admin No Comments

Konsultan Psikologi – Apabila seseorang merasakan gejala gangguan psikis, dan sudah tidak kuat atau tak mampu lagi memendam permasalahan tersebut dengan caranya sendiri, mencari bantuan untuk mengatasi permasalahan batin tersebut seperti konsultan psikologi atau psikiater bisa menjadi jawaban. Karena jika permasalahan tersebut terus dibiarkan terus-menerus akan berakibat fatal dan kemungkinan untuk sembuh semakin sulit juga.

Akan tetapi dalam memilih Konsultan Psikologi kita juga harus jeli dan tidak sembarangan karena keberhasilan dalam proses dan penyembuhan juga sangat bergantung dengan pemilihan konsultan yang tepat pula. Tentunya kalian tidak ingin bukan kalau sebuah layanan konsultasi itu tidak memberi efek yang baik dalam proses penyembuhan atau efek positif bagi klien, selain membuang-buang waktu, juga uang pun terbuang percuma untuk sebuah layanan yang tidak baik atau tidak berkompeten dalam bidangnya. Agar semuanya tersebut tidak terjadi, ada baiknya lebih berhati-hati dalam memilih pendamping psikolog atau dokter kejiwaan,

Bagaimana Tips Memilih Konsultan Terpercaya

  1. Mengetahui sebenarnya apa yang sedang kamu butuhkan

Untuk menangani kesehatan mental, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan obat maupun terapi, sebelum memilih konsultan psikologi untuk menangani permasalahanmu, sebelumnya ketahuilah apa yang kamu sedang butuhkan obat ataupun terapi? Tapi jika kalian belum memiliki gambaran akan hal tersebut , akan lebih baik kalian konsultasikan terlebih dahulu ke dokter praktek umum agar mendapatkan penjelasan terlebih dahulu.

  1. Konsultasi ke Dokter Umum

Datanglah ke dokter umum terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kalian, nantinya sampaikanlah apa yang kamu rasakan kepada dokter tersebut. Dan nantinya mereka akan merekomendasikan kalian untuk pergi ke konsultan psikologi. Jangan ragu untuk menanyakan untuk mencari ahli yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Atau kalian jika tidak bisa menemui dokter umum, kalian bisa mencari review di berbagai pelayanan psikologi melalui internet atau sumber yang lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Keterampilan Berkomunikasi Konselor dalam Kegiatan Psikologi Konseling

  1. Mengumpulkan Referensi

Agar bisa mendapatkan Konsultan Psikologi yang berkompeten, sangat penting sekali untuk mendapatkan referensi dari berbagai pihak. Jika memungkinkan tanyakan secara mendetail terkait keahliannya berdasarkan masalah yang kalian hadapi. Apabila kalian menemukan konsultan tersebut di internet, dan juga cek latar belakang dari konsultan tersebut, jangan sampai kalian tertipu.

  1. Cek tempat praktek konsultan tersebut

Selanjutnya kalian bisa mencari informasi akan keberadaan tempat prakteknya. Kalian bisa menyesuaikan jam kunjungan dan bagaimana gambaran umum dalam pelayanan nantinya. Berusahalah memilih konsultan psikologi yang buka praktek tidak jauh dari tempat tinggal kalian, sehingga sewaktu-waktu kalian bisa cepat untuk mendatanginya.

  1. Seleksi

Seleksilah beberapa konsultan yang sudah kalian dapatkan informasinya dan seleksilah hingga menjadi beberapa kandidat saja. Spesifikasikan berdasarkan keahlian atau hal lain yang ingin kalian dahulukan. Sesuaikanlah dengan kesehatan mental yang sedang kalian hadapi. Setelah itu cek nama beberapa konsultan tersebut dan lakukanlah sedikit riset kecil untuk kita. Pastikanlah rekam jejak konsultan psikolog tersebut jelas, mulai dari latar pendidikan, lisensi hingga izin resmi dalam membuka praktek.

Demikianlah beberapa ulasan terkait beberapa tips dalam memilih konsultan psikologi, ulasan ini memang sangat penting untuk semuanya agar tidak salah dalam memilih konsultan psikologi, Deepa Psikologi bisa menjadi pilihan kalian dalam menentukan konsultan psikologi yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam menyelesaikan masalah yang sedang kalian hadapi dan Deepa Jasa Psikologi dan Konseling menyediakan tenaga-tenaga yang berkompeten dalam menangani permasalahan psikologi, hubungi kami segera untuk dapat menjadi mitra berkomunikasi anda dalam menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *