admin No Comments

Konsultasi PsikologiMungkin bagi sebagian orang sudah terbiasa datang ke psikolog untuk melakukan sesi konsultasi. Namun bagi sebagian orang hal ini tentu saja adalah hal yang tidak biasa. Apalagi adanya pola pikir di masyarakat yang kurang baik tentang sesi konsultasi kepada psikolog. Sebelum Anda menjalani sesi konsultasi ke psikolog, sebaiknya Anda mempersiapkan 10 hal berikut ini ya!

  • Menentukan Tujuan

Menjalani sesi konsultasi ke psikolog bukan hanya sekedar meluapkan emosi atau curhat belaka. Harus ada tujuan yang disetujui supaya sesi konsultasi berjalan efektif dan membawa perubahan yang bagus pada diri Anda. Misalnya Anda melakukan sesi konsultasi dikarenakan masalah susah tidur karena depresi, maka tujuan dari konsultasi adalah supaya Anda mudah untuk tidur. Sehingga semangat melakukan aktivitas dan jiwa yang depresi dapat pulih kembali.

  • Menyiapkan Catatan Emosi dan Pikiran

Anda sangat penting untuk membuat catatan emosi dan pikiran dalam bentuk catatan. Misalnya Anda perlu mencatat kondisi dimana Anda susah untuk mengontrol emosi, kondisi dimana Anda cemas berlebihan dan sebagainya. Buatlah catatan ini beberapa hari sebelum menjalani sesi konsultasi ke psikolog.

  • Menyiapkan Mindset untuk Mengatasi Isu Spesifik

Menyiapkan mindset ini sangat penting, supaya sesi konsultasi nantinya tidak hanya sekedar curhat belaka. Tetapi mempunyai isu-isu yang lebih spesifik. Dan isu inilah yang akan dibahas selama sesi konsultasi. Isu spesifik ini juga berguna bagi psikolog, Dia akan memetakan masalah Anda yang nantinya juga akan membantu Anda menyelesaikannya.

  • Mengingat Obat yang Sedang Dikonsumsi

Anda perlu menyampaikan obat-obat yang akhir-akhir ini sedang Anda konsumsi. Misalnya obat maag, paracetamol, bahkan obat antidepressant. Hal ini tentu saja akan membantu psikolog memahami keadaan Anda.

Baca Juga: Trik Cerdas Hadapi Psikotes Online

  • Memperhitungkan Budget

Sesi Konsultasi ke psikolog tidaklah satu kali pertemuan akan membuat Anda sembuh. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memperhitungkan budget yang akan dikeluarkan. 

  • Mengingat Bahwa Psikolog Juga Manusia

Jangan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi kepada psikolog, Psikolog juga manusia seperti halnya dokter. Yang bisa menyembuhkan diri Anda adalah Anda sendiri, psikolog hanya membantu merubah pola pikir Anda. 

  • Menyiapkan Diri untuk Terbuka

Ketika sesi konsultasi berlangsung, Anda harus mengatakan apapun yang terpendam ke psikolog. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan diri untuk terbuka, jangan takut dihakimi. Sebab konsultasi psikologi merupakan tempat pikiran-pikiran aneh serta menyimpang bisa diterima.

  • Datang Awal

Tidak ada salahnya Anda datang lebih awal saat menjalani sesi konsultasi berlangsung, sebab ada beberapa dokumen yang harus Anda isi. Terlebih lagi, saat datang lebih awal Anda bisa menyiapkan hati dan perasaan, serta menyiapkan nafas. Tidak lucu bukan, apabila Anda menjalani sesi konsultasi masih dengan keadaan tersengal-sengal akibat datang terburu-buru. 

  • Memilih Jadwal Sesi Konsultasi di Akhir Hari Beraktivitas

Maksud dari akhir hari beraktivitas adalah hari terakhir sekolah atau kerja. Hal ini bertujuan supaya setelah sesi konsultasi berlangsung Anda bisa beristirahat. Percaya atau tidak membedah jiwa, pikiran dan emosi adalah pekerjaan yang menguras tenaga dan melelahkan. Selain itu, Me time sangat efektif mengembalikan semangat.

  • Mengenal Jenis Terapi yang Dijalani

Mengenal berbagai jenis terapi bukanlah hal yang susah apalagi di era digital ini. Banyak sekali jenis terapi yang ada dan dicocokan dengan masalah yang sedang dihadapi oleh klien.

Anda harus bangga ketika memutuskan langkah untuk menjalani konsultasi ke psikolog. Sebab Anda sedang menjalani hidup baru. Untuk mendapatkan bantuan terbaik di bidang psikologi, Anda harus menghubungi kontak person kami untuk solusi terbaik bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *