orang tua yang lebih sehat secara psikologis. Perlu diingat, setiap manusia tumbuh di muka bumi ini dengan kondisi yang berbeda-beda, baik dari segi fisik, orang tua, keluarga, lingkungan, tempat tinggal, kondisi ekonomi, dan sebagainya.

 

Happy Learning and Reading, Parents!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *