admin Tidak ada komentar

Psikotes Online – Tes kepribadian dan bakat (psikometrik) sangat membantu untuk mengelola orang serta memahami diri sendiri. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan tes kepribadian dan bakat jika Anda merekrut atau mengembangkan orang.

Meskipun jenis pertanyaan dan kategorisasi kepribadian berbeda dari satu tes dibandingkan tes yang lain, mereka memberikan wawasan tentang jiwa manusia. Ada perasaan umum bahwa banyak pengusaha tidak memanfaatkan sepenuhnya Tes Penilaian Kepribadian saat merekrut. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap ini termasuk.

Biaya: Sebagian besar pengusaha merasa biaya untuk melakukan tes ini jauh di luar anggaran mereka. Beberapa bahkan tidak terjangkau untuk banyak orang sehingga membatasi penggunaannya

Pengetahuan tentang manfaat: Sebagian besar pengusaha tidak menyadari manfaat Tes Penilaian Kepribadian. Ini mengarah pada wawancara tradisional yang sedang digunakan

Akses internet: Sebagian besar tes ini harus dikelola secara online dengan menggunakan internet. Sebagian besar karyawan potensial mungkin tidak memiliki akses ke internet atau beberapa pengusaha tidak memiliki internet yang diinstal di kantor mereka. Ini membatasi jumlah karyawan dengan akses ke Tes Penilaian Kepribadian.

Praktik perekrutan yang salah: Beberapa perusahaan belum mengembangkan atau mengadaptasi praktik terbaik dalam perekrutan. Prosedur yang digunakan ambigu dan ini membatasi penggunaan Tes Penilaian Kepribadian oleh banyak pengusaha.

Baca Juga: Bagaimana Bisa Jasa Konseling Membantu Bisnis Anda?

Apa Pentingnya Tes Kepribadian?

Tes kepribadian dapat memberi kita cara untuk mengkategorikan berbagai karakteristik atau sifat yang mungkin tidak kita sadari. Selain itu, kategorisasi ini akan membantu kita belajar bagaimana orang lain mungkin bereaksi terhadap sesuatu di lingkungan mereka.

Tes-tes ini dapat digunakan untuk refleksi diri dan pemahaman, untuk penempatan kerja, dan untuk belajar bagaimana berinteraksi lebih baik dengan orang lain dalam sebuah tim atau kelompok kerja.

a) Penempatan Kerja:

Jika suatu pekerjaan membutuhkan karakteristik dan tipe kepribadian tertentu, maka tes kepribadian dapat digunakan untuk tujuan penempatan. Misalnya, jika Anda bergabung dengan perusahaan tempat Anda dan akan ditempatkan dalam salah satu dari beberapa tim, perusahaan mungkin menggunakan tes kepribadian untuk menentukan kelompok orang yang akan bekerja dengan Anda.

Selain itu, jika tes kepribadian dikonfigurasikan dengan benar untuk mengidentifikasi orang-orang yang akan sangat puas dengan aspek-aspek penting dari suatu pekerjaan, mempekerjakan orang-orang tersebut akan secara signifikan mengurangi turnover.

Tes kepribadian dapat memberikan jenis informasi seperti itu. Dengan kata lain, perusahaan yang tertarik untuk merekrut karyawan berkualitas tinggi dan mengurangi turnover dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar. Tentunya dengan menggunakan tes kepribadian yang dikembangkan dengan baik dalam proses perekrutan.

b) Interaksi Kelompok:

Selain memahami tipe kepribadian Anda sendiri, sering kali bermanfaat untuk memahami kepribadian orang-orang di sekitar Anda. Misalnya, banyak tim kerja dan bahkan tim olahraga menggunakan tes kepribadian untuk membantu anggota tim belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Karena tes kepribadian menunjukkan beberapa preferensi bawaan Anda, itu bisa sangat berguna bagi anggota tim lain untuk memahami apa yang membuat Anda tergerak.

Tes kepribadian juga dapat digunakan sebagai alat untuk membantu tim disfungsional belajar lebih banyak tentang satu sama lain dan mulai bekerja melalui beberapa perbedaan mereka. Setiap anggota tim akan mengikuti tes kepribadian yang sama dan kemudian akan membagikan hasilnya dengan anggota tim lainnya. Kemudian, sebagai sebuah tim, mereka akan mendiskusikan hasil dan bagaimana caranya berfungsi sebagai tim yang lebih kohesif. Tes kepribadian dapat menjadi alat yang hebat untuk digunakan untuk menyatukan anggota tim dan membuat tim yang lebih produktif.

c) Refleksi Diri:

Dengan mengikuti tes kepribadian, seseorang sering dapat belajar tentang dirinya sendiri dan mendorong kesadaran diri. Misalnya, jika pekerjaan membutuhkan presentasi pidato dan bergaul dengan banyak orang, tetapi Anda selalu merasa sedikit tidak nyaman melakukannya, mengetahui bahwa Anda adalah orang yang tertutup dapat membantu Anda untuk lebih memahami diri sendiri. Anda akan menyadari bahwa menjalankan fungsi sosial ini akan menghabiskan energi Anda. Dengan mengetahui realitas ini, Anda akan lebih mampu mengatasi pekerjaan Anda dan menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Misalnya, Anda dapat belajar bahwa Anda mungkin memiliki malam yang lebih baik jika Anda menghabiskan waktu sunyi sendirian sebelum melakukan fungsi sosial tersebut.

Kepribadian adalah salah satu faktor terpenting ketika mempertimbangkan karyawan untuk dipekerjakan. Kepribadian calon karyawan dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam batas-batas bisnis dan berinteraksi dengan staf yang ada. Kepribadian positif yang digerakkan oleh tujuan juga dapat menular dan dapat meningkatkan moral seluruh staf, yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan kesuksesan. Kunci untuk merekrut adalah memilih kandidat dengan sikap yang tepat kemudian melatih mereka dengan keterampilan dalam melakukan pekerjaan. Dengan melakukan ini, perusahaan akan memastikan ia merekrut kandidat yang beradaptasi dengan baik dengan budaya stafnya. Untuk mendapatkan psikotes yang tepat Anda bisa mengunjungi psikotes.net atau menghubungi kontak person Deepa Jasa Psikologi dan Konseling.