admin No Comments

 

Setiap perusahaan memiliki kriterianya tersendiri dalam memilih karyawan. Ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan itu sendiri. Maka tidak heran jika setiap perusahaan menyelenggarakan psikotes untuk karyawan maupun calon karyawan. Dengan melaksanakan psikotes bagi karyawannya, perusahaan berusaha untuk memperoleh gambaran mengenai prediksi karyawannya dari segi performa kerja dimasa mendatang.

 

Seberapa Penting Psikotes Karyawan?

Sebagian karyawan menganggap psikotes sebagai hal yang biasa dan sebagian lain menganggapnya menyeramkan. Namun jika ditanya penting atau tidaknya psikotes, tentu saja sangat penting terutama dalam hal perekrutan karyawan. Psikotes sendiri dijalankan berdasarkan 3 aspek utama yaitu intelegensi, performa kerja, dan kepribadian.

"<yoastmark

Psikotes berguna untuk Mengukur Potensi Kecerdasan Karyawan

Dengan mengetahui potensi intelegensi karyawan, perusahaan bisa memprediksi kemampuan karyawan dalam memenuhi tuntutan sesuai dengan jenis posisi yang ada diperusahaan. Intelegensi menjadi salah satu modal utama seorang karyawan untuk bisa mengeksekusi setiap tuntutan kerja dengan baik.

Dalam beberapa asesemen untuk job deskripsi, perusahaan membutuhkan karyawan dengan intelegensi tinggi. Karena pekerjaan tersebut berada di ranah analisa tinggi, pengambilan keputusan, berkorelasi dengan pengolahan data. Tetapi, dalam beberapa hal, perusahaan hanya membutuhkan karyawan dengan potensi intelegensi yang rendah namun penurut, tidak pemberontak, dan yang penting kerja teknisnya bagus.

Oleh karena itu, memenuhi tuntutan perusahaan, kita harus mengikuti target yang ditetapkan oelh perusahaan. Apakah memang analisa hasil intelegensi yang dibutuhkan perusahaan itu untuk karyawan menjadi syarat penting atau bisa dikesampingkan. Sehingga, pengujian terhadap tes intelegensi harus diberikan kepada calon karyawan atau karyawan.

Pengungkapan Pengukuran Intelegensi

Aspek apa saja yang diungkap pengukuran intelegensi, bisa kami jabarkan sekilas sebagai berikut:

  1. Kemampuan analisa untuk menguraikan permasalahan atau persoalan besar menjadi data-data kecil yang terkorelasi untuk bisa diselesaikan. Kemudian juga menemukan sebab-sebab dari permasalahan yang ada.
  2. Sintesa atau kemampuan untuk menarik benang merah / hubungan korelasi antara satu permasalahan dengan permasalahan lainnya. Menggunakan penarikan kesimpulan, dan menyederhanakan permasalahan untuk diselesaikan.
  3. Berfikir secara fleksibel dan tidak kaku. Sehingga, bisa mencari alternatif solusi untuk menghadapi masalah. Semakin berfikir fleksibel dan solutif, maka akan bisa menemukan banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan. Kemudian, bisa mencari satu solusi yang paling efektif dari solusi yang lain.
  4. Penalaran baik verbal maupun non verbal. Untuk menyimpulkan data, termasuk memahami hubungan angka, penalaran operasional angka dan memahami konsep hitung.
  5. Kemampuan dasar untuk menilai dan mengolah informasi, serta memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Psikotes Menilai Aspek Performa Kerja

Selanjutnya, dalam psikotes untuk karyawan ada aspek performa kerja yang dinilai. Hal ini bermanfaat bagi perusahaan dalam hal penempatan posisi. Ada orang yang cenderung memiliki performa yang baik ketika bekerja dalam tim dan ada pula orang yang justru lebih optimal performa kerjanya ketika bekerja secara individual. Setiap posisi diperusahaan memiliki kriteria berbeda. Dan tes ini bisa membantu perusahaan agar lebih mudah untuk menempatkan posisi karyawan sesuai kecenderungan gaya bekerjanya.

Di dalam performa kerja, akan nampak ketahanan seseorang bekerja di dalam situasi tertekan dan monoton. Keinginan melakukan pekerjaan yang sebaik-baiknya dan semaksimal usahanya. Kemampuan bekerja dengan hasil teliti dan cermat. Kecepatan, gesit dan cekatan dalam bekerja. Hal lain yang nampak dari penilaian performa kerja adalah keteraturan dalam bekerja. Bekerja mengikuti prosedur tetap atau tidak mau mengikuti. Serta, kemampuan menjaga prestasi tetap stabil, dan tidak down di tengah jalan.

artikel terkait, silahkan klik link Tentang Tes Psikotes dan sekilas Tentang Tes Minat Bakat

Psikotes Menilai Kepribadian Karyawan

 

Yang tidak kalah penting dari tes psikologi karyawan ialah menilai aspek kepribadian. Karakter seseorang seperti disiplin, perfectionist, santai, tidak mudah menyerah, dsb bisa menentukan kesesuaian dengan budaya perusahaan. Jika kepribadian karyawan sesuai dengan budaya perusahaan dan tuntutan performa kerja yang diharapkan maka tentu saja ia akan diterima diperusahaan.

 

_______

 

Banyak yang beranggapan bahwa psikotes pada proses perekrutan karyawan diperusahaan hanya formalitas. Namun nyatanya, psikotes memiliki proporsi yang sama dengan proses perekrutan lainnya seperti tes tulis dan wawancara. Maka penyelenggaraan psikotes untuk karyawan juga dilaksanakan sesuai dengan standar dalam keilmuan psikologi dan biasanya perusahaan bekerja sama dengan penyedia jasa tes psikologi profesional.

Psikotes tidak hanya diaplikasikan untuk proses seleksi. Tetapi juga bisa digunakan untuk proses rotasi, promosi jabatan, evaluasi kinerja, pengenalan potensi karyawan, sampai proses pemecatan karyawan.

 

Deepa Psikologi Sebagai Lembaga Penyelenggara Psikotes

silahkan chatting dengan tim cs kami via whatsapp

silahkan chatting dengan tim cs kami via whatsapp

Deepa psikologi merupakan lembaga yang telah konsern terhadap layanan psikotes. Beberapa klien kami baik dari instansi pendidikan maupun dari Industri organisasi. Untuk memenuhi tuntutan klien kami, secara legalitas deepa Psikologi di bawah CV. Indomitra Bina Sejahtera dengan NPWP dan SIUP, TDP, serta Surat Ijin Praktek Psikologi telah terdaftar dan terlampir di website ini.

Berdasarkan misi untuk memberikan layanan jasa psikologi yang mampu memenuhi kebutuhan mitra dengan jasa berkualitas. Maka, kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan Deepa sesuai prosedur keilmuan bisa diuji validitas, reabilitas, dan kredibilitasnya.

Kami hadir di Karawang, dan sekitarnya. tetapi untuk beberapa hal, kami biasa dipanggil klien kami untuk layanan psikologi di sekitar Jabotabek. Untuk bisa berkontak dengan tim Psikolog kami, silahkan anda berkontak dengan tim customer service yang ada di halaman website ini. sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.