admin No Comments

Psikologi KonselingKegiatan yang didalamnya termasuk sesi konseling antara konselor dengan klien sering disebut dengan psikologi konseling. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menemukan akar permasalahan yang tengah dihadapi oleh klien. Mungkin masih ada keraguan pada diri Anda untuk mendatangi psikolog dan menjalankan sesi konseling. Namun apabila Anda merasa masalah Anda sudah terlalu berat ditanggung sendirian, bisa jadi itu menjadi salah satu tanda bahwa Anda membutuhkan bantuan seorang psikolog.

Tanda Anda Membutuhkan Psikologi Konseling

Apabila tanda-tanda berikut ini ada pada diri Anda, kemungkinan besar Anda membutuhkan bantuan psikologi lho! Jangan pernah menafikan tanda-tanda berikut ini ya! Yuk, kita simak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda sedang membutuhkan konseling dari psikolog!

  • Sedih Berlebihan

Rasa sedih sebenarnya adalah wajar. Pasti setiap orang pernah merasakan rasa sedih. Namun apabila rasa sedih sudah berlebihan Anda patut memasang alarm tanda bahaya. Sedih yang berlebihan menunjukan tanda kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja. Penyebab dari rasa sedih yang berlebihan adalah tertimpa masalah yang terlalu berat hingga menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Misalnya, perasaan sedih ini sampai mengganggu konsentrasi ketika sekolah atau bekerja.

  • Trauma

Trauma berat biasanya dipicu oleh kejadian atau peristiwa yang luar biasa buruk. Salah satu kejadian atau peristiwa yang dapat memicu trauma berat adalah mengalami pelecehan seksual, kecelakaan, ditelantarkan dan sebagainya. Orang yang mengalami trauma sangat membutuhkan bantuan psikolog dalam sesi konseling. Sesi konseling akan membuat trauma cepat sembuh, sebab dalam sesi ini klien akan menemukan orang tepat untuk berbagi masalah.

  • Kehilangan

Kehilangan disini bisa saja kehilangan orang yang berharga hingga sesuatu yang berharga. Kehilangan tentu saja bisa mengakibatkan kesedihan yang sulit dihadapi dan berlangsung secara berkelanjutan. Masalah kesedihan ini susah untuk diatasi kecuali oleh ahlinya, yaitu psikolog. Meskipun faktanya tidak semua orang membutuhkan bantuan psikolog saat menghadapi kesedihan. Namun, tidak ada salahnya memulai sesi konsultasi dan menemui psikolog.

Baca Juga: Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Menjalani Konsultasi Psikologi

  • Ketergantungan Obat-obatan dan Seks

Ketergantungan ini bisa saja dikarenakan karena obat-obatan, narkoba dan seks. Ketika Anda memiliki kebiasaan yang tidak baik kemudian melampiaskannya pada hal-hal buruk misalnya pada narkoba dan seks bebas. Tandanya Anda membutuhkan bantuan psikolog untuk melakukan sesi konseling. Pada saat sesi konseling berlangsung, Anda akan mendapatkan diagnosis kesehatan mental. Dan dari sinilah titik terang dari masalah Anda akan ditemukan. Sehingga Anda bisa menjauh dari ketergantungan akan hal-hal yang tidak baik.

  • Tidak Memiliki Tempat Mencurahkan Isi Hati

Keluarga dan sahabat adalah tempat seseorang mencurahkan isi hati. Namun apabila dari semua orang tersebut terlalu sibuk dan tidak bisa mendengarkan keluh kesah Anda, itu tandanya Anda membutuhkan bantuan psikologi. Mencurahkan isi hati adalah cara mudah meringankan masalah, dengan melakukan sesi konsultasi Anda bisa mudah mencurahkan isi hati.

Lakukan serangkaian sesi psikologi konseling pada lembaga yang terpercaya serta sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Buatlah sesi konsultasi dengan Deepa Jasa Psikologi dan Konseling profesional dengan menghubungi kontak person kami. Dan jangan lupa, sebelum menjalani sesi konsultasi Anda harus menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Tujuannya tentu saja supaya sesi konsultasi berjalan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. 

Dengan begitu, masalah Anda dapat teratasi dengan baik, kesehatan mental terjaga. Dan seluruh kegiatan sehari-hari dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Nah, itu tadi 5 tanda yang menunjukkan bahwa Anda membutuhkan bantuan psikolog. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *