admin No Comments

 

Tes psikotes merupakan tes psikologi untuk mengetahui perilaku dan karakter seseorang dari sisi psikologi. Hal-hal yang didapat dari tes psikologi seperti ini biasanya yang berhubungan dengan fungsi kognitif, kepribadian, atau emosional individu. Psikotes biasanya diselenggarakan di sekolah maupun tempat kerja.

 

Psikotes di sekolah dilakukan untuk mencari tahu karakter setiap pelajar dan kecenderungannya dalam bidang tertentu sehingga bisa diketahui minat yang ia miliki dan ada rekomendasi mengenai jurusan apa yang nanti sebaiknya dipilih. Selain untuk penjurusan siswa SMA dalam menentukan fakultas perkuliahan kelak ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Psikotes jauh sebelumnya juga digunakan untuk pengarahan konsentrasi peminatan untuk masuk jurusan SMA IPA, Sosial, dan Bahasa. Sedangkan di Sekolah Kejuruan, juga perlu di berikan psikotes untuk penentuan penjuruan di awal hendak memasuki SMK.

Tujuannya psikotes di Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, adalah membantu mengarahkan siswa agar benar-benar belajar sesuai dengan peminatan dan potensi. Kenyataannya, biasanya di masa remaja, pengambilan keputusan tidak didasari dengan pemikiran matang. Remaja biasanya ikut-ikutan teman sebaya atau peer groupnya dan kadang memilih jurusan yang asal dan atas perintah orangtuanya. Sedangkan, peminatan sesuai dengan potensi terkadang tidak disadari sejak awal oleh siswa. Akhirnya, proses motivasi belajar dan berprestasi siswa terkadang bisa menurun dan tidak maksimal.

Oleh karena itu, disinilah pentingnya tes psikologi untuk siswa. Agar proses belajar mengajar siswa maupun pendidik bisa berjalan secara maksimal dan efektif. Sehingga, tujuan pendidikan bisa meningkatkan hasil dari institusi pendidikan yang disasar.

artikel terkait, psikotes untuk potensi anak sekolah

Psikotes dalam Aplikasi Kebutuhan Industri Organisasi

 

Psikotes yang diadakan ditempat kerja bertujuan untuk mengetahui potensi calon pekerja mulai dari kepribadian, gaya bekerja, sampai kemampuan mengatasi permasalahan dalam pekerjaan. Dengan begitu, perusahaan bisa menilai calon pekerja mana yang sesuai dengan tuntutan perusahaan tersebut. Tentunya perusahaan akan memilih kandidat yang memiliki karakter serta potensi yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan sehingga kandidat tersebut berpotensi untuk mengembangangkan perusahaan nantinya.

psikotes untuk mencari orang yang tepat untuk posisi yang diharapkan

psikotes untuk mencari orang yang tepat untuk posisi yang diharapkan

Dalam bidang industri organisasi, peran psikotes sangat fleksibel. Tidak hanya berhubungan dengan tahapan seleksi karyawan tetapi bisa juga diaplikasikan untuk evaluasi kinerja, promosi jabatan, rotasi jabatan, dan pemangkasan jumlah pekerja di perusahaan.

Inti dari psikotes di industri organisasi adalah sebagai proses penggalian informasi terkait individu yang ada di perusahaan. Data terkait pribadi dan penilaian psikologis tersebut bisa digunakan perusahaan untuk membuat kebijakan. Apakah karyawan tersebut memang kompeten atau sesuai ditempatkan di posisi dengan job desk tertentu. Pada dasarnya untuk mencari orang yang tepat untuk posisi yang sesuai. Sehingga, hasil akhirnya adalah didapatkan kinerja yang maksimal dari seseorang di jabatan tersebut. Akhirnya, perusahaan akan berkembang lebih pesat secara efektif dan efisien.

 

Psikotes untuk Tujuan Pribadi atau Individual

Selain psikotes dalam aplikasi di bidang pendidikan dan industri di atas. Aplikasi psikotes juga bisa digunakan untuk pemetaan individual. Dengan menggunakan alat ukur psikologi terhadap seseorang, maka akan di dapatkan data diri dari sudut pandang keilmuan psikologi. data tersebut mencerminkan kepribadian seseorang, yang terkadang orang tersebut tidak menyadarinya.

Data yang diungkap tersebut misalnya, terkait penyesuaian diri, kepercayaan diri, hubungan sosial, konsep diri, dan aspek kepribadian lainnya. Tidak hanya pengungkapan aspek kepribadian , tetapi juga aspek kecerdasan, kepemimpinan, dan bagaimana seseorang tersebut bekerja dan bersosialisasi.

Tujuan psikotes individual untuk refleksi agar bisa memaksimalkan potensi diri

Tujuan psikotes individual untuk refleksi agar bisa memaksimalkan potensi diri

Informasi yang didapatkan dari psikotes tersebut bisa menjadi cerminan diri. Misalnya jika kepercayaan dirinya ternyata rendah atau konsep diri rendah. Maka pribadi tersebut bisa melakukan introspeksi diri dan melakukan traitmen atau pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. sehingga, hasil akhirnya adalah didapatkan pribadi dengan kesehatan mental atau bisa beraktivitas maksimal sesuai dengan potensi dirinya.

 

artikel lainnya terkait Tes Minat dan Bakat

Kapan Bisa Melakukan Tes Psikotes?

Tes psikotes biasanya diadakan sekolah atau perusahaan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, tujuan utama psikotes adalah untuk mencari tahu karakter seseorang serta menilai potensi apa yang dimilikinya. Seseorang bisa kapan saja mengikuti psikotes karena saat ini sudah ada layanan psikotes online. Ini bisa menjadi strategi yang tepat untuk mencari tahu karakter pribadi. Psikotes online biasanya dijadikan sebagai ajang latihan sebelum mengikuti psikotes yang sesungguhnya baik disekolah maupun tempat melamar kerja.

 

Teknis Penyelenggaraan Tes Psikotes

Dalam prakteknya, psikotes memiliki bentuk atau gaya yang berbeda tergantung dari lembaga yang menyelenggarakannya. Ini karena setiap lembaga punya cara tersendiri untuk mengetahui karakter seseorang melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Namun psikotes memang biasanya dalam bentuk tertulis tidak secara lisan. Ada psikotes dalam bentuk tes gambar, tes bilangan angka, tes logika aritmetika, tes kepribadian, dan ada juga tes analog verbal.

 

Agar bisa mengikuti tes psikotes dengan baik dalam rangka melamar pekerjaan, sebaiknya persiapkan diri dengan tidur cukup, perut tidak dalam keadaan kosong, serta rajin latihan secara online.itulah informasi singkat mengenai serba serbi tes psikotes yang sudah tidak asing lagi.

 

Itulah sekilas artikel kami terkait psikotes yang bisa diaplikasikan di bidang pendidikan, individual, klinis, dan industri organisasi. Masing-masing dari asesmen psikotes yang dijalankan memiliki tujuan untuk memaksimalkan hasil dari institusi yang disasar. Sehingga, individu maupun organisasi tersebut bisa mendapatkan data/ informasi untuk bahan refleksi yang berguna untuk pengambilan keputusan.

 

cs layanan psikologi deepa consulting

cs layanan psikologi deepa consulting

Semoga artikel kami yang singkat ini bermanfaat. Pertanyaan terkait jasa dan layanan psikologi, Anda bisa menghubungi Deepa Psikologi. di halaman atas maupun bawah website ini terdapat kontak tim CS kami untuk perkonsultasi dan berkomunikasi terkait layanan yang kami tawarkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.