admin Tidak ada komentar

Konsultan Psikologi – Tidak seperti dulu, pada umumnya orang mengira hanya orang yang “gila,” atau seseorang yang “gelisah”, yang punya alasan untuk menemui psikolog. Saat ini, psikolog masih mengobati gangguan mental serius, tetapi mereka juga dapat memberikan layanan karena alasan lain juga.

Banyak dari kita saat ini merasa tersesat atau kosong di dunia dengan penekanan budaya baru pada kedangkalan pikiran dan menginginkan kepuasan secara instan. Padahal, kehidupan yang sehat, bermakna, dan spiritual harus menjadi inti dari keberadaan manusia di dunia ini. Siapa pun dapat memperoleh manfaat dari layanan psikologis yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan fisik dan mental, dan pada akhirnya mempromosikan kejujuran dan keintiman dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah dan Gejala

Meskipun setiap orang dapat memperoleh manfaat dari bimbingan atau terapi psikologis, tidak semua orang ingin melihat seorang psikolog. Inilah mengapa beberapa orang memerlukan bantuan secara psikologis.

Masalah

Mari kita mulai dengan mendefinisikan sifat masalah. Ada masalah ketika ada perbedaan antara apa yang Anda inginkan dan apa yang ingin Anda lakukan.

Jika Anda dapat memasukkan hal-hal ke dalam istilah konkret sejelas itu, maka Anda tidak hanya tahu Anda memiliki masalah, tetapi Anda juga sudah berada di jalan untuk menyelesaikannya. Dan Anda mungkin saja tidak membutuhkan bantuan profesional secara psikologis untuk ini.

Baca Juga: Penggunaan Psikotes dalam Proses Perekrutan Tenaga Kerja

Namun, terkadang ada komplikasi yang mengganggu kemampuan Anda untuk menyelesaikan masalah Anda sendiri:

  1. Mungkin terjadi bahwa meskipun niat terbaik Anda untuk mengubah sesuatu, Anda masih tidak dapat membuat kemajuan. Dalam bahasa psikologis, Anda telah menemui hambatan yang tidak disadari telah menghambat kemajuan Anda. Dengan bantuan seorang psikolog Anda bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan dalam menangani masalah seperti ini.
  2. Mungkin juga terjadi bahwa Anda merasa tidak puas dengan hidup Anda, tetapi Anda tidak dapat memahami dengan jelas apa masalahnya. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk membantu menentukan masalahnya. Setelah masalah didefinisikan dengan jelas, Anda mungkin dapat melanjutkannya sendiri, atau Anda mungkin menemukan diri Anda tidak sadar juga (kembali ke nomor 1).

Berita baiknya adalah begitu Anda telah mempelajari strategi dasar ini untuk menentukan dan memecahkan masalah, Anda mungkin saja tidak akan membutuhkan bantuan profesional lagi.

Gejala

Jika masalah tidak dapat diselesaikan dengan mudah dan sederhana, itu bisa berubah menjadi gejala. Gejala adalah ilusi yang diciptakan oleh ketidaksadaran Anda untuk menyembunyikan dari diri Anda sendiri akan kenyataan buruk dalam hidup Anda sendiri.

Banyak orang mencoba untuk “menghilangkan” gejala dengan menenggelamkan diri mereka melalui kesibukan pekerjaan, dengan hiburan, dengan seksualitas, dan dengan berbagai macam zat konsumsi (seperti makanan, atau alkohol, atau obat-obatan). Tetapi, ironisnya, hal-hal ini hanya menyebabkan lebih banyak masalah yang biasanya berubah menjadi lebih banyak gejala. Solusi asli untuk gejala ini adalah dengan melakukan terapi secara psikologis yang diperlukan untuk menghadapi kenyataan hidup Anda bahwa Anda begitu sangat takut untuk mengakui.

Psikologi adalah subjek yang kompleks, dan banyak masalah saling terkait. Jadi, meskipun Anda mungkin menemukan topik yang menarik di satu halaman tertentu, eksplorasi halaman lain akan memperdalam pemahaman Anda tentang pikiran dan hati manusia. Dan itulah yang sebenarnya dilakukan oleh para pakar psikologi dari Deepa Jasa Psikologi dan Konseling untuk membantu Anda. Cukup hubungi kami melalui kontak person ini untuk menggunakan layanan dari kami.