admin No Comments

Deepapsikologi.com — Selain dari melimpahnya manfaat yang diberikan oleh tekhnologi yang canggih, tekhnologi juga semakin menjauhkan hubungan antara sesama manusia yang berjarak dekat. Misalnya saja dengan keluarga sendiri dimana seharusnya hubungan semakin erat karna berjarak dekat dan sering ditemui apalagi dengan hubungan darah. Namun justru sekarang yang dekat menjadi jauh karna adanya perubahan berkat tekhnologi.

Dengan adanya perubahan yang semakin mendorong orang untuk terus skeptic bahkan kepada sesamanya membuat orang menjadi lebih waspda dan melihat sesamanya sebagai yang harus diwaspadai. Bahkan keluarga sekalipun telah mendapat dampak dari hal tersebut. Masalah yang dihadapi keluarga menjadi lebih kompleks dan seharusnya ada juga faktor yang mempererat ikatan hubungan.

Yang terjadi di masyarakat adalah banyaknya gangguan kesehatan mental yang dialami anak karena inner child orang tua. Atau ada juga kasus lain yang merusak keharmonisan keluarga. Hal seperti ini bisa dicari solusinya dengan cara melakukan konseling keluarga. konseling keluarga membantu memperat hubungan keluarga dan menengahi permasalahan dari perspektif para ahli.

Konseling keluarga bisa Anda pinta dari para ahli psikologi. Ada professional berlisensi yang sudah berpengalaman dalam melakukan konseling keluarga jika Anda berada di pusat kota. Di Indonesia memang pandangan pada kesehatan mental masih sangat minim sehingga ilmu psikologi belum bisa diimplementasikan secara merata.

 

Psikolog sebagai pihak yang netral dalam menghadapi konflik keluarga

Beberapa permasalahan keluarga, seringkali menimbulkan konflik. Karena ada beberapa kepentingan dan bersinggungan dengan pihak lain dalam keluarga. Jika permasalahan tersebut tidak bisa ditengahi oleh kedua pasangan, atau antara saudara, atau antara orangtua dan anak. Maka, penengah mendamai bisa diberikan kepada orang lain.

Solusi untuk mendamaikan bisa diberikan oleh orangtua, kerabat, saudara, tetangga, konsultan pernikahan, dan juga ke psikolog. Pihak yang menengahi konflik pasangan/anggota keluarga, haruslah pihak yang netral. Artinya, dia yang tidak ada kepentingan di dalam anggota keluarga. Dia yang tidak ada ikatan emosional dengan anggota keluarga yang lain. Sehingga, keputusan bisa diambil dengan logis, tidak emosional.

Orangtua, kerabat dan saudara bisa menjadi penengah permasalahan konflik pasangan. namun, tidak semua orangtua dan saudara bisa bersikap netral. Bisa berpikir jernih, logis, rasional dalam menghadapi permasalahan konflik keluarga. Biasanya, justru menjadikan permasalahan makin panas. Kalaupun mendamaikan, beberapa kasus yang kami temui, sering masih ada permasalahan yang mengganjal. Sehingga, sewaktu-waktu permasalahan tersebut bisa keluar, meledak.

Pihak penengah melalui penasehat agama, konsultan pernikahan dan psikolog bisa menjadi alternatif untuk membantu permasalahan konflik keluarga. Disamping mereka adalah pihak yang sudah terlatih dalam mendamaikan pihak berkonflik. Sudah ada jam terbang. Sehingga, intuisi untuk penengah kasus juga terasah. Permasalahan-permasalahan konflik juga bisa digali secara logis dan diberikan solusi yang tepat. Karena baik psikolog maupun konsultan pernikahan, sebagai pihak yang netral dan terlatih dalam menghadapi kasus psikologis.

 

Psikolog bisa melakukan proses terapi untuk membantu konseling keluarga

Selain psikolog dan konsultan pernikahan menjadi pihak yang netral, terlatih memberikan solusi, dan bisa berpikir rasional. Psikolog juga dapat melakukan serangkaian tahapan terapi bagi anggota keluarga. Pendekatan terapi merupakan salah satu tahapan proses konseling. Dilakukan setelah menemukan sumber permasalahan konflik.

Deepa psikologi sebagai biro layanan psikologi, concern dalam layanan psikotes dan konseling. Salah satu layanan konseling kami, adalah layanan konseling individual dan konseling keluarga. Deepa psikologi hadir di Karawang, bagi Anda yang berdomisili di Karawang dan sekitarnya, seperti Purwakarta, Cikampek, Cikarang, dan Bekasi. Anda bisa datang ke kantor kami untuk mengikuti konseling keluarga. Biro psikologi Deepa bisa menjadi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan konflik keluarga. Namun, jika Anda berdomisili jauh dari tempat kami, bisa melakukan konseling individual melalui konseling online.

Untuk menanyakan hal-hal teknis terkait layanan konseling keluarga di tempat kami. Anda bisa menghubungi kami melalui CS kami yang ada di halaman website ini. Atau juga bisa mengunjungi akun kami yang ada di instagram, facebook, dan youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.