admin No Comments

Biro Psikologi HIMPSI — Setiap profesi yang ada di Indonesia semua ada wadah yang menaungi dan melindungi anggotanya. Baik Profesi dokter, pengacara, notaris, akuntan, maupun konsultan IT. Semua ada komunitas dan kesatuan yang mengayomi di dalamnya. Jika di profesi dokter ada IDI atau Ikatan Dokter Indonesia, maka di profesi Psikolog ada organisasi HIMPSI. HIMPSI sebagai organisasi yang mewadahi profesi psikologi di Indonesia. Keanggotaan di dalamnya ada ilmuwan psikologi, magister psikologi, doktor psikologi, dan psikolog. HIMPSI didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi.

 

Tugas dan tujuan dari organisasi HIMPSI

Sebagai organisasi profesi Psikologi, HIMPSI memiliki peran untuk mengayomi dan melindungi profesi psikologi yang tergabung di dalamnya, maupun juga untuk melindungi pihak yang membutuhkan jasa psikologi. Di dalam HIMPSI mengatur kode Etik bagi anggotanya, yang diterapkan untuk memberikan aturan main/ role sesuai dengan standar profesi yang ditetapkan berdasarkan kajian organisasi. Kode Etik juga dibutuhkan untuk melindungi profesi psikologi dan menghindari mall praktek yang dilakukan profesi psikologi. Kode etik digunakan untuk membuat aturan main yang harus ditaati oleh setiap profesi psikologi dalam berperilaku dan ketika melakukan praktek psikologi.

Disamping itu, kode etik dibutuhkan untuk melindungi klien dari layanan psikologi yang dilakukan oleh profesi psikologi. Jika klien mendapatkan layanan oleh praktisi psikologi yang tidak terdaftar di HIMPSI. Maka, klien tidak bisa mendapatkan kepastian pertanggungjawaban profesi keilmuan psikologi yang sesuai kaidah yang dibenarkan. Oleh karena itu, penting bagi klien untuk mengetahui konsultan psikologi yang digunakannya tersebut, sudah terdaftar di HIMPSI atau belum. Jika belum alangkah bijak Anda mencari alternatif praktisi psikologi yang sudah terdaftar. Karena jika Anda menggunakan konsultan psikolog yang sudah terdaftar HIMPSI, maka kasus yang ditangani akan sesuai standar yang digunakan kode Etik. Jika konsultan anda tidak mengikuti rule yang ditetapkan HIMPSI, maka dia akan mendapatkan teguran dan sanksi dari HIMPSI.

 

Bagaimana untuk mengetahui konsultan Psikologi Anda terdaftar di HIMPSI

Di era yang sudah digital seperti sekarang, untuk mengetahui identitas konsultan psikologi Anda tidaklah susah. Anda perlu memastikan bahwa konsultan psikologi anda benar-benar terdaftar di keanggotaan profesi. Bukan dari latar belakang yang beda dengan dasar pendidikan, dan hanya dari ikut kursus singkat kemudian sudah melabeli diri sebagai konsultan atau praktisi psikologi. Anda bisa menggalinya dengan mengunjungi situs himpsi di link : https://anggota.himpsi.or.id/, atau bisa di klik link di keanggotaan HIMPSI. Setelah anda membuka link tersebut, kemudian bisa Anda lihat di bagian pojok kanan bawah di bagian DIREKTORI. Silahkan klik bagian direktori. Maka anda akan masuk ke halaman lain. Di halaman website tersebut, Anda bisa tulis nama psikolog atau konsultan psikologi Anda.

untuk melihat keanggotaan Profesi Psikologi, bisa mengunjungi halaman website resmi HIMPSI

untuk melihat keanggotaan Profesi Psikologi, bisa mengunjungi halaman website resmi HIMPSI

 

 

mencari nama keanggotaan HIMPSI dengan klik link sebelah kanan bawah di situs resmi HIMPSI dan silahkan ketik Konsultan psikologi Anda

mencari nama keanggotaan HIMPSI dengan klik link sebelah kanan bawah di situs resmi HIMPSI dan silahkan ketik Konsultan psikologi Anda

 

 

pastikan bahwa nama konsultan psikologi Anda yang terdaftar di himpsi masih aktif

pastikan bahwa nama konsultan psikologi Anda yang terdaftar di himpsi masih aktif

 

Jika nama yang anda tulis tidak terdaftar, maka kemungkinan anda mendapati konsultan Anda tidak tergabung di HIMPSI. JIka nama tersebut muncul, maka, anda bisa klik nama tersebut. Setelah anda klik nama yang muncul, maka akan muncul informasi terkait kondisi keanggotaan, apakah masih aktif atau sudah expire atau tidak diperpanjang. Segala informasi terkait laporan keanggotaan yang tidak diperpanjang, artinya.. beliau memang terdaftar tetapi tidak aktif lagi atau tidak diurus lagi ijin praktik.

Jika anda dapati nama psikolog anda tidak memperpanjang ijin praktik… maka, beberapa instansi yang membutuhkan legalitas ijin praktik tidak dapat menerima laporan hasil psikologisnya. Maka, segera anda tanyakan ke psikolog anda, apakah beliau bisa memperpanjang ijin praktiknya.. karena dengan perpanjangan ijin praktik. Segala hasil laporan yang anda terima dari psikolog anda tidak hanya dapat dipertanggungjawabkan keprofesionalan kerjanya… tetapi juga dapat di legalkan di banyak instansi swasta maupun negeri.

 

Terkait biro psikologi HIMPSI yang anda gunakan sudah diakui ?

biro psikologi Deepa sudah terdaftar di Biro Psikologi HIMPSI jawa barat

biro psikologi Deepa sudah terdaftar di Biro Psikologi HIMPSI jawa barat

Tidak hanya profesi psikologi yang bisa dilacak legalitasnya melalui himpsi dengan mengakses di situsnya. Biro psikologi sebagai lembaga yang di dalamnya mengayomi beberapa profesi psikologi juga harus di daftarkan legalitasnya di HIMPSI.  Untuk mendaftarkan biro psikologi di HIMPSI, beberapa persyaratan dibutuhkan seperti alamat pasti, nomor telepon area, psikolog penanggungjawab, dan lainnya. Di harapkan dengan terdaftarnya biro psikologi di HIMPSI, maka, pertanggungjawaban praktik psikologi akan semakin ditingkatkan. Dapat mengayomi psikolog dan ilmuwan psikologi yang praktik di dalamnya dan juga melindungi klien yang menggunakan jasa biro psikologi tersebut.

Untuk anda yang ingin melihat biro psikologi anda terdaftar. Maka, anda perlu akses kode wilayah yang anda gunakan. Misalnya di jawa barat.. maka bisa akses di http://himpsijawabarat.org/biro-psikologi-di-jawa-barat/ atau klik link di himpsi jawa barat.

Di dalam halaman website tersebut bisa diketahui deretan panjang biro psikologi yang masih terdaftar. Ada banyak biro psikologi di sana. Untuk menjamin layanan psikologi yang Anda gunakan, alangkah baiknya memilih biro psikologi yang sudah terdaftar. Biro psikologi Deepa, sebagai penyedia layanan psikologi, baik psikotes, seminar, maupun konseling psikologi. Sudah terdaftar di HIMPSI. Baik biro psikologi maupun tim psikolog yang berpraktik di dalamnya. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan segala layanan praktik psikologi yang ada di tempat kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.