admin No Comments

Sudah banyak yang menceritakan tentang gangguan kesehatan mental di sosial media namun hasil dari diagnosa pribadi. Diagnosa pribadi ini juga tentu saja bukan hanya asal diagnosa tetapi dilihat dari apa yang mereka rasakan. Meski begitu bukan berarti diagnosa Anda sudah tepat. Diperlukan diagnosa dari para ahli agar Anda bisa mengetahui apa yang membuat Anda tidak nyaman.

Thread yang dibuat di twitter mengenai kesehatan mental memang sudah banyak membantu. Apalagi mengingat bahwa semakin banyaknya self-harm yang malah mempengaruhi orang lain untuk ikut mencoba. Pelaku menjadi egois dan merasa perlu untuk dipahami oleh orang lain. Tidak peduli jika orang lain merasa tidak nyaman, mereka hanya akan merasa bahwa merekalah korban.

 

Gangguan Mood Dapat Mempengaruhi Aktivitas Hidup

Moody dalam Psikologi lebih dikenal dengan istilah mood disorder. Mood swing adalah perubahan suasana hati dalam waktu yang sangat singkat, misalnya sangat senang tetapi dalam waktu yang singkat menjadi sedih. Kondisi lain, seseorang yang sangat bersemangat dan antusias, tetapi dalam waktu yang singkat menjadi sangat malas dan tidak bersemangat.

Pada dasarnya, mood atau suasana hati adalah kondisi Psikologis dasar sebagai respon dari reaksi tubuh ketika menghadapi lingkungan atau situasi yang bersinggungan dengan seseorang tersebut. Orang normal akan dapat mengontrol kondisi mood, dan proses perubahan mood terjadi dengan normal terkecuali untuk kasus-kasus tertentu. Tetapi, akan menjadi masalah jika seseorang yang perubahan mood secara sering dalam kesehariannya. Mereka juga kesulitan dalam menyikapi perubahan suasana hati tersebut, sehingga lebih sering larut dalam mood yang mereka dapatkan.

Bagaimana Mood Swing bisa terjadi?

Dalam Psikologi ada istilah, kondisi Psikologis dapat mempengaruhi kondisi fisik, dan berlaku juga sebaliknya, kondisi fisik mempengaruhi kondisi Psikologis. Sehingga dalam kasus mood swing ini bisa terjadi dua kemungkinan, yaitu permasalahan fisik dan Psikologis. Atau permasalahan fisik yang diperparah oleh permasalahan Psikologis.

Dalam hubungannya dengan fisik, perubahaan suasana hati disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati dan perubahan hormon yang dihasilkan tubuh. Beberapa gangguan fisik dapat mempengaruhi mood swing dikarenakan penyakit fisik tersebut mempengaruhi sistem saraf pusat. Seperti penyakit dementia atau pikun, tumor otak, stroke, meningitis, dan efek pengguna narkoba. Beberapa penyakit lainnya seperti trauma pada otak akibat pukulan di kepala misalnya, penyakit paru, dan kardiovaskuler. Dan sebagian lagi gangguan mood swing terjadi karena bukan penyakit tetapi karena genetika atau diturunkan dari orangtua/ carier.

Jika terjadi permasalahan tersebut, maka, metode pengobatannya harus diatasi dari sumber penyebab masalah, yaitu penyakit fisik tersebut. Pasien harus meminta rujukan dari dokter umum kepada psikiater untuk mendapatkan penanganan medis. Pasien memerlukan obat untuk mengatasi gangguan mood tersebut.

Jika Gangguan Mood Berasal dari Permasalahan Psikologis

Namun ada beberapa permasalahan Psikologis yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mood swing. Yaitu terlalu banyak tekanan atau depresi. Seseorang yang terlalu banyak stres akan membuat ketidakstabilan hormonal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mood. Jika sumber ini terjadi, maka solusinya, harus diselesaikan dengan permasalahan depresinya. Jika permasalahan depresinya terselesaikan maka, mood swing tersebut juga akan terselesaikan.

Disinilah pentingnya proses analisa, dari mana sumber permasalahan Psikologis tersebut berasal. Jika memang berasal dari permasalahan Psikologis, maka efektif jika di konsultasikan kepada psikolog. Tetapi jika sumber penyakit dari fisik, perlu diobatkan ke dokter dan jika memungkinkan, perlu mendapatkan rujukan ke psikiater.

mencari sumber permasalahan psikologis

mencari sumber permasalahan psikologis

_________

Beberapa permasalahan Psikologis, akan berdampak kepada kehidupan seseorang. Mengganggu rutinias dan membuat seseorang terhambat aktivitas, sehingga hidupnya tidak maksimal. Namun tidak hanya membuat seseorang tidak maksimal hidupnya, tetapi dapat mengganggu seluruh kehidupan keluarganya. Seperti orangtua, saudara, suami atau anak jika gangguan Psikologis tersebut muncul. Fenomena seperti ini adalah contoh bahwa semakin Anda menunda dan membiarkan gangguan kesehatan mental Anda sendiri, lama kelamaan hal ini juga akan mengganggu orang di sekitar Anda.

Biro Psikologi Deepa Memberikan Layanan Konseling dan Psikoterapi

Melakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog akan menjelaskan apa yang sebenarnya Anda alami dan upaya apa yang harus dilakukan agar Anda merasa lebih baik. Proses konseling dapat menjadi pertimbangan di awal, untuk menggali sumber permasalahan Psikologis. Apakah memang berasal dari permasalahan fisik atau permasalahan Psikologis. Jika sumber permasalahan berasal dari Psikologis, maka bisa dilakukan serangkaian proses konseling, dimana di dalamnya ada proses psikoterapi.

 

penggalian sumber permasalahan psikologis apakah perlu ke psikolog atau psikiater

penggalian sumber permasalahan psikologis apakah perlu ke psikolog atau psikiater

 

Deepa Psikologi hadir di Karawang untuk memberikan layanan konseling bagi Anda yang berdomisili di Karawang dan sekitarnya. Seperti di cikampek, purwakarta dan bekasi. Kami juga memberikan layanan konseling secara online untuk memudahkan Anda berkonsultasi permasalahan Psikologis. Tetapi Anda berdomisi secara fisik jauh dari tempat kami. Kami akan dengan senang hati merespon permasalahan Anda. Demikian artikel kami terkait layanan konseling dan psikoterapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *