admin No Comments

Berbicara terkaitpsikotes lowongan kerja, selalu melalui prosedur proses seleksi. Dan jika kita membahas proses seleksi, maka beberapa data penting terkait calon karyawan bisa kita dapatkan melalui tahapan psikotes. Karena informasi terkait identitas calon karyawan diperlukan agar kita bisa memprediksi. Apakah calon karyawan tersebut nantinya bisa bekerja secara kompeten dan efektif.

Psikotes Lowongan kerja -- pelamar kerja dengan jumlah banyak sedangkan jumlah lowongan kerja terbatas menuntut adanya proses seleksi

Psikotes Lowongan kerja — pelamar kerja dengan jumlah banyak sedangkan jumlah lowongan kerja terbatas menuntut adanya proses seleksi

Mengapa Psikotes Penting?

Psikotes sebagai serangkaian tes yang digunakan untuk mengetahui dinamika kepribadian calon karyawan dengan pendekatan keilmuan Psikologi. Serangkaian tes yang digunakan menggunakan standar yang sudah diterapkan. Sehingga, bisa dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya.

Berbicara soal informasi psikotes yang bisa digunakan sebagai pengambilan keputusan dalam proses seleksi. Maka, terdapat beberapa penggalian informasi terkait pribadi calon karyawan diantaranya,

  1. Dengan psikotest, penggalian calon karyawan melalui tingkat intelegensinya bisa kita ketahui. Tingkat intelegensi sangat penting karena menentukan kemampuan analisa, dan kecepatan mengambil informasi yang ada di lingkungan. Selain itu, dengan intelegensi yang tinggi, seseorang lebih cakap dan lebih mampu menyelesaikan masalah- masalah yang diberikan.
  2. Psikotes menggali cara seseorang dalam bekerja. Diantara serangkaian tes tesebut, diantaranya terdapat soal- soal yang harus dijawab oleh tester. Soal-soal yang diujikan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menggali terkait cara kerja. Yaitu tentang bagaimana ketekunan, sistematika, dan daya tahan dalam bekerja. Ada lagi hasil indikator yang diujikan yaitu mengetahui ketaatan dalam mengikuti aturan, tempo kerja, dan ketelitian.
  3. Psikotes menggali terkait kepribadian calon karyawan. Beberapa data terkait kepribadian yang bisa diketahui adalah seperti penyesuaian diri dan kepercayaan diri. Data lain adalah mengetahui terkait kemampuan bekerja sama, kemandirian, dan stabilitas emosi calon karyawan. Dan yang terakhir dari segi kepribadian, yang bisa diungkap adalah inisiatif diri dan motivasi berprestasi.
    Psikotes Lowongan Kerja -- pengenalan potensi karyawan untuk puncak karir bisa digali melalui serangkaian tes psikologi

    Psikotes Lowongan Kerja — pengenalan potensi karyawan untuk puncak karir bisa digali melalui serangkaian tes psikologi

  4. Jiwa kepemimpinan bisa diketahui dari tes Psikologi. Kepemimpinan ini sangat penting dalam perusahaan, terutama jika fungsi seleksi adalah di level managerial atau setingkat atas. Karena dengan kepemimpinan yang tepat, kerjasama tim bisa berjalan efektif dan efisien. Dengan kepemimpinan yang baik, seseorang bisa mengkoordinasikan bawahannya bekerja. Meminimkan konflik dan masalah bawahannya di ruang kerja, dan menghubungkan informasi atau instruksi dari pemimpin ke bawahan. Dengan psikotes, indikator Psikologis yang diukur di level kepemimpinan adalah untuk mengetahui motivasi memimpin, dan bagaimana pengambilan keputusan. Indikator lain dari psikotes untuk mengetahui kepemimpinan adalah dengan mengetahui ketegasan, dan pendelegasian tugas.
  5. Beberapa paket dari layanan psikotes diantaranya memberikan layanan interview atau wawancara. Namun tahapan ini digunakan untuk penggali informasi tambahan. Dari proses interview bisa ditangkap data sikap dan cara calon karyawan dalam berkomunikasi. Kemampuan untuk merespon dan memberikan timbal balik dari komunikasi dua arah atau lebih. Selain itu interview juga berfungsi dalam menentukan performa calon karyawan dalam berkomunikasi dengan orang lain, cara menyampaikan ide, dan informasi kepada orang lain agar diterima.

Demikian adalah data-data apa saja yang bisa digali dari serangkaian proses tes Psikologi. Tentu data – data tersebut sangat penting untuk didapatkan oleh tim Human Capital dan HRD dalam pengambilan keputusan terkait seleksi karyawan.

 

Deepa Psikologi Layanan Psikotes dan Konsultasi Individu

DeepaPsikologi.com sebagai situs yang konsern dalam pengembangan Psikologi. DeepaPsikologi memberikan layanan Psikologi baik di bidang industri maupun Psikologi non industri. Di bidang industri selain untuk psikotes lowongan kerja, juga kami berikan layanan asesmen dan motivasi kerja. Termasuk juga layanan terkait konsultasi klinis individu.

tujuan proses seleksi untuk mencari karyawan terbaik

tujuan proses seleksi untuk mencari karyawan terbaik

Mengapa konsultasi individu penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini karena karyawan memiliki kehidupan di luar perusahaan dengan rentang waktu lebih lama dibandingkan di perusahaan setiap harinya. Apa yang terjadi dalam kehidupan seperti masalah rumah tangga karyawan, masalah kepribadian, dan tekanan- tekanan yang dialami karyawan di luar perusahaan akan terbawa di waktu karyawan tersebut bekerja. Karyawan dengan kondisi konflik rumah tangga, juga pasti atau sebagian besar mengakibatkan cara kerjanya bermasalah. Hal inilah yang mendasari kami, bahwa konsultasi individu itu penting dilakukan untuk memaksimalkan karyawan bekerja. Karyawan bisa bekerja dengan fokus di kantor atau di perusahaan tanpa terdistrak oleh permasalahan- permasalahan di luar kerja.

Deepa Psikologi memberikan layanan- layanan terkait pengembangan Psikologi berdasarkan keilmuan Psikologi. Dengan di dukung oleh tenaga Deepa dari lulusan bidang Psikologi dan magister serta profesi psikolog. Harapan kami, bisa memenuhi tuntutan permasalahan di bidang Psikologi.

Demikian adalah artikel terkait psikotes lowongan kerja sebagai bagian seleksi karyawan, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.