admin Tidak ada komentar

Psikotes Online – Mempekerjakan dan melatih karyawan baru bisa menjadi proses yang mahal. Untuk membantu menjaga omset tetap stabil, beberapa perusahaan menggunakan tes psikologis untuk memastikan bahwa calon karyawan cocok dengan perusahaan sebelum merekrut mereka. Namun, tes psikologi tidak hanya digunakan selama proses perekrutan. Beberapa perusahaan menggunakan tes ini untuk memantau kesesuaian karyawan yang telah bekerja selama beberapa waktu.

Tujuan Psikotes

Tujuan dari pengujian psikologis adalah untuk membuat keputusan perekrutan yang lebih terinformasi atau terdata. Banyak perusahaan berkonsultasi dengan perusahaan luar seperti Deepa Jasa Psikologi dan Konseling untuk memberikan tes serta menilai hasil tes tersebut dalam upaya menjaga agar tes tidak bias atau hasilnya jelas dan untuk membantu menjaga perusahaan terhadap adanya tuntutan hukum. Pengujian psikologis digunakan untuk secara khusus menentukan kemampuan karyawan yang berpotensi untuk bekerja di bawah kondisi yang penuh tekanan. Selain itu, juga untuk menilai potensi calon karyawan sebuah perusahaan untuk menangani pekerjaan secara efektif dalam kondisi yang penuh tekanan juga.

Manfaat Psikotes

Penggunaan pengujian psikologis dapat menurunkan risiko perusahaan dituntut, menurut para hali. Perusahaan yang berspesialisasi dalam strategi dan solusi untuk menghjadapi retensi karyawan yang lebih besar. Salah satu alasannya adalah bahwa pengujian psikologis dapat membantu mengurangi jumlah karyawan yang bermasalah. Tes psikologis juga dapat sangat berguna untuk pekerjaan yang memiliki faktor stres tingkat tinggi seperti penegakan hukum, bidang medis atau pemadam kebakaran. Karena tes psikologi ini dapat membantu menentukan kemampuan karyawan yang memiliki potensi terbaik untuk bekerja di bawah tekanan. Penyaringan semacam itu dapat membantu perusahaan merekrut karyawan yang lebih cocok dan menghemat biaya pergantian karyawan yang mungkin sangat tinggi.

Baca Juga: Jasa Konseling Profesional untuk Mengatasi Masa Sulit Anda

Keabsahan Psikotes

Tidak ada tes psikologi yang sepenuhnya benar atau dapat diandalkan. Menurut para pakar psikologi dunia, tes psikologis “sama validnya dengan tes medis standar” dan diberikan serta ditafsirkan oleh para psikolog klinis dan forensik. Bahkan kemudian, penilaian psikologis yang tepat tersebut juga membutuhkan serangkaian tes yang diberikan dari waktu ke waktu. Karena satu atau dua kali tes mungkin hasilnya bisa saja bertentangan. Dengan mengingat hal ini, validitas tes yang dilakukan dalam satu kali saja patut dicurigai.

Legalitas Psikotes

Pengujian psikologis adalah legal di seluruh wilayah di Indonesia, asalkan tes tersebut dikelola oleh organisasi profesional atau psikolog. Beberapa wilayah mungkin memiliki tindakan privasi khusus yang mencegah perusahaan untuk memaksa karyawan untuk berpartisipasi dalam pengujian psikologis, jadi Anda tidak bisa serta merta memaksa karyawan Anda. Memberhentikan karyawan yang menolak tes psikologi ini dapat mengakibatkan gugatan berdasarkan pelanggaran hukum privasi. Di sisi lain, beberapa wilayah bahkan sebagian besar wilayah di Indonesia, memerlukan ujian psikologis, terutama dalam bidang penegakan hukum dan bidang serupa.

Ketika Anda membaca artikel ini, khususnya bagi Anda para pelamar kerja pasti merasa bahwa pengujian psikologis sangat penting untuk Anda. Karena itu Anda juga dapat mengakses psikotes Online yang saat ini telah tersebar di Internet. Meskipun tidak sama, salah satu platform psikotes secara Online disediakan di DeepaPsikologi. Kenapa harus secara Online? Karena dengan Online, Anda tidak harus berada di sebuah tempat menghadap sebuah tes dengan bolpoin dan kertas. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi mereka melalui kontak person yang ada di halaman ini dan dapatkan nilai sempurna serta pekerjaan yang Anda impikan.