admin No Comments

Psikologi Konseling – Pendidikan merupakan sebuah wadah besar dalam proses pembelajaran yang harus secara benar dikembangkan secara maksimal mungkin, melalui beragam inovasi pendidikan salah satunya adalah pembelajaran yang berbasis konseling dan bimbingan. Pembelajaran yang menitikberatkan bimbingan konseling ini dirasa memang sangat perlu. Karena setiap peserta didik memiliki kepribadian dan cara adaptasi dengan lingkungan yang berbeda – beda. Untuk hal tersebut pendidik sebagai subjek paling utama untuk menerapkan pembelajaran berbasis bimbingan maupun psikologi konseling ini. Dan pendidik yang bertugas untuk hal tersebut disarankan harus benar-benar pendidik yang paham bagaimana menjadi seorang konselor dan juga bisa mengatasi masalah terkait peserta didik yang membutuhkan layanan bimbingan konseling.

Sistem acuan dalam menjalankan proses pembelajaran atau yang biasa kita sebut dengan istilah kurikulum, kurikulum ini memang sudah diterapkan dan ditetapkan oleh pemerintah namun dianggap sebagian stake holder memberatkan siswa dari psikologis, padahal kurikulum ini dibuat untuk memudahkan seluruh elemen dalam pendidikan lebih mudah dan terencana. Dan sebenarnya kurikulum ini difungsikan untuk memberikan kenyamanan dan pemahaman tentang pembelajaran serta kondisi sekolah inilah yang akan dikaji lebih mendalam lagi.

Dengan demikian pula meskipun model sistem pembelajaran yang bertumpu pada bimbingan dan psikologi konseling ini dijalankan, diharapkan semua masing – masing pendidik tidak mengesampingkan tugas utamanya. Akan tetapi yang dimaksud dalam hal ini adalah salah satunya apabila ada seseorang peserta didik yang tidak memahami atau kurang memahami materi yang disampaikan oleh para pendidik. Maka seorang pendidik akan memberikan program bimbingan yang lebih intensif, karena setiap peserta didik mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Baca Juga: Manfaat Terbesar dari Jasa Konseling untuk Anak Usia Dini

Pentingnya sebuah usaha pelayanan pembelajaran yang lebih intensif dengan program bimbingan dan psikologi konseling tidak hanya dilaksanakan oleh tenaga profesional bimbingan konseling saja. Akan tetapi semua tenaga pendidik harus juga ikut serta dalam upaya membantu peserta didik dalam permasalahan pembelajaran.

Perubahan sebuah sistem pendidikan yang selalu berkembang seiring jalannya waktu bisa memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap keadaan psikologi peserta didik. Adanya sistem dan kurikulum yang selalu berganti untuk melakukan sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan. Penting adanya pembaruan ini dibarengi dengan strategi baru yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi tersebut. Selanjutnya bimbingan konseling merupakan salah satu dalam strategi pembelajaran yang bisa digunakan di sekolah tersebut.

Program kegiatan pembelajaran yang baik dan ideal yakni mencakup beberapa hal dalam tiga bidang pembinaan, seperti bidang instruksional dan kurikulum yang mempunyai tujuan penyampaian bekal ilmu pengetahuan sikap dan keterampilan peserta didik. Disebutkan bahwasanya pembelajaran yang berbasis bimbingan konseling di sini yakni ketika pendidik dalam suatu kelas, selain hanya memberikan pelajaran terkait sebuah mata pelajaran juga memberikan instruksi maupun perintah untuk menerapkan kurikulum yang membimbing dan tidak memaksakan.

Jika memang lembaga pendidikan hanya melanjutkan program pembelajaran secara instruksional saja maka dalam hal ini peserta didik hanya akan memiliki kecakapan serta hanya bercita-cita tinggi. Tetapi mereka tidak akan memahami sebuah potensi yang dimiliki, maka dari situlah tugas dari seorang pendidik tidak hanya mentransformasikan ilmu yang mereka dapat kepada peserta didik. Namun lebih dari itu pendidik harus menggali potensi yang ada dalam diri peserta didik.

Jikalau program bimbingan maupun psikologi konseling dalam sekolah dirasa belum cukup atau mampu menjawab permintaan orang tua kepada anak mereka, diluar sekolah cukup banyak terdapat program konseling yang diberikan oleh penyedia jasa di luar sekolah, diantaranya Deepa Jasa Psikologi dan Konseling, sebuah lembaga penyedia jasa psikologi konseling untuk semua tahapan, terkhusus bagi peserta didik yang membutuhkan perlakuan khusus, hubungi kami segera untuk membantu peserta didik untuk mendapatkan psikologi konseling yang baik guna menggali potensi dalam peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *