admin No Comments

Perkembangan dunia industri menuntut produktivitas kinerja karyawan bisa maksimal untuk meningkatkan hasil dari perusahaan. Untuk mendapatkan perusahaan dengan hasil yang efisien dan maksimal, maka langkah awal adalah dengan kinerja SDM berkualitas. Sedangkan Sumber Daya Manusia Perusahaan yang maksimal didapatkan dengan merekrut karyawan terbaik dan kompeten, adanya evaluasi karyawan, serta training karyawan. Karyawan bisa bekerja maksimal juga diantaranya dengan meminimalkan sumber pengganggu konsentrasi kerja diluar pekerjaan seperti terpenuhinya kebutuhan hidup dengan cara gaji layak untuk mencukupi biaya hidup. Dan yang terpenting sering dilewatkan adalah memberikan layanan konsultasi pribadi seputar permasalahan – permasalahan pribadi. Seperti misalnya, permasalahan keluarga, hubungan suami istri, problem kecemasan, gangguan kepribadian. Mengingat walaupun sumber permasalahan psikologis terletak di luar kerja, tetapi akan berpengaruh dengan aktivitas karyawan ketika kerja.

Jasa Psikotes -- Bertujuan menggali informasi calon karyawan untuk tujuan proses seleksi

Psikotes bertujuan menggali informasi calon karyawan untuk tujuan proses seleksi

 

Psikotes sebagai salah satu informasi menggambarkan identitas calon karyawan

Dalam artikel ini , kami akan membahas terkait. Fungsi memaksimalkan perusahaan dengan cara mendapatkan karyawan berkualitas melalui seleksi karyawan, dan proses evaluasi. Tentu jika kita mengkaji dua hal ini adalah tugas penting dari HR. Sedangkan untuk pengambilan keputusan terkait proses seleksi, tentu dibutuhkan data – data akurat terkait identitas calon karyawan. Selain identitas berkaitan dengan adminstrasi yang menunjukkan tingkat kompetensi.. Ada point lebih berkaitan permasalahan pribadi lebih mendalam yaitu melalui proses psikotes.

Psikotes sebagai serangkaian uji tes psikologi yang sudah terstandar untuk mendapatkan data utuh terkait calon karyawan. Psikotes dengan menggunakan pendekatan keilmuan psikologi yang bisa teruji validitas, reabilitas, dan objektivitas keilmuan. Sehingga, hasil yang diujikan bisa dipertanggungjawabakan secara keilmuan untuk mendapatkan informasi benar adanya. Pertanyaannya adalah….

Jasa Psikotes -- proses mendalami pribadi karyawan untuk data perusahaan dalam fungsi terpenuhinya tujuan perusahaan

Jasa Psikotes — proses mendalami pribadi karyawan untuk data perusahaan dalam fungsi terpenuhinya tujuan perusahaan

Mengapa Psikotes itu Penting ?

Tentu karena banyak aspek yang bisa digali dari tahapan Psikotes. Aspek mana saja yang bisa di gali, bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini sesuai dengan informasi dari perusahaan terkait job deskripsi dari lowongan atau jabatan yang dibutuhkan. Misalnya dibutuhkan jabatan dengan spesifikasi karyawan dengan kepemimpinan tinggi, mampu memotivasi kerja bawahan, cepat dan tepat dalam analisa dan pengambilan keputusan. Sehingga, hasil tes psikologi akan berfokus kepada pengungkapan karakteristik kepribadian yang mengarah kepada kebutuhan perusahaan tersebut.

Sedangkan secara garis besar, aspek –aspek yang bisa diungkap dari tes psikologi adalah meliputi sebagai berikut:

  1. Aspek berkaitan dengan kemampuan mengingat, cermat dalam memusatkan perhatian, kemampuan analisa dan mengambil keputusan secara tepat. Aspek –aspek tersebut di dapatkan dari uji kemampuan intelegensi. Untuk lebih jelas terkait tes uji kemampuan intelegensi silahkan buka di youtube link ini: https://www.youtube.com/watch?v=PUAYUrnsXNM.
  2. Aspek –aspek seperti kemampuan bertahan dalam tekanan, mampu bekerja secara tekun dan bekerja secara sistematis. Aspek lain juga untuk menguji ketelitian dan kecepatan kerja, serta apakah karyawan mau menuruti aturan yang diberikan. Semua aspek uji tersebut berkaitan dengan uji cara kerja di dalam psikotes. Semua aspek tersebut akan nampak dalam diri seorang karyawan melalui serangkaian uji tes psikologi.
  3. Uji aspek berkaitan dengan kepribadian seseorang. Dengan pengungkapan psikologis seseorang seperti stabilitas emosi, penyesuaian diri, dan motivasi berprestasi: secara penting menentukan efektivitas dia bekerja.
  4. Uji psikotes berkaitan dengan faktor kepemimpinan. Hal ini karena perusahaan adalah sekumpulan manusia dengan aktivitas beragam dan beraktivitas untuk tujuan satu, yaitu untuk kepentingan perusahaan. Sehingga dalam menyatukan visi misi dan tujuan perusahaan diperlukan kemampuan memimpin. Mulai dari level direksi, manager, sampai level leader dan tim work. Tentu faktor kepemimpinan tidak bisa dipisahkan. Sehingga, uji psikotes berkaitan dengan kepemimpinan penting untuk berikan.
  5. Uji Psikotes berkaitan dengan kemampuan seseorang berargumen, menyampaikan pendapat, dan meyakinkan orang lain. Tes psikologi melalui proses wawancara menjadi data tambahan untuk mengetahui performa seseorang. Dengan wawancara juga bisa mengetahui bagaimana kemampuan seseorang dalam menyampaikan informasi, mensugesti, dan kemampuan menyampaikan apa yang dipikirkan kepada orang lain.

Beberapa contoh terkait indikator- indikator tes psikologi ada di link ini. Aspek- aspek yang kami sampaikan di atas bisa menjadi data atau informasi penunjang. Dalam proses Seleksi dan evaluasi. Setelah mendapatkan data terkait admistrasi, terkadang beberapa informasi tidak lengkap dan ada hal-hal terkait calon karyawan yang hanya bisa diketahui melalui tahapan psikotes. Jadi, jika melihat dari banyaknya aspek menyeluruh terkait pribadi calon karyawan yang bisa diungkap, tentu bisa menjawab pertanyaan terkait mengapa psikotes penting diselenggarakan.

 

Layanan Jasa Psikotes oleh Deepa Psikologi

Jasa psikotes adalah salah satu layanan dari kami, deepa Psikologi. Kami hadir untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan berkaitan dengan bidang psikologi dalam aplikasi riil baik untuk kebutuhan industri maupun non industri. Layanan Deepa Psikologi untuk bidang industri seperti psikotes, asesmen, layanan motivasi kerja dan juga konsultasi individu bagi karyawan. Terkait konsultasi individu sudah kami jelaskan di halaman awal artikel ini terkait urgensinya. Karena hal- hal yang terjadi kepada karyawan diluar kerja juga bisa dibawa ke tempat kerja. Misalnya konflik rumah tangga dan gangguan kecemasan. Jadi hal – hal yang mendistract karyawan di luar tempat kerja juga perlu diselesaikan agar karyawan bisa berkonsentrasi dan fokus di tempat kerja.

Layanan Psikologi, Silahkan kontak tim Cs kami yang tersedia di halaman website kami

Layanan Psikologi, Silahkan kontak tim Cs kami yang tersedia di halaman website kami

Deepa psikologi memberikan layanan jasa Psikotes untuk level managerial maupun staf. Baik untuk kebutuhan evaluasi maupun tahapan perekrutan baru dan perekrutan level atas. Deepapsikologi memberikan layanan jasa psikotes yang dianalisa melalui tim yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tim kami terdiri dari sarjana psikologi, magister maupun profesi psikolog. Beberapa perusahaan telah mempercayakan layanan psikotes kepada tim kami.

Demikian adalah layanan kami terkait Jasa Psikologi dan layanan psikologi untuk kebutuhan industri. Jika anda ingin bertanya lebih detail terkait layanan- layanan kami… silahkan hubungi kami via kontak yang sudah tersedia di halaman website ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *