admin No Comments

Jasa KonselingJasa konseling sering dicari oleh orang-orang yang sedang mengalami masalah berat seputar kesehatan mental. Namun, tidak semua orang yang menggunakan jasa konseling adalah orang-orang yang sedang sakit mentalnya. Pada kondisi kekinian ini banyak orang yang membutuhkan jasa seorang konselor sebagai wadah atau tempat mencurahkan isi hati atas masalah yang tengah dihadapi. Berikut ini adalah tips memulai jasa konseling yang baik, yaitu:

  • Memiliki Kompetensi yang Mumpuni

Modal utama saat memulai jasa konseling adalah menjadi seorang konselor yang baik. Berikut ini adalah tips menjadi konselor yang baik, yaitu:

  • Memiliki Kemampuan Komunikasi Baik

Seorang konselor harus memiliki komunikasi yang baik, faktor ini adalah faktor penunjang utama untuk menjadi konselor yang baik. Sebab, konselor harus memberikan saran dan masukan kepada kliennya. Misalnya apabila konselor mendapatkan klien yang pemarah, maka konselor harus mampu menghadapinya dan menjalin komunikasi dengan baik. Hal ini hanya bisa dilakukan jika konselor memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

  • Memiliki Kesabaran dan Bisa Menjaga Rahasia

Sabar serta tidak mudah emosi adalah kunci utama seorang konselor, sifat ini sangat dibutuhkan oleh seorang konselor. Sifat lainnya yang harus dimiliki oleh konselor adalah bisa menjaga rahasia. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pekerjaan konselor adalah mendengarkan masalah-masalah kliennya. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk menjaga privasi dan rahasia klien.

  • Memiliki Mindset dan Anggapan Terhadap Klien

Konselor tidak boleh menganggap klien sebagai penderita, namun tetap harus beranggapan dan memiliki mindset bahwa pasien adalah manusia. Manusia biasa yang juga memiliki kebangsaan, harga diri serta keinginan tertentu.

  • Bermoral, berintegritas dan suka mendengar

Ketiga sifat ini juga harus dimiliki oleh seorang konselor yang baik. Moral dan integritas konselor dapat dinilai dari kejujurannya, sedangkan suka mendengar tentu saja merupakan pekerjaan utama konselor.

  • Fokus dan memiliki empati

Fokus pada saat konseling harus dilakukan oleh konselor dan seorang konselor juga harus memiliki empati yang tinggi. Kedua hal ini merupakan salah satu modal dasar yang harus dimiliki oleh konselor.

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Butuh Psikologi Konseling

  • Memiliki Izin Praktek Psikologi

Saat membuka jasa konseling Anda harus izin terlebih dahulu pada lembaga negara yang bersangkutan. Lembaga tersebut adalah Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI.Sebab dengan begitu, lembaga konseling yang Anda dirikan akan memiliki nilai dan kualitas yang baik. 

  • Memiliki Program Layanan yang Jelas

Lembaga konseling yang berkualitas dan profesional tentu saja memiliki program layanan yang jelas. Oleh karena itu, sebelum membuka jasa konseling, sebaiknya Anda memiliki rencana program layanan yang jelas. Program layanan dapat tercermin dari visi dan misi. Sehingga sebaiknya buatlah visi dan misi lembaga yang jelas dan meyakinkan. 

  • Memiliki Kantor Jelas

Anda harus memiliki alamat kantor yang jelas untuk menunjukkan jasa konseling Anda profesional.

  • Mengikuti Perkembangan Zaman

Apapun di era digital ini selalu dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Manfaatkan kemudahan internet untuk berbagai hal yang mendukung jasa konseling kian dikenal. Salah satunya dengan membuat halaman website, penjadwalan konseling via online, adanya program psikotes online dan sebagainya.

Nah itu tadi tips memulai layanan jasa konseling yang baik. Jika Anda sedang mencari jasa konsultasi yang baik, jangan pernah ragu untuk mendatangi Deepa Psikologi ya! Untuk info lebih lanjut Anda bisa menghubungi halaman website, seluruh informasi tentang Deepa Psikologi ada di sana kok! Mulai dari alamat kantor, hingga kontak WA yang ada di halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *