admin No Comments

Jasa Konseling dalam masa kini mempunyai peran yang cukup signifikan dalam pembentukan karakter pribadi seseorang. Serta penyelesaian masalah yang tidak bisa diselesaikan secara pribadi. Dalam masa kini perkembangan dunia digital sangat berkembang sangat pesat sekali. Namun hal tersebut tidak diimbangi oleh peran serta keluarga atau guru dalam menghadapi perkembangan dunia digital tersebut. Hal tersebut sangat berimbas kepada prilaku seseorang, dalam hal ini anak-anak 15 tahun ke bawahlah yang menjadi perhatian cukup menarik bagi seseorang psikolog.

Karena cukup banyak anak-anak dengan umur 15 tahun ke bawah ini mengenal gadget tanpa adanya kontrol dan bimbingan dari orang tua. Dan akhirnya anak-anak tersebut menjadikan gadget tersebut menjadi bagian yang pokok dalam hidupnya. Dalam kasus yang terjadi, ada anak-anak dalam umur tersebut 8 dari 10 dari mereka rata-rata menghabiskan waktu 8 jam. Dan itu hanya untuk bermain gadget, game online dan lain sebagainya merupakan konsumsi mereka dalam setiap hari. Bayangkan hal tersebut terus berulang-ulang setiap hari. Ada beberapa anak yang bisa dikatakan sudah over dalam bermain gadget hingga sampai-sampai merubah kondisi emosi seseorang anak tersebut.

Beberapa kejadian yang cukup jelas kita sering lihat di berita, terdapat anak yang membanting/merusak hp-nya sendiri gegara kalah dalam bermain game online. Dan ada juga anak di bawah umur nekat mencuri untuk membeli hp guna bisa bermain game online. Serta ada pula anak dibawah umur tersebut yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Hal ini karena kedua matanya sakit akibat bermain hp terlalu lama dan hal tersebut merupakan beberapa dari sekian banyak  masalah yang ada saat ini.

Jasa Konseling merupakan solusi yang cukup efektif dalam memperbaiki beberapa masalah dalam hal ini adalah game online. Banyak di sekolah-sekolah yang terdapat seorang guru yang membidangi bimbingan konseling mendapati peserta didik mereka yang mempunyai masalah terkait game online. Banyak diantaranya bisa selesai sampai di sekolah namun juga banyak pula masalah yang terkait hal tersebut sekolah tidak mampu untuk menyelesaikannya. Jasa konseling bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hal tersebut tatkala orang tua terlalu sibuk bekerja. Sehingga tidak cukup waktu untuk menemani anak-anak dan memahami permasalahan yang dialami anak tersebut.

Baca Juga: Pelajari Lebih Dalam tentang Apa itu Psikologi Konseling

Dalam memilih jasa konseling, memang tidak cukup mudah karena setiap umur dan permasalahan yang dihadapi oleh seseorang itu beda pula penanganannya. Terdapat beberapa karakteristik yang ada dalam konselor kita bisa memahami hal tersebut terlebih dahulu sebelum kita menyewa jasa dari konselor tersebut, adapun karakteristik dari seseorang konselor sebagai berikut :

  1. Kepribadian Konselor
    1. Ada beberapa kepribadian konselor yang perlu diperhatikan atau yang harus dimiliki seorang konselor untuk kepribadiannya yaitu :
    2. Memiliki kepribadian yang kuat
    3. Bersifat menerima seseorang sebagaimana adanya
    4. Empati
    5. Jaminan emosional
    6. Menghindari nasihat-nasihat
    7. Memiliki ilmu jiwa dalam atau pun psikologi dan psikoterapi
  2. Kualitas Konselor

Beberapa hal yang harus dimiliki konselor untuk menentukan kualitas konselor yaitu:

  1. Pengetahuan mengenai diri sendiri
  2. Kompetensi
  3. Kesehatan psikologis yang baik
  4. Dapat dipercaya
  5. Kejujuran
  6. Kekuatan atau daya
  7. Kehangatan pendengar yang aktif
  8. Kesabaran
  9. Kebebasan
  10. Kepekaan
  11. Kesadaran

Jasa Konseling dalam hal karakteristik tersebut memang tidak semua penyedia jasa bisa menyediakannya, namun hal tersebut bisa kita temui di Deepa Psikologi sebuah tempat penyedia jasa konseling yang cukup berkapasitas dan memenuhi kriteria dalam pemilihan konselor untuk menangani beberapa permasalahan yang ada, hubungi kami untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada dalam layanan konseling dengan penyedia jasa konseling yang berkompeten dalam bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *