admin No Comments

Sarjana Psikologi, Bisa Apa? Psikologi merupakan sains yang relative muda, baru muncul sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri pada kuartal terakhir abad kesembilan belas. Dalam bidang ilmu psikologi ada banyak jenispsikologi yang berbeda dan semuanya memiliki titik awal dan metodologi yang berbeda-beda. Dalam perguruan tinggi Strata-1 biasanya dalam tiga tahun pertama, mahasiswa akan mempelajari psikologi sosial, biopsikologi, perbedaan individual (inteligensi dan kepribadian), psikologi kognitif, psikologi belajar dan psikologi perkembangan. Setelah mempelajari bidang-bidang dasar ini, mahasiswa kemudian diperkenalkan ke bidang spesialisasi mencakup psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi industri, psikologi kesehatan dan psikologi forensik.

Menyelesaikan pendidikan sarjana psikologi strata-1 merupakan langkah pertama untuk menjadi psikolog profesional. Langkah selanjutnya setelah meraih gelar sarjana adalah melanjutkan pendidikan strata-2 profesi psikolog. Namun, realitanya banyak sekali sarjana psikologi yang tidak melanjutkan untuk menempuh ke jenjang pendidikan berikutnya untuk menjadi seorang psikolog.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh seorang sarjana psikologi?

Sarjana psikologi bisa disebut juga ilmuwan psikologi. Pada masa perkuliahan, mahasiswa psikologi diberikan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan disipilin ilmu psikologi. Seperti melakukan penelitian, pengenalan mengenai berbagai alat tes psikologi, melakukan praktikum observasi dan wawancara. Dimana tentu kemampuan-kemampuan tersebut bisa digunakan dalam bidang pekerjaan yang berkaitan dengan psikologi. Seperti asisten psikolog, Personalia/HRD,  praktisi dan konselor. Selain itu, sarjana psikologi atau lulusan fakultas psikologi memiliki kemampuan menulis, meneliti, dan menganalisis data yang dapat digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan sekalipun tidak berkaitan dengan bidang ilmu psikologi termasuk bisnis, periklanan, mengajar, dan lain-lain.

Jadi, jangan takut dan jangan khawatir mengenai jenjang karir sarjana psikologi. Sarjana psikologi memiliki banyak peluang dalam dunia kerja hanyasaja kesempatan untuk mendapatkan peluang dikembalikan pada usaha setiap individu. Fighting 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *