admin No Comments

Deepapsikologi.com — KDM (Kebutuhan dasar manusia) merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan ini menyangkut fisiologi dan psikologis yang mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan seksual merupakan kebutuhan dasar manusia berupa ekspresi perasaan dua orang individu secara pribadi yang saling menghargai, memerhatikan, dan menyayangi sehingga terjadi sebuah hubungan timbal balik antara dua individu tersebut.

Seks sebagai Dorongan Naluri Manusia

Seks pada hakekatnya merupakan dorongan naluri alamiah tentang kepuasan syahwat. Tetapi banyak kalangan yang secara ringkas mengatakan bahwa seks itu adalah istilah lain dari jenis kelamin yang membedakan antara pria dan wanita. Jika kedua jenis seks ini bersatu maka disebut perilaku seks. Sedangkan perilaku seks dapat diartikan sebagai suatu perbuatan untuk menyatakan cinta dan menyatukan kehidupan secara intim. Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar, yaitu :

  1. Kebutuhan fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain : pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran ga, cairan(minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual
  2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
  3. Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.
  4. Harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.

Pelepasan Dorongan Seksual yang sesuai untuk Kesehatan Mental

Dalam teori tersebut menjelaskan bahwa Seks berada dalam kebutuhan dasar manusia yang disejajarkan dengan kebutuhan makan, minum, tidur, dan buang hajat. Kebutuhan dasar tersebut harus disalurkan untuk melepaskan energi. Pelepasan energi seksual tersebut membutuhkan mediasi yang tepat sehingga di terima secara norma dan kesehatan.

Pelepasan energi dalam hubungan seksual mencakup kompleksitas aktivitas untuk membentuk manusia yang sehat. Dalam pandangan Psikoanalisis, motivasi terbesar manusia adalah dorongan Seksual. Maka, dengan menyalurkan dorongan seksual di jalur yang sesuai, akan didapatkan diri sebagai manusia yang sehat mental. Penyaluran dorongan seksual yang benar akan menyetabilkan emosional dan dorongan agresivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *