admin No Comments

 

Deepapsikologi.com — Pembelajaran yang semakin banyak bidang menuntut siswa untuk menentukan bidang peminatan. Dari memasuki awal pembelajaran SMA, siswa sudah di arahkan untuk penjurusan peminatan pembelajaran. Selanjutnya sampai tahap siswa lulus dan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Siswa juga harus menentukan untuk mengambil fakultas dan jurusan mana yang hendak dipilih. Oleh karena itu, siswa dari awal sudah dituntut untuk mengambil keputusan jurusan yang dipilih. Keputusan tersebut menentukan masa depan bidang yang digeluti ketika mereka dewasa.

Padahal, ketika siswa SMA tersebut menentukan penjurusan, baik di SMA atau selepas lulus untuk kuliah. Seringkali keputusan penjurusan mereka didasarkan atas dorongan interaksi teman sebaya, atau keputusan yang kurang matang.

Pengambilan keputusan Remaja yang Seringkali Labil

Siswa SMA tersebut, yang selanjutnya kita sebut Remaja. Karena mereka dalam tahap memasuki usia remaja. Di usia remaja ini, mereka mengalami ketidakstabilan emosi karena faktor hormonal menuju masa dewasa. Dimana, dalam pengambilan keputusan cenderung tanpa pertimbangan matang dan ikut-ikutan peer groupnya. Jika sahabatnya mengambil jurusan Teknik, maka dia juga akan ikut mengambil jurusan teknik di kampus yang sama. Demi bisa tetap bersama. Atau jika ada gosip bahwa jurusan tertentu lebih keren di mata teman-temannya. Dia akan berusaha untuk mengambil jurusan tersebut. Sedangkan, bisa jadi, potensi remaja tersebut tidak di jurusan itu.

artikel terkait: Pemetaan potensi siswa SMA melalui tes Minat Bakat

Peran orangtua dan wali terkadang kurang dominan

Di masa remaja, permasalahan yang sering kami temui adalah peran orangtua yang tidak sedominan peran teman sebaya. Orangtua sering kali tidak bisa mengarahkan dan mengatur anaknya. Remaja tersebut seringkali lebih memilih mengikuti teman sebaya. Tentu hal ini tidak baik. Karena biasanya, remaja jika sudah berkumpul, mereka akan mencari eksistensi diri atau pengakuan. Yang terkadang disalurkan dengan aktivitas negatif untuk membuktikan diri di depan teman-temannya.

Pertanyaannya, mengapa orangtua mengarahkan anaknya? Hal ini ada beberapa hal, diantaranya adalah karena orangtua tidak satu frekuensi dengan anaknya. Orangtua dan anaknya tumbuh di jaman yang berbeda, sehingga akan memunculkan sudut pandang, sikap dan minat yang berbeda.

Banyak orangtua menganggap anaknya sebagai anak kecil terus menerus yang selalu di berikan aturan dan instruksi. Mereka tidak sadar bahwa anaknya sudah tumbuh menjadi remaja. Di masa ini, anak juga butuh orangtua sebagai teman dan sahabat. Anak membutuhkan orangtua sebagai teman diskusi, atau teman dalam aktivitas bersama. Jika orangtua memberikan ruang ‘pertemanan’ kepada anaknya yang sudah tumbuh remaja. Maka, remaja tersebut akan mudah kita arahkan untuk perencanaan masa depannya kelak.

Pemetaan Potensi remaja agar tepat mengambil studi

Kembali ke pembahasan, pengambilan jurusan. Remaja perlu lebih terencana dan terkonsep dalam mengambil jurusan perkuliahan. Hal ini untuk menghindari perasaan tidak nyaman, kurang bersungguh-sungguh, dan prestasi belajar yang kurang. Dengan menekuni pendidikan yang sesuai minat bakatnya, akan menjadikan remaja tersebut terdorong belajar lebih giat. Remaja tersebut dapat menikmati pembelajaran yang diberikan. Sehingga, puncak prestasi bisa didapatkan.

Pemetaan potensi tersebut dapat diolah melalui serangkaian alat tes psikologi yang sudah terstandardisasi dari keilmuan psikologi. Sehingga, remaja bisa diarahkan sebaiknya mengambil penjurusan mana yang sesuai dan jurusan mana yang sebaiknya dihindari. Tentu, itu adalah langkah awal untuk membantu agar remaja tersebut mendapatkan keputusan yang terbaik baginya.

 

Tes Minat Bakat Karawang dari Deepa Psikologi

Kami sebagai biro psikologi memberikan layanan untuk pemetaan potensi siswa peserta didik. Tes minat bakat tersebut kami olah sedemikian rupa agar bisa dipahami oleh siswa dan wali siswa, agar memberikan deskripsi terkait informasi yang kami rekomendasikan. Serangkaian alat tes pengungkapan minat bakat tersebut sesuai dengan standar baku alat tes dari keilmuan psikologi. Sehingga, dapat di verifikasi, dan di validasi alat ukurnya.

Biro psikologi Deepa berada di karawang, sehingga, layanan kami juga mencakup untuk klien kami yang berada di sekitar Karawang. Namun, kami juga dapat memberikan layanan psikotes untuk wilayah sekitarnya, seperti bekasi, Cikarang, Purwakarta, dan Subang.

Demikian artikel kami terkait Tes Minat dan bakat untuk tujuan Pemetaan Potensi Siswa SMA, semoga artikel kami memberikan manfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *