admin No Comments

Self Care — Setiap individu memiliki suatu kewajiban untuk melawat dirinya. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), self care mencakup segala segala sesuatu yang berkaitan dengan sehat secara fisik, termasuk nutrisi, kebersihan, dan mencari perawatan medis bila diperlukan. Dengan hal ini, seseorang dapat memastikan diri dalam merawat tubuh, jiwa dan pikiran, dengan baik setiap harinya. Tidak hanya ketika jatuh sakit saja.

Pada dasarnya, istilah self care tersebut menggambarkan tindakan sadar yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional mereka sendiri. Self care sangat penting untuk membangun ketahanan terhadap stresor dalam hidup yang tidak dapat dihindari. Ketika kita sudah mampu untuk mengambil tindakan untuk melakukan self care, secara otomatis kita mampu untuk menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh dengan rintangan.

Namun, belum banyak orang yang menjadikan self care ini sebagai prioritas. Akibatnya, mereka terkadang merasa lelah dan tidak siap untuk menangani tantangan hidup yang tidak bisa dihindari.

 

Jenis-jenis self Care

Self care terdiri dari beberapa jenis. Karena pada dasarnya, self care bukan hanya mengenai cara untuk bersantai. Tetapi juga tentang bagaimana merawat diri secara fisik, emosional, mental, sosial, dan spiritual. Sehingga pentingnya menjaga keseimbangan pada beberapa aspek tersebut agar dapat mencapai kesejahteraan psikologis.

  1. Physical Self Care

Perlunya untuk merawat fisik agar mampu menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Karena terdapat kesinambungan antara fisik dan juga pikiran, sehingga saat kita merawat fisik dengan baik, secara otomatis kita bisa untuk berpikir secara lebih baik.

Physical self care cukup dengan bagaimana kita dapat untuk mengisi energi untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Misalnya seperti mengatur jam tidur atau waktu untuk beristirahat, menjaga pola makan dan memakan makanan sehat, dan juga berolahraga.

artikel lainnya: Minat bakat online

Psikotes bekasi

  1. Social Self Care

Teteap menjaga hubungan dengan keluarga maupun teman dengan berkomunikasi merupakan sutu hal yang penting. Jika tidak mampu untuk bertemu langsung untuk sekedar bercengkrama dengan keluarga mapun teman, kita bisa melakukannya dengan bertukar kabar melalui media online ataupun dengan menelfonnya. Meskipun, kehidupan sosial setiap individu berbeda, maka identifikasikanlah kebutuhan sosial masing-masing dan lakukan dengan baik, sehingga mampu untuk menciptakan kehidupan sosial yang optimal.

 

  1. Mental Self Care

Cara kita dalam berpikir dapat berpengaruh terhadap Kesehatan psikologis. Sehingga pentingnya kita untuk tetap menjaga pikiran positif agar mental kita menjadi lebih stabil.

 

  1. Spiritual Self Care

Penelitian menunjukkan bahwa agama atau spiritualitas merupakan kebiasaan hidup yang sangat baik. Namun, meningkatkan semangat tidak hanya dengan hal tersebut. Kita dapat melibatkan koneksi dengan alam semesta untuk membangkitkan semangat dalam menjalani kehidupan, selain itu dengan ibadah dan berdo’a untuk dapat mendapatkan ketenangan rohaniah, dan juga meditasi.

 

artikel lainnya: Manfaat psikotes online

  1. Emotional Self Care

Memiliki keterampilan coping untuk menghadapi situasi yang tidak nyaman seperti kemarahan, kesedihan, dan kecemasan itu sangat diperlukan. Emotional self care dapat mencakup kegiatan yang dapat membantu untuk mengakui dan mengekspresikan perasaan secara teratur dan juga tidak merugikan siapapun.

 

Demikian artikel singkat tentang  Self Care untuk meningkatkan Kesehatan Mental. Semoga menambah wawasan tentang pentingnya Self Care.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *