admin No Comments

Wawancara psikologi sudah bukan menjadi hal yang asing bagi siapapun. Metode ini adalah bagian dari asesmen psikologi yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi atau data. teknik wawancara dianggap sebagai teknik asesmen psikologi yang paling mudah dilakukan, karena tidak memerlukan persiapan alat tes psikologi. Cukup dengan tatap muka dengan klien atau konselee. Wawancara merupakan keahlian dasar dari aplikasi psikologi untuk penggalian data yang harus dimiliki oleh setiap lulusan psikologi/ ilmuan psikologi. Tahapan wawancara digunakan di banyak bidang, mulai dari seleksi karyawan, evaluasi kerja, tahapan konseling, dan sebagainya yang ditujukan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan sebagai pertimbangan langkah selanjutnya.

Materi tentang dasar-dasar wawancara psikologi bisa diakses di channel youtube deepa psikologi. Atau bisa di cek di link di sini…

Mengenal lebih dalam tentang wawancara psikologi

Banyak orang yang memahami proses wawancara seperti mengobrol dua orang saja. Tetapi kenyataan tidak seperti itu… Banyak yang tidak memahami proses wawancara yang benar, karena wawancara dianggap sebagai bentuk dari percakapan yang sedang dilakukan dalam keseharian. Banyak orang menganggap kalau wawancara dihubungkan dengan panggilan kerja, seleksi masuk kampus, dan obrolan talkshow yang ada di televisi. Padahal wawancara lebih dari itu. Wawancara adalah metode yang pertama kali dan paling sering digunakan dibandingkan alat lain dalam penelitian dan proses penggalian informasi. Dalam penelitian, proses penggalian melalui wawancara sebagai alat tes utama sering kita kenal sebagai penelitian kualitatif. Khususnya dalam penelitian kualitatif deskriptif dan penelitian kualitatif fenomenologi.

Proses Asesmen Wawancara Psikologi untuk Penggalian Data

Proses Asesmen Wawancara Psikologi untuk Penggalian Data

Dalam wawancara psikologi, ada sifat-sifat penting yang tidak dipunyai oleh tes-tes dan skala objektif serta pengamatan behavioral. Proses penggalian informasi bisa lebih dalam dan mampu mengungkap informasi yang tidak tergali jika menggunakan psikotes. Wawancara jika memakai schedule tersusun baik, maka akan menghasilkan banyak informasi. Kelebihan dari proses wawancara yaitu bersifat fleksibel, dapat diterapkan terhadap situasi-situasi individual. Kelebihan lain dari proses wawancara dapat digunakan saat tidak ada metode lain yang mungkin bisa dilakukan kecuali menggunakan wawancara saja. Khususnya dalam situasi-situasi tertentu.

artikel lainnya, psikotes online

tes psikologi online

Aplikasi Proses Asesmen Wawancara Psikologi Industri Organisasi

Asesmen Wawancara psikologi dapat diaplikasikan dalam berbagai aktivitas di bidang industri organisasi. Seperti diaplikasikan pada proses penerimaan atau perekrutan karyawan. Menggali kompetensi calon karyawan, apakah memang layak dan mampu untuk mengisi lowongan kerja yang diberikan. Wawancara  dimaksudkan untuk:

  1. lebih mengetahui keterampilan teknis yang dimiliki pelamar
  2. mengetahui kepribadian pelamar
  3. mendapatkan informasi tentang seberapa banyak pelamar mengetahui suatu perihal
  4. mengetahui potensi pelamar untuk mengikuti suatu program tertentu
  5. menggali loyalitas kerja
  6. mengetahui pengetahuan teknis karyawan atau job deskripsi yang diberikan perusahaan kepadanya
  7. menggali permasalahan-permasalahan psikologis yang mempengaruhi dalam bekerja

 

dalam dunia industri, wawancara juga dikenal dengan istilah interview. Interview berasal dari kata “entre / inter” yang berarti di dalam atau ke dalam. Dan “voir atau videre” yang berarti melihat. Sehingga jika di gabung, interview secara bahasa berarti melihat ke dalam (diri seseorang). Atau dimaknakan sebagai proses penggalian melalui wawancara untuk bisa melihat gambaran diri seseorang. Dapat juga dipahami sebagai proses memperoleh keterangan untuk tujuan tertentu dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara.

Proses wawancara bisa dilakukan secara bebas/ mengalir. Bisa dilakukan secara terikat (terstruktur) atau dengan guide interview, dan juga bisa dilakukan dengan semi terstruktur dimana pertanyaan diberikan dengan guide interview tetapi dikembangkan lebih dalam lagi oleh konselor.

__________

artikel lainnya, jasa psikotes

jasa psikotes online

Demikian adalah artikel singkat kami tentang proses asesmen wawancara psikologi untuk penggalian data. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *