admin No Comments

Psikologi Konseling yang merupakan sebuah cabang dari psikologi. Psikologi yang berasal dari sebuah kata Yunani, yaitu psyche yang berartikan jiwa dan logos yang berarti ilmu.  Jadi dalam pengertian secara harfiah psikologi merupakan ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa. Dan konseling itu sendiri (counseling) seperti yang dikenal oleh sebagian seseorang dengan sebuah istilah penyuluhan, pembimbingan dan lain sebagainya. Dan sebagian orang awam memaknai pengertian tersebut sebagai pemberian penerangan, informasi, ataupun pemberian dari sebuah nasihat kepada pihak lain. Konseling yang merupakan cabang dari sebuah psikologi merupakan sebuah praktek yang memberikan sebuah pertolongan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan.

Dengan mengerti akan pentingnya sebuah pengertian psikologi dan pengertian konseling saja, tidak akan pernah cukup bagi seorang konselor untuk dapat menangani pasien dengan masalah yang berbeda-beda. Oleh karena itu pula, kita harus juga mengetahui apa sebenarnya pengertian dari psikologi konseling tersebut secara utuh dan menyeluruh, dan kita juga dituntut juga untuk memahami isi dari psikologi konseling tersebut.

Psikologi Konseling, mempunyai beberapa langkah-langkah psikologi serta tahapan yang akan dilakukan konseling hingga dapat mengaplikasikannya sebagai bagian dari tugas seorang konselor tersebut. Pengertian psikologi konseling merupakan sebuah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seseorang yang dikatakan ahli dalam bidang psikologi kepada seorang pasien yang mempunyai masalah tertentu hingga muaranya pada masalah tersebut bisa teratasi. Terdapat beberapa penjelasan terkait pengertian psikologi konseling, terdapat beberapa tokoh yang memberikan gambaran akan pengertian daripada psikologi konseling tersebut.

  1. Scherter dan Stone (1980)

Psikologi Konseling, menurut Scherter dan Stone adalah sebuah upaya dalam memberi pertolongan dengan melalui sebuah proses interaksi yang bersifat intim atau pribadi antara seorang konselor dan konseling agar konselor mampu memahami diri dari konseling/pasien tersebut dan lingkungannya hingga mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakini sehingga konseling/pasien tersebut merasa bahagia dan tenang dalam menyampaikan permasalahannya hingga masalah tersebut bisa teratasi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Anda Membutuhkan Layanan Konsultasi Psikologi dan Konseling

  1. Jones (1951)

Menurut Jones, psikologi konseling adalah kegiatan dimana semua fakta yang ada dikumpulkan dan semua pengalaman dari seorang konseling/pasien difokuskan terhadap masalah tertentu untuk dapat diatasi oleh diri sendiri atau yang bersangkutan. Dimana dalam posisi ini seorang pasien dituntut untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri-sendiri dan seorang psikolog hanya sebagai fasilitator saja.

  1. Prayitno dan Erman Amti (2004)

Psikologi Konseling menurut keduanya adalah sebuah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui sebuah wawancara konseling oleh seorang ahli kepada pasien hingga masalah pasien tersebut bisa teratasi. Disini seorang psikolog mempunyai peranan yang cukup penting demi terselesaikannya masalah pasien.

Psikologi Konseling memiliki banyak pengertian dan banyak teori yang ada, dalam memahami secara mendetail perihal psikologi konseling, oleh karena sebab itu sebelum melakukan proses konseling terhadap suatu masalah yang dihadapi oleh seorang konseling, perlu diketahui bahwasanya konseling harus benar-benar mengetahui pengertian tersebut secara gamblang. Hal tersebut ditujukan untuk dapat mengatasi permasalahan dari seorang konseling agar masalahnya bisa segera terselesaikan dengan baik.

Pendidikan konseling memang cukup penting bagi seseorang agar dapat memahami kondisi batin seseorang dan dalam perkembangannya pendidikan konseling sudah cukup banyak, Deepa Psikologi merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga penyedia jasa pendidikan konseling yang berkualitas dalam bidang psikologi hubungi kami untuk mendapatkan layanan konseling yang sesuai dengan kebutuhan permasalahan yang dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *