admin No Comments

Jasa Psikotes Online — Teknologi yang semakin canggih membuat berbagai macam pelayanan itu sekarang bisa dilakukan dengan cara online. Mulai dari melamar pekerjaan online, mendaftar sekolah online, dan masih banyak pelayanan online lainnya. Di dalam artikel ini akan mengungkap bagaimana jasa psikotes online yang resmi milik kami. Sebagaimana kita tahu bahwa ternyata sekarang sudah ada jasa psikotes yang menyediakan tes secara online. Psikotes online ini memang benar-benar dilakukan secara online. Jadi Anda tidak perlu pergi ke suatu tempat biro psikolog yang jauh tempatnya dari rumah Anda. Teknologi yang sekarang menjadi serba mudah dan serba canggih, bahkan psikotes pun mampu dilakukan secara online.

 

Perbedaan psikotes online dan offline

Jika selama ini psikotes dilaksanakan dengan menghadirkan peserta tes dan tester dalam satu ruangan. Kemudian peserta tes diberikan lembar tes untuk dikerjakan manual. Peserta tes diberikan instruksi dan panduan yang disampaikan/dibacakan langsung oleh tester. Selanjutnya skoring dilakukan juga dengan cara manual menyesuaikan norma atau kunci jawaban peserta. Sehingga, terkadang untuk beberapa kondisi, hal tersebut memiliki kelemahan. Pertama, proses analisa hasil psikotes membutuhkan waktu lama. Peserta psikotes dari luar daerah harus menempuh perjalanan jauh untuk mengikuti psikotes. Jika perusahaan dilaksanakan di perusahaan, maka proses psikotes akan dapat mengganggu jalannya proses produksi dan proses kerja karyawan.

Psikotes offline mensyaratkan peserta harus ada di tempat, satu ruangan dengan tester

Psikotes offline mensyaratkan peserta harus ada di tempat, satu ruangan dengan tester

 

Apakah psikotes online bisa menggambarkan aspek psikologis secara menyeluruh?

Seiring berkembangnya teknologi, maka layanan psikotes online juga sudah bisa diaplikasikan. Pertanyaannya adalah, apakah psikotes online bisa diterima? Apakah psikotes online bisa mengungkap aspek psikologis peserta tes secara menyeluruh?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu butuh kajian dan penelitian lebih lanjut? Tetapi, penjelasan logisnya adalah.. hal apa yang membedakan antara psikotes online dan offline? Jika ada hal pembeda tetapi kita gunakan aturan prinsip yang sama.. tentu seharusnya hasil yang dikeluarkan juga tetap merepresentasikan gambaran psikologis.

Ambil contoh misalnya, perbedaan psikotes online dan offline hanya terletak di masalah teknis saja. Skoring psikotes sama. Alat tes yang digunakan sama. Begitu juga proses analisa dan metode pelaporan sama. Hanya berbeda, sekali lagi di bagian teknis pengambilan sampel psikotes. Offline manual, dan tatap muka. Online dengan gadget dan interaksi jarak jauh. Jika permasalahan ada di bagian tersebut coba kita ambil prinsip dasar dari permasalahan teknis tersebut. Misalnya, dengan menyilang manual menggunakan pensil, dan menekan tombol pilihan… apakah ada perbedaan waktu pengerjaan? Jika ada.. untuk psikotes yang diatur temponya seperti IST, CFIF, army alfa bisa dibuat riset sendiri, selisih waktunya berapa antara online dan offline. Kemudian diterapkan di bagian penyelesaian waktu per sub tes.

Perbedaan kedua di bagian tatap muka, sehingga tester tidak maksimal melakukan observasi. Jika tidak bisa dilakukan tatap muka. Maka, bisa diwakilkan dengan melakukan streaming, video call, live CCTV, dan form observasi yang diberikan ke HRD di satu ruangan saat peserta tes tersebut berada. Biar HRD satu ruangan yang mengambil alih tugas kita, sedangkan kita berada di luar kota. Toh, prinsipnya tetap.. bahwa perilaku peserta tes harus dinilai oleh tester.

Asesmen psikologi juga harus menyesuaikan terhadap perkembangan jaman dan tuntutan dunia industri

Asesmen psikologi juga harus menyesuaikan terhadap perkembangan jaman dan tuntutan dunia industri

Biro Psikologi Deepa memberikan layanan psikotes online dan offline

Di bidang industrialiasi, segala sesuatu bergerak lebih cepat. Semakin cepat semakin baik. Termasuk di bidang asesmen psikologi. Jika laporan hasil psikotes yang didapatkan perusahaan bisa lebih cepat, maka lebih cepat pula dalam pengambilan keputusan. Terkadang, bagi perusahaan juga tidak mau rugi.. jika karyawannya harus absen atau tidak aktif bekerja karena harus mengikuti psikotes. Atau perusahaan harus mengalokasikan biaya perjalanan keluar kota untuk melakukan psikotes di biro psikologi mita perusahaan.

Ada kasus dimana klien kami memiliki kandidat yang tersebar, satu di aceh, ada di bali, jawa, dan kalimantan. Perusahaan klien kami ingin meng-collect informasi terkait calon kandidat mana yang paling layak diterima kerja. Mereka sudah disaring dikompetensi teknis dan gelar pendidikan. Hanya untuk bahan pertimbangan psikologis yang perlu dijadikan penilaian internal management. Sedangkan perusahaan juga tidak mau keluar biaya untuk memberikan transport kepada banyak orang dari luar pulau (tentu sangat mahal). Hanya untuk melihat kompetensi orang yang belum menjadi karyawannya. Maka, satu-satunya cara adalah psikotes online. Jika dilakukan psikotes offline misalnya, masing-masing kandidat mendatangi biro psikologi terdekat. Maka, proses analisa akan tidak fair. Karena standar penilaian antara biro psikologi bisa sangat berbeda. Atas dasar itulah, kami memberikan layanan psikotes kepada klien perusahaan kami. Agar harapannya, proses asesmen psikologi yang tidak bisa dilakukan secara offline.. tetap dapat digali lewat pendekatan online.

Satu kasus lagi dari klien kami adalah meminta penawaran untuk pengambilan data tersebar pada masing-masing cabang perusahaan dari sumatra, jawa, bali.. hal tersebut tidak mungkin dilakukan secara offline karena beberapa kondisi. Sehingga penyebaran kuesioner psikologi online menjadi alternatif.

Jasa Psikotes Online membantu mempermudah pelaksanaan tes psikologi

Jasa Psikotes Online membantu mempermudah pelaksanaan tes psikologi

 

Jasa psikotes online dari Deepa Psikologi tetap memegang validitas data psikotes

Banyak jasa psikotes online di sosial media. Bahkan ada di group telegram, whatsapp, dan facebook. Tetapi, apakah jasa psikotes online tersebut sudah memenuhi standar baku psikotes. Baik dari alat tes yang digunakan, metode pengambilan data, proses analisa, dan pelaporannya.

Kami sebagai biro psikologi yang memang concern dalam layanan psikotes. Tentu memegang nilai, norma dan etika keilmuan. Sehingga, proses pengambilan data hasil psikotes tetap berpijak pada kaidah baku. Dengan adanya pengungkapan hasil laporan psikotes sesuai kaidah. Maka, hasil psikotes tersebut mampu memberikan gambaran menyeluruh terkait aspek psikologis. Sehingga, perusahaan bisa menggunakannya untuk pengambilan kebijakan yang tepat. Demikian artikel kami terkait jasa psikotes online. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *