admin No Comments

Deepapsikologi.com Jumlah sumber daya manusia di Indonesia yang melimpah tidak berbanding lurus dengan peluang usaha yang ada di dalam negeri. Sehingga, tuntutan pekerjaan di luar negeri akan terus meningkat. Kebutuhan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia. Selain untuk tujuan mencari pekerjaan baru di luar negeri, peserta pemagangan juga terdiri dari para karyawan yang berprestasi dan memiliki dedikasi di perusahaan. Kemudian di training untuk pengembangan diri dengan mengikuti pemagangan ke luar negeri.

Agar peserta pemagangan bisa mengikuti ritme dan bekerja di luar negeri, maka pelatihan harus diberikan. Diantara pelatihan tersebut adalah pelatihan bahasa asing, budaya kerja, dan pengenalan adat istiadat negara yang dituju. Permasalahan beda suasana, kebiasaan kerja, dan nilai masyarakat di luar negeri sering kali memberikan stres tinggi bagi peserta pemagangan. Oleh karena itu dibutuhkan penyesuaian diri yang bagus dalam menghadapi perubahan.

Tes Psikologi Dibutuhkan untuk Proses Pembekalan Pemagangan

Proses pembekalan pemagangan juga diperlukan berupa tes psikologi. Psikotes tersebut dibutuhkan sebagai informasi diri untuk proses evaluasi, bahkan dalam beberapa LPK dibutuhkan untuk seleksi kandidat. Beberapa negara yang dituju juga mensyaratkan peserta pemagangan dengan kriteria tertentu yang dibutuhkan.

Misalnya, hanya menerima peserta pemagangan dengan nilai kemampuan intelektual tidak lebih kecil dari 90. Atau beberapa perusahaan dari luar negeri menghendaki kriteria sikap kerja tertentu, seperti ketaatan terhadap aturan yang tinggi, disiplin, penyesuaian diri yang bagus dan daya stres tinggi. Sehingga, informasi tersebut dari calon peserta pemagangan harus digali, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari calon perusahaan dari luar negeri. Seringkali, perusahaan dari luar negeri tersebut menginginkan profile psikologis atau laporan psikologis sebagai informasi terkait peserta pemagangan. Hal ini, untuk menghindari peserta pemagangan yang tidak kompeten atau tidak mampu mengikuti proses kerja sesuai yang kontrak. Jika peserta pemagangan tidak mampu mengikuti ritme dan kebutuhan perusahaan yang dituju, tentu akan merugikan perusahaan tersebut.

artikel terkait: tes psikologi pemagangan ke luar negeri

Beberapa LPK bahkan menggunakan proses Psikotes sebagai tahapan seleksi. Untuk memilih calon peserta pemagangan mana yang memang layak untuk bisa diberangkatkan ke luar negeri. Karena LPK perlu menjaga citra perusahaan dan performa peserta pemagangan agar tidak mengecewakan perusahaan yang dituju.

Psikotes bisa difungsikan untuk proses evaluasi

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa psikotes adalah untuk pengungkapan informasi diri. Sehingga, dengan digali informasi tersebut, akan dapat diketahui aspek psikologis mana yang rendah dan aspek psikologis mana yang tinggi. Beberapa aspek psikologis bersifat statis dan cenderung stagnan/ susah diperbaiki. Namun ada beberapa aspek psikologis yang bersifat dinamis. Aspek psikologis tersebut dapat dievaluasi dan dipelajari untuk kemudian bisa menjadi performa paling baik yang dibutuhkan oleh perusahaan. Aspek psikologis yang dinamis tersebut misalnya kepribadian dan cara kerja.

artikel terkait: macam-macam tes psikologi

Jika perusahaan membutuhkan calon karyawan yang memiliki kepercayaan diri, dan kepemimpinan yang bagus. Maka proses training bisa di gunakan untuk mengembangkan aspek kepercayaan diri dan kepemimpian tersebut. Begitu pula dengan performa, karakter building, etos dan ketekunan kerja. Hal-hal di atas bisa berubah sesuai dengan pelatihan, pendidikan, dan keinginan pribadi untuk berubah. Oleh karena itu, hasil psikotes tidak selalu pasti, dan cenderung bisa berubah dalam beberapa bulan bahkan minggu. Sesuai dengan proses pendidikan yang telah dilakukan peserta pemagangan. Namun, untuk beberapa aspek dari intelegensi, cenderung statis dan bersifat tetap. Seperti kemampuan analisa sintesa, kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan tingkat intelegensi secara keseluruhan.

Itulah penjelasan singkat kami terkait perlunya diadakan tes psikologi untuk calon peserta pemagangan ke luar negeri. Serta apa saja manfaat diadakan psikotes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *