admin No Comments

Psikotes Online – Memang tak dapat dipungkiri bahwasanya menjadi pegawai negeri sipil  (PNS) atau yang terbaru dengan istilah aparatur sipil negara (ASN), selain program pembiayaan dari negara yang jelas serta jenjang karier maupun pangkat yang dirasa cukup menarik, membuat ASN menjadi pekerjaan yang paling diidam-idamkan oleh banyak orang, dari jumlah pendaftar tiap tahun peminat dari pekerjaan ini sangat banyak sekali bahkan bisa dikatakan dalam sekali program pembukaan pendaftaran selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang, serta jumlah pendaftar paling banyak.

Memang secara arti luas ASN ini sama, akan tetapi dalam setiap bagian tidak sama, seperti contoh ASN di lingkup pendidikan, kesehatan, pemerintahan, kejaksaan, keagamaan, dan lain sebagainya ini tidaklah sama. Mereka mempunyai bagian tersendiri dan jenjang pangkat yang berbeda pula.

Dan selanjutnya bahwasanya untuk dapat masuk atau menjadi ASN ini tidaklah gampang, banyak persaingan yang harus dihadapi untuk dapat lolos, ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar bisa menjadi ASN, dalam seleksi penerimaan aparatur sipil negara (ASN) ini terdapat 2 tahap diantaranya seleksi psikotes online dan seleksi kemampuan bidang. Seorang pelamar yang menginginkan menjadi ASN harus bisa menyelesaikan ujian tersebut, untuk tes awal yakni dengan seleksi psikotes secara serentak.

Dalam seleksi awal ini pelamar akan dihadapkan dengan 100 soal yang terdiri dengan beberapa tema, dalam seleksi tersebut terdapat nilai batas minimal untuk dapat lolos passing grade, namun pelamar jangan senang dulu, dari yang lolos passing grade ini akan diranking berdasar nilai tertinggi dari jumlah pelamar dalam satu formasi, semakin banyak jumlah pelamar dalam satu formasi, maka dari situlah pelamar harus bekerja lebih keras untuk menyelesaikan soal tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Pembelajaran yang Berbasis Bimbingan Psikologi Konseling

Berkaca dari soal-soal yang ada dalam tahun ke tahun, memang jenis soal psikotes online ini tidaklah jauh beda, namun terdapat tingkat kesulitan tertentu dalam setiap bidang yang ada. Dari tiap tahun ketika ada penerimaan ASN ini seleksi awal psikotes ini menyisihkan 7 dari 10 peserta yang ada yang tidak lolos dalam passing grade ini, begitu banyak kesulitan memang yang harus dihadapi oleh peserta seleksi ini.

Dalam soal seleksi penerimaan ASN ini memang terbilang cukup rumit, karena dalam soal psikotes ini mencoba untuk memahami karakter dari pelamar yang ada, memang tidak ada jawaban yang benar dan salah dalam soal ini, akan tetapi setiap jawaban yang dipilih terdapat persentase poin yang berbeda-beda, semakin dekat dengan kebenaran jawaban yang dipilih maka persentase poin jawaban semakin besar pula yang didapat.

Banyak sekali pelamar yang gagal dari seleksi psikotes online dalam tahap awal ini, terdapat banyak persoalan yang dihadapi dalam masalah ini, kegagalan dari masing-masing pelamar memang berbeda-beda bisa diantaranya yang memang dari awal kurang siap dalam seleksi ini, atau memang pelamar tidak memahami dengan benar soal yang ada, pelamar terlalu grogi hingga akhirnya tidak memahami serta memilih jawaban yang kurang tepat, dan masih banyak sekali permasalahan – permasalahan yang muncul dalam seleksi ini.

Karena dianggap cukup berat dalam seleksi ini, tidak sedikit pula peserta didik mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari. Ada yang melalui mengerjakan soal-soal CPNS tahun lalu, ada yang menyewa tenaga penyedia jasa bimbingan psikotes online ini, Deepa Jasa Psikologi dan Konseling akan membantu anda dalam memberi bimbingan dalam menghadapi psikotes online. Hubungi kami segera untuk membantu anda menyelesaikan soal psikotes online dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *