admin 2 Comments

 

Tes psikologi seringkali digunakan sebagai tolak ukur untuk bahan asesmen baik diranah pendidikan maupun pekerjaan. Penting untuk mengetahui macam-macam tes psikologi untuk memahami tujuan dan bagaimana teknis pelaksanaannya. Secara general, ada dua macam tes psikologi yaitu tes kemampuan dan tes kepribadian.

psikotes mengungkap aspek psikologis yang ada di diri seseorang

psikotes mengungkap aspek psikologis yang ada di diri seseorang

Tes Psikologi untuk Mengungkap Aspek Kecerdasan

Untuk mengistilahkan tes kemampuan biasa disebut juga dengan tes IQ (Intelligence Quotient) atau tes kecerdasan. Tes ini bertujuan untuk mencari tahu kemampuan kognitif seseorang meliputi kemampuan menganalisis, memahami, serta memecahkan masalah. Sedangkan tes kepribadian bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang meliputi pembawaan karakter, gaya bekerja, performa, sampai pada level stres yang dimiliki. Dari kedua macam tes psikologi tersebut dikembangkan lagi menjadi beberapa jenis tes yang saat ini cukup populer dikalangan masyarakat, seperti:

 

  • Tes Kemampuan Dasar atau TKD digunakan untuk menilai kemampuan intelegensi seseorang dan paling sering diadakan disekolah.
  • Tes Intelegensi Umum digunakan untuk menilai kategori serta kapasitas intelegensi yang dimiliki seseorang.
  • Weschler Adult Intelligence Scale (WAIS) merupakan tes yang digunakan untuk mengukur nilai IQ seseorang khususnya dewasa. WAIS tes ini biasanya terdiri dari 11 subtest. Tes ini juga ada untuk versi anak untuk mengukur kemampuan seorang anak.

 

Tes Psikologi untuk Mengungkapkan Aspek Kepribadian

Selanjutnya ada pula macam-macam tes psikologi yang berhubungan dengan kepribadian, diantaranya:

  • Tes Warteg digunakan untuk mengetahui bagaimana seorang individu beradaptasi dengan lingkungannya dan bagaimana kemampuannya dalam memecahkan masalah.
  • Rorschach test merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui pengalaman masa lalu seseorang termasuk emosi, stres, dan pengalaman traumatis.
  • Tes RMIB atau Rothwell Miller Interest Blank merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan minat dan bakat seseorang. Tes semacam ini banyak digunakan disekolah-sekolah untuk membantu orangtua mengenali minat dan bakat anaknya.

 

Sebenarnya ada begitu banyak jenis tes psikologi yang biasa dilakukan baik di lembaga pendidikan maupun pekerjaan. Setiap jenis tes memiliki standarisasi masing-masing dengan tolak ukur penilaian yang juga sudah terstandarisasi. Macam-macam tes psikologi diatas hanya sebagian contoh kecil dari ragam tes psikologi yang ada di dunia.

 

Indikator yang Diungkapkan dari Tes Psikologi

Setelah menjabarkan aspek –aspek psikologi yang diungkapkan dari tes psikologi. seperti aspek kepribadian, aspek kecerdasan/ IQ, dan aspek cara seseorang dalam bekerja. Maka, selanjutnya pengungkapan aspek tersebut bisa dijabarkan dalam beberapa indikator hasil kerja. indikator apa saja yang bisa diungkap, berikut kami jabarkan:

  1. Dari aspek kepribadian mengungkapkan indikator inisiatif diri, motivasi berprestasi dan ketahanan dalam menghadapi stress atau tekanan. Kemampuan bekerja sama dalam sebuah kelompok, kemudian indikator stabilitas emosi. Dan indikator terakhir yang diungkapkan adalah kepercayaan diri, penyesuaian diri, serta kemandirian.
  2. Dari aspek intelektualitas, mengungkapkan indikator kemampuan dalam berkonsentrasi dan kemampuan intelegensi umum. Indikator lain yang diungkap adalah daya penalaran, kemampuan numerik, fleksibilitas dalam berpikir, dan kemampuan analisa sintesa.
  3. Pengungkapan aspek cara seseorang dalam bekerja menjelaskan indikator seperti ketahanan kerja, hasrat berprestasi, dan ketelitian. Indikator lain yang diungkap seperti kecepatan kerja, keteraturan dan stabilitas kerja.
  4. Aspek kepemimpinan mengungkapkan indikator seperti kemampuan mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Pengungkapan indikator lain seperti motivasi memimpin, pendelegasian tugas, dan ketegasan.

 

Mengetahui tentang banyak hal yang bisa diungkap pada masing-masing aspek bagian psikologis. Maka, data tersebut menjadi gambaran lengkap untuk membuat keputusan secara matang dalam penetapan calon karyawan atau karyawan untuk menduduki posisi tertentu di perusahaan. Di bidang pendidikan, psikotes tersebut bisa memberikan deskripsi terkait pemetaan potensi minat dan bakat. Serta banyak fungsi dari aplikasi tes psikologi tersebut.

silahkan kunjungi artikel terkait untuk Seputar Psikotes Industri dan Jasa Psikotes untuk Pendidikan

Demikian adalah artikel singkat tentang macam-macam tes psikologi dan fungsi yang bisa diungkap dari diadakannya tes psikologi. semoga artikel singkat ini bisa memberikan wacana baru dan menambah wawasan. Sekian, terima kasih.

— 2 Comments —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *