admin No Comments

  Mengapa seseorang merasa Insecure? Guys! Pernah gak sih ngerasa insecure? Setiap orang pasti memiliki titik lemah dimana jika orang lain mengungkap kelemahannya bisa saja menyebabkan seseorang merasa insecure atau merasa tidak aman. Munculnya perasaan tidak aman membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, kecil hati dan takut untuk melakukan aktivitas yang bisa mengembangkan dirinya sehingga potensi yang ada di dalam dirinya tidak berkembang menjadi lebih baik.

 

Inilah beberapa penyebab seseorang menjadi insecure:

  1. Kurangnya penerimaan diri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Seringkali kita terlalu fokus pada kekurangan diri dan kurang menyadari betapa banyak kelebihan diri yang perlu kita hargai. Seseorang yang menganggap dirinya lemah, rendah, merasa tidak cantik secara fisik dan penampilan cenderung akan merasa kurang percaya diri. Tahukah kamu, seseorang yang kurang menerima dirinya disebabkan terlalu banyak memperhatikan orang lain dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. hal tersebut bisa menjadikan kita lupa akan kelebihan-kelebihan yang kita miliki, dimana bisa jadi kelebihan tersebut adalah hal yang diharapkan orang lain.

Baca artikel lainnya, Jasa Konseling Untuk Memperbaiki Kualitas Diri

dan Gunakan Jasa Psikologi Konseling Profesional

  1. Overthinking

Terlalu memikirkan apa kata orang adalah bagian dari overthinking. Semakin memikirkan pembicaraan negatif orang lain semakin mengikis rasa percaya diri yang kita miliki. Lambat laun kita akan merasa tidak aman dan nyaman berada di lingkungan tersebut. Komentar dari orang lain tentang diri kita tentu tidak akan pernah habis baik komentar negatif ataupun positif. Hanyasaja diri kita yang bisa memutuskan akan memberi respon yang seperti apa? Memikirkan secara mendalam atau menganggap sebagai angin lalu. cukuplah pembicaraan negatif menjadi pemicu diri kita agar berbuat lebih baik bukan sebaliknya.

Mengapa seseorang merasa Insecure?

Baca artikel lainnya, Tips Memilih Jasa Konseling yang Tepat

dan Tanda Anda Butuh ke Psikologi Konseling

  1. Cemas Berlebih

Setelah memikirkan apa kata orang secara mendalam, tentu yang akan muncul adalah perasaan cemas yang berlebihan. merasa takut kehilangan banyak orang, khawatir berlebihan karena merasa takut orang lain membenci diri kita yang lemah. Jika demikian, berhati-hatilah karena masalah diri kita akan semakin kompleks. Perasaan cemas akan menyebabkan diri kita tidak tenang, khawatir, gelisah dan sulit untuk berpikir positif dengan demikian kita akan semakin merasa insecure yang tentunya dapat mebahayakan kesehatan mental.

Sebetulnya, insecure dapat dihindari dengan “self love” yaitu mencintai diri kita dengan tulus dan apa adanya. Menerima setiap kekurangan dan kelebihan diri yang dimiliki. Dengan demikian diri kita akan banyak menyerap energy positif daripada energy negatif sehingga kita bisa terhindar dari insecure yang membahayakan kesehatan mental. Demikian artikel singkat dengan tema “Mengapa seseorang merasa Insecure?” Semoga bermanfaat. Bye-bye insecure!

 

Baca artikel lainnya, Kenapa Konseling dengan Psikolog Cuma Sebentar?

dan Konseling dengan psikolog

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *