admin No Comments

Deepa Psikologi sebagai lembaga tes psikologi/ lembaga penyenggara layanan Psikologi dengan di dukung oleh tim berupa sarjana Psikologi maupun psikolog. Kami concern dalam aplikasi keilmuan Psikologi untuk bidang industri maupun kebutuhan non industri.

Lembaga Tes Psikologi layanan untuk bidang Industri

Dalam aplikasinya, layanan kami di bidang Psikologi industri dan organisasi juga meliputi layanan untuk proses seleksi karyawan dan psikotes, layanan promosi karyawan, dan penempatan kerja karyawan. Selain itu terdapat layanan pemeriksaan dan konsultasi potensi karyawan dan analisis jabatan. Untuk penyelesaian permasalahan individual karyawan yang berpengaruh kepada kinerja atau performa kerja karyawan di perusahaan. Kami memberikan layanan konsultasi klinis individu atau kelompok. Seperti kita ketahui bersama, jika karyawan memiliki masalah di luar aktivitas kerja juga bisa berdampak kepada aktivitas  mereka di pekerjaan. Seperti misalnya, permasalahan konflik rumah tangga, atau permasalahan individual seperti kecemasan, depresi dan trauma.

 

Fungsi dari Proses Psikotes

Dalam proses seleksi karyawan, layanan promosi karyawan, dan penempatan kerja. Bagian terpenting adalah terpenuhinya data atau informasi terkait diri dari karyawan tersebut. Sehingga, bisa diketahui potensi, kemampuan dan karakteristik dari karyawan tersebut. Sehingga, tes Psikologi menjadi salah satu data penting untuk mendapatkan informasi mendalam terkait diri karyawan tersebut. Setelah informasi di dapatkan, maka HR atau kami (jika di berikan amanah untuk melakukan proses ), bisa membuat kebijakan apakah karyawan tersebut kompeten atau tidak dengan posisi baru. Apakah karyawan tersebut mampu jika ditempatkan di posisi baru. Setelah di sesuaikan dengan analisa jabatan dan job desk ditentukan.

Psikotes untuk menemukan tim kerja yang sesuai kebutuhan organisasi perusahaan

Psikotes untuk menemukan tim kerja yang sesuai kebutuhan organisasi perusahaan

Apa saja yang digali dari proses Psikotes?

Berikut ini adalah beberapa penjabaran point dari aspek apa saja yang bisa digali dari tahapan psikotes. Tentu pelaksanaan tes dan penggalian tes ditentukan dengan kebutuhan perusahaan. Tetapi sebagai gambaran singkat, aspek apa saja bisa kami jabarkan sebagai berikut:

  1. Penggalian aspek perilaku kerja. Dalam penjabaran perilaku kerja, akan didapatkan indikator terkait daya konsentrasi, ketekunan, ketelitian, keuletan dan kesetabilan semangat kerja. indikator lain yang bisa diungkap dari penggalian aspek perilaku kerja ini adalah kecekatan dan inisiatif kerja.
  2. Penggalian untuk aspek intelektualitas. Dalam Penjabaran aspek intelektualitas, akan didapatkan indikator terkait kecerdasan umum, kemampuan analisa, pengetahuan umum dan daya ingat. Di aspek ini, sangat berhubungan dengan kemampuan seseorang menerima informasi dan mengolahnya. Dalam posisi tertentu di penetapan kerja, kemampuan intelektual sangat penting seperti di bagian managerial, dan di bagian dengan pengambilan keputusan tinggi.
  3. Aspek kepribadian. Di dalam penggalian aspek kepribadian, akan diungkap indikator terkait komunikasi, keyakinan diri, penyesuaian diri dan keluesan dalam berinteraksi dengan orang lain. Indikator lain yang bisa diungkap juga yaitu kematangan pribadi, stabilitas emosi, daya tahan terhadap stres dan yang terakhir terkait kemampuan seseorang dalam bekerja sama.
  4. Aspek potensi kerja. Di dalam aspek potensi kerja, akan bisa didapatkan indikator berhubungan dengan kemampuan membujuk atau persuasi, potensi memimpin, motivasi berprestasi dan ambisi untuk dorongan berkembang atau maju.
  5. Penggalian untuk aspek khusus. Didalamnya meliputi tanggung jawab, kedisiplinan, loyalitas terhadap perusahaan, dan juga indikator kejujuran.

Data dari Psikotes menjadi bahan pertimbangan analisa HR

Mengingat begitu banyak aspek dan indikator- indikator nya yang bisa digali di dalam proses tes Psikologi. Maka, informasi- informasi tersebut merupakan data akurat untuk bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan.  Informasi tersebut bisa digunakan oleh tim HR dalam proses recruitment karyawan, penempatan kerja, dan promosi kerja. Karena informasi karyawan atau calon karyawan tersebut bisa disesuaikan dengan analisis jabatan yang dibutuhkan.

tim online deepa lembaga tes psikologi untuk jadwal konsultasi

tim online deepa lembaga tes psikologi untuk jadwal konsultasi

Demikian adalah artikel kami secara singkat terkait layanan lembaga Tes Psikologi, dan ruang lingkup aktivitas kerja.  terkait produk dan layanan deepa psikologi. Anda bisa menghubungi kami melalui tim customer service dengan kontak yang tertera di halaman website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.