admin No Comments

Psikotes Onlinepsikotes sering dipakai dalam tahap seleksi misalnya seleksi perekrutan karyawan baru. Psikotes lebih mengarah pada tes kepribadian, tujuannya adalah sebagai alat pengukur individu secara psikis. Banyak lulusan perguruan tinggi terbaik yang tidak diterima di perusahaan tempat mereka melamar. Alasannya bukan karena mereka tidak pintar tetapi memang karena kepribadiannya yang tidak sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan. 

Di era yang serba digital ini, melakukan psikotes tidak melulu secara langsung atau offline. Namun juga biasa dilakukan melalui daring atau online. Psikotes secara online dianggap lebih praktis dan mudah. Sehingga wajar jika banyak yang memilih psikotes secara online. Supaya Anda sukses menghadapi psikotes secara online, sebaiknya simak trik cerdas berikut ini ya!

Trik Cerdas Hadapi Psikotes Online

  • Memastikan Jaringan Internet Lancar

Karena psikotes dilakukan secara online, maka hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah jaringan internet berada dalam keadaan paling baik. Anda tidak mau kan ditengah-tengah Anda mengerjakan psikotes tiba-tiba jaringan internet ngadat.Tentu saja hal ini akan membuat tes Anda terganggu.

  • Tes Analogi Verbal

Tes analogi verbal ini meliputi hubungan makna, persamaan kata atau sinonim, lawan kata atau antonim, serta pemahaman mengenai narasi tertentu. Sehingga Anda perlu melatih kemampuan logika pada kondisi tertentu. Trik yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari dan menghafal antonim-sinonim kata, serta hubungan antara kata dalam keadaan tertentu. Anda harus melompati soal yang sulit, ingat bahwa Anda terpaku pada waktu yang akan terus berjalan.

  • Tes Logika Aritmatika

Tes logika aritmatika ini meliputi deret angka dengan polanya, yaitu penjumlahan, pembagian, pengurangan, perkalian, persentase serta pecahan angka. Anda harus mampu menganalisis dan memahami pola-pola tertentu, tujuannya adalah untuk memprediksi hal-hal berdasarkan pola itu. Trik dari tes logika dan aritmatika yaitu:

  1. Tidak terpaku pada 3 sampai 4 angka yang ada di depan deret, kamu juga harus melihat deret angka secara keseluruhan. Sebab pola angka dapat berupa urutan, pengelompokan berurutan, dan pengelompokan loncat.
  2. Tidak terpaku pada satu soal yang sangat ingin dipecahkan. Anda harus melompati ke soal berikutnya. Ingat, dalam psikotes Anda memiliki waktu yang terbatas.
  3. Melatih kemampuan dengan sering latihan mengerjakan soal bisa dari buku psikotes atau melalui internet.

Baca Juga: Berbagai Peran dan Manfaat dari Psikologi Konseling

  • Tes Logika Penalaran

Tes logika penalaran meliputi deret gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Anda akan diminta untuk memilih gambar yang selanjutnya yang akan muncul. Anda harus mengasah pola-pola gambar untuk memprediksi pola selanjutnya yang akan muncul. Trik menghadapi tes logika penalaran adalah:

Memusatkan konsentrasi, berhati-hati serta teliti. Sebab bentuk-bentuk gambar yang ditampilkan memiliki rupa yang hampir sama tetapi tidak sama.

  • Tes Kraepelin atau Pauli

Tes Kraeplien meliputi gugusan berbagai macam angka yang disusun membujur dalam bentuk berlajur-lajur. Tes ini juga biasa disebut dengan tes koran. Dalam menjawab soal ini Anda harus konsisten, tahan terhadap tekanan, teliti serta cepat dalam mengerjakannya. Trik menghadapi tes ini adalah: mengendalikan diri supaya hemat tenaga, jangan melakukan kecurangan terhadap waktu dan harus tetap konsentrasi.

  • Wartegg Test

Tes ini terdiri dari kotak-kotak yang didalamnya terdapat beberapa bentukan, misalnya garis lurus, titik, lingkaran dan sebagainya. Kemudian Anda diminta untuk menggambarnya, gambarlah sesuatu yang kreatif dan tidak umum. Mulailah berlatih menggambar dari sekarang ya!

Demikian trik cerdas menghadapi psikotes secara online, semoga membantu Anda. Dan tempat terbaik untuk melakukan psikotes online adalah dengan menghubungi Deepa Jasa Psikologi dan Konseling. Apabila Anda memiliki masalah terkait psikologi, Anda dapat menghubungi kontak person kami dan dapatkan berbagai solusi yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *