admin No Comments

Biro Psikologi — Deepa sebagai pelayanan berfokus dalam pengembangan Psikologi. Pelayanan kami meliputi konseling, pengembangan sumber daya manusia untuk tujuan industri maupun non industri, dan di bidang pendidikan- sosial. Deepa Psikologi didirikan dengan tujuan untuk mengaplikasikan keilmuan Psikologi agar menjadi problem solving segala permasalahan yang terjadi di masyakarat di bidang Psikologi.

 

Deepa Psikologi di dukung oleh tim psikolog dan ilmuan Psikologi dalam proses pelayanannya. Dengan didukung oleh psikolog dan tim berpengalaman dan kompetensi di bidang Psikologi kami berharap pelayanan kami bisa memberikan solusi untuk permasalahan Anda dalam lingkup keilmuan Psikologi.

Berikut adalah ruang lingkup pelayanan yang kami tawarkan:

Layanan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dalam proses pelayanan pengembangan sumber daya manusia, digolongkan untuk tujuan bidang industri dan non industri. Tujuan dari pengembangan sumber daya manusia di bidang industri adalah untuk meningkatkan kualitas produktivitas kerja karyawan sehingga tujuan dari perusahaan bisa tercapai. Berikut adalah program layanan pengembangan SDM untuk perusahaan :

  1. Konsultasi (klinis) individual karyawan. Seperti kita ketahui, segala permasalahan karyawan diluar perusahaan bisa berdampak pada kinerja karyawan. Misalnya, karyawan dengan permasalahan konflik rumah tangga tidak akan bekerja optimal di perusahaan. Dengan penyelesaian permasalahan kehidupan pribadi karyawan melalui konseling, harapannya, kinerja karyawan bisa maksimal dan tidak terdistract hal negatif dari luar.
    biro Psikologi -- layanan promosi dan penempatan jabatan

    biro Psikologi — layanan promosi dan penempatan jabatan

  2. Pelayanan Motivasi kerja, menjadi langkah untuk menjaga performa karyawan dalam berkarir dan bekerja di perusahaan. Sedari awal permasalahan yang menyebabkan menurunnya semangat kerja bisa diselesaikan.
  3. Pelayanan training peningkatan kompetensi tertentu. Seperti pelatihan kepemimpinan dan kerjasama tim dalam perusahan. Skill dan kompetensi tertentu yang ditraining akan menjadi aset berharga bagi perusahaan.
  4. Pelayanan PSDM meliputi jasa Seleksi Karyawan, Psikotes dan Evaluasi kerja Karyawan. Psikotes sebagai sumber informasi mendalam pribadi karyawan/ calon karyawan, sehingga informasi tersebut bisa diolah oleh tim HR untuk proses penempatan, evaluasi, dan penerimaan kerja. Dengan pelaksanaan psikotes yang sesuai standar, maka informasi terkait pribadi karyawan tersebut bisa akurat. Khusus untuk psikotes, kami bahas sekilas aspek apa saja yang digali.

biro psikologi -- karyawan memegang peran penting untuk kinerja perusahaan

biro psikologi — karyawan memegang peran penting untuk kinerja perusahaan

Silahkan baca artikel lainnya terkait : Konsultasi Pengembangan Sumber Daya Manusia kebutuhan Industri

Layanan Psikotes sebagai Penggalian Informasi untuk Pengambilan Keputusan Recruitmen dan Evaluasi

 

Pelayanan biro Psikologi dari deepa yang sering diminta oleh klien kami adalah jasa psikotes. Psikotes sebagai proses penggalian informasi Psikologis karyawan atau calon karyawan. Hasil laporan Psikologis tersebut menjadi data dalam pengambilan keputusan proses seleksi karyawan dan evaluasi, maupun kebijakan perusahaan terhadap karyawan tersebut. Beberapa indikator yang didapatkan dalam tes Psikologi tersebut meliputi:

  1. Aspek kecerdasan umum, untuk menggali kemampuan berkonsentrasi, analisa dan pengetahuan umum. Juga dari aspek kecerdasan umum didapatkan kecepatan pemahaman informasi, dan memberikan kebijakan berdasarkan logika.
  2. Aspek cara kerja, melingkupi di dalamnya ketahanan kerja, sistematika dan ketekunan kerja, ketelitian dalam bekerja, dan kepatuhan karyawan terhadap aturan yang ditetapkan perusahaan. Hal lain yang di ungkap dari aspek cara kerja adalah tempo kerja, dan ketelitian/ kecermatan.
  3. Aspek leadership. Melingkupi bagaimana seseorang mengkoordinasikan dan mengatur bawahan. Dari kepemimpinan diketahui kemampuan mendelegasikan tugas dan ketegasan dalam menanamkan aturan kepada bawahan, serta penggalian aspek motivasi memimpin. Aspek kepemimpinan penting bagi perusahaan karena perusahaan terdiri dari sekumpulan orang dengan aktivitas dan job desk berbeda. Namun disatukan oleh visi perusahaan yang sama, yaitu mengembangkan perusahaan.
  4. Aspek kepribadian. Dalam aspek kepribadian, mengungkap indikator seperti kepercayaan diri, penyesuaian diri, kemandirian, dan kemampuan bekerja sama dalam tim kerja. Indikator lain yang diungkap adalah inisiatif bekerja, motivasi bekerja, dan daya tahan dalam menghadapi tekanan kerja.

Demikian adalah aspek apa saja yang bisa diketahui dari serangkaian proses psikotes. Dengan pengungkapan keseluruhan aspek Psikologis tersebut, harapannya, proses seleksi dan evaluasi didapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan job deskripsi. Tujuan akhirnya adalah mendapatkan orang yang tepat untuk posisi kerja yang ditentukan.

 

Konseling Psikologi untuk Individual dan Kelompok

Layanan dari biro Psikologi deepa untuk konseling Psikologi sebagai proses pendampingan klien dalam menghadapi permasalahan. Kenapa perlu menggunakan jasa psikolog, bukan hanya teman atau sahabat curhat? Karena psikolog berorientasi kepada penyelesaian masalah, bukan hanya fokus kepada peredaan perasaan (emotional focus copyng). Psikolog sudah terlatik dalam proses konseling untuk penyelesaian permasalahan Psikologis klien. Dengan menggunakan pendekatan keilmuan yang sudah tersandarisasi. Harapannya permasalahan klien segera terselesaikan.

Baca artikel lainnya : Konsultasi Psikologi pendampingan permasalahan Keluarga

Konseling dilakukan selama beberapa sesi pertemuan dengan tahapan membangun rapport, menggali permasalahan, mengunggap penyelesaian masalah, sampai jika perlu menggunakan metode terapi.

Dalam aplikasinya, konseling Psikologi digunakan untuk berbagai bidang. Seperti konseling pendampingan siswa bermasalah. Membantu konflik rumah tangga, konseling meredakan kecemasan, membatu klien mengatasi trauma, dan berbagai permasalahan lainnya.

 

Pemeriksanaan Menyeluruh Aspek Psikologis Klien

 

Pemeriksaan menyeluruh aspek Psikologis memberikan informasi mendalam terkait diri klien. Sehingga, dengan mengetahui diri yang sebenarnya dari klien, psikolog bisa membantu untuk mengarahkan potensi, metode belajar yang tepat, bagaimana seharusnya bersikap dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi klien. Pengungkapan minat, dan bakat klien diharapkan bisa dimaksimalkan potensinya sejak awal, sehingga membantu klien mencapai maksimal potensi pengembangan dirinya.

Layanan Terapi Psikologi

Terapi Psikologi beriringan dengan tahapan konseling. Proses terapi diperlukan untuk menyempurnakan hasil konseling agar klien dapat sehat mental. Berikut adalah teknik – teknik yang biasa kami gunakan dalam proses terapi pelengkap sesi konseling:

  1. Terapi CBT, merupakan Cognitive Behavioral Theraphy atau terapi Kognitif dan Perilaku. CBT beranjak dari pemikiran bahwa segala respon lingkungan menjadi masalah ketika kita menyikapinya dengan pemikiran negatif. Pemikiran-pemikiran negatif tersebut lah yang sebagian besar menjadi penyebab seseorang mengalami depresi dan masalah psikologis lainnya. padahal sebenarnya situasinya netral. CBT sebagai terapi untuk merubah pola pikir dan sudut pandang logika dari pemikiran negatif beranjak ke orientasi pemikiran positif.
  2. Terapi interpersonal, sebagai metode terapi untuk memperbaiki pola interaksi dan komunikasi dengan orang lain. Ketidakmampuan dalam berinteraksi dengan linkungan sosial menyebabkan depresi dan kemarahan. Sehingga memunculkan perasaan tidak nyaman bagi klien. Kekurangmampuan interaksi sosial ini yang sebagian besar menyebabkan konflik pasangan suami istri, orangtua dan anak, mitra kerja, dan termasuk juga antara tetangga.
  3. Terapi perilaku dialektik, sebagai terapi agar klien mampu memahami perilaku dan pikiran dengan kesalahan ekstrem di luar kewajaran. Klien digiring dan diarahkan menuju perilaku normal yang diterima oleh sosial. Terapi perilaku dialektik cocok diberikan kepada klien dengan gejala depresi akut, dorongan untuk bunuh diri, dan fobia.

Di atas adalah tiga dari beberapa model terapi yang bisa diterapkan kepada klien di sesi – sesi akhir tahapan konseling.

 

Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Beberapa tim psikolog Deepa Psikolog terlibat langsung dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi. Karena tim Psikolog kami sebagian berprofesi sebagai staf pengajar. Profesi Dosen dituntut untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. yaitu mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Oleh karena itu, Deepa bekerja sama dengan pihak universitas untuk program pengabdian masyarakat dan program penelitian. Untuk program pengabdian masyarakat, pelayanan non profit yang sudah kami jalankan adalah pendampingan psikolog untuk korban kekerasan anak dan perempuan di Unit Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Karawang.

Disamping pendampingan psikolog di unit P2TP2A Karawang, kami juga bekerja sama sebagai Mitra Polres Karawang sebagai tim ahli untuk para pelaku kriminalitas. Psikolog perlu memastikan bahwa pelaku kriminal tersebut dalam melakukan kejahatannya, bisa dipertangjawabkan perilakunya. Dan secara sadar telah melakukan kejahatan. Tim psikolog dalam kompetensi memberikan catatan, apakah pelaku kriminal mengalami gangguan kejiwaan atau dalam kondisi sehat ketika berbuat kejahatan. Psikolog juga bisa memberikan statemen jika ada pelaku kejahatan melakukan Malingering (berpura-pura sakit jiwa untuk menghindari sanksi hukum).

——————–

 

Demikian adalah produk pelayanan dari Biro Psikologi Deepa. Jika Anda berminat dengan produk dan pelayanan dari kami, silahkan hubungi kami via kontak yang tersedia di halaman website ini. Kami berharap pelayanan kami bisa menjadi sarana untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan Psikologis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.