admin No Comments

 

Tidak sedikit masyarakat yang masih enggan untuk menjalani terapi psikologi. Padahal mengalami gangguan psikis juga membutuhkan penanganan ahlinya yaitu psikolog. Beda dengan curhat pada orang terdekat, psikolog memiliki kemampuan untuk membantu anda memecahkan masalah dari sudut pandang yang objektif. Bahkan psikolog bisa membantu anda untuk menyikapi permasalahan yang anda hadapi dengan cara yang lebih efektif.

 

Dalam menangani pasien, psikolog tidak melakukan tindakan yang sembarangan. Setiap psikolog profesional sudah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana mekanisme yang efektif untuk menangani setiap pasien. Salah satu penanganan yang dilakukan ialah dengan terapi. Namun terapi dalam psikologi sendiri ada berbagai macam. Berikut diantaranya:

 

Macam-Macam Terapi dalam Psikologi

 

  • Terapi perilaku ini dilakukan untuk memunculkan perilaku seorang individu yang biasanya dipengaruhi oleh proses pembelajaran atau hubungan sebab akibat. Misalnya saja seseorang yang fobia kotor karena pernah mengalami pengalaman traumatis terhadap hal-hal yang kotor.
  • Terapi humanistik digunakan untuk membantu pasien untuk menumbuhkan kesadarannya akan kebebasan dalam menentukan pilihan dalam hidupnya. Dalam terapi ini, psikolog membantu mengarahkan pasien untuk bisa mengambil keputusan terbaik untuk dirinya.
  • Terapi psikoanalisis dimana psikolog membantu untuk membuat pasien lebih rileks dalam membuka pikirannya dan menceritakan hal-hal yang ingin ia sampaikan secara sadar.
  • Terapi psikologi selanjutnya ialah terapi interpersonal digunakan untuk membantu pasien meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya termasuk keluarga dan teman. Biasanya terapi ini diberikan pada pasien yang mengalami depresi karena konflik keluarga, kehilangan orang terdekat, dsb.
  • Terapi kognitif digunakan untuk membantu pasien meningkatkan kesadarannya untuk berpikir secara lebih rasional. Terapi ini biasanya digunakan pada pasien yang mengalami masalah karena pola pikir yang tidak masuk akal. Dengan terapi ini, psikolog menuntun pasien untuk bisa berfikir lebih logis dan rasional.

 

Diatas hanyalah beberapa contoh dari jenis terapi yang digunakan psikolog untuk menangani pasien. Pada dasarnya, terapi psikologi diberikan sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Jadi, setiap individu atau pasien tidak harus menerima terapi psikologi yang sama. Itu harus ditentukan sesuai dengan diagnosa psikolog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *