admin No Comments

Kebutuhan keilmuan psikologi untuk tujuan produktivitas perusahaan sudah menjadi persyaratan mutlak. Psikologi sebagai keilmuan baru berkembang di Indonesia dapat diaplikasikan untuk kebutuhan perusahaan. Hal itu karena psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia. Sedangkan, dalam perusahaan merupakan organisasi yang terdiri dari sumber daya manusia.

Pengertian Asesmen Psikologi

Aplikasi keilmuan psikologi digunakan di perusahaan berupa asesmen psikologi yang di dalamnya terdapat proses psikotes. Selain asesmen juga terdapat konseling individual dan motivasi training kerja. Dalam asesmen psikologi, terdapat proses pengumpulan data psikologis untuk melihat informasi yang bisa diaplikasikan dalam banyak kebutuhan.

salah satu Tujuan dari Asesmen Psikologi

salah satu Tujuan dari Asesmen Psikologi

Asesmen merupakan proses pengukuran. Hal ini merujuk dari asal kata asesmen yaitu to assess yang berarti menaksir atau taksiran. Menurut Rena B Lewis dan James A. MC. Lounghlin, menjelaskan asesmen sebagai proses sistematis dalam pengumpulan seseorang data yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapinya, sebagai bahan untuk menentukan apa yang dibutuhkannya. Dalam asesmen psikologi, data dan informasi yang digali adalah gambaran psikologis seseorang. Proses penggalian data digunakan diantaranya melalui serangkaian alat tes yang telah terstandardisasi. Proses pelaksanaan tes psikologi tersebut familiar di telinga kita dengan nama psikotes.

Hasil asesmen dari laporan psikologis

Hasil dari asesmen psikologis akan dituangkan dalam laporan psikologis. Umumnya laporan psikologis akan memberikan gambaran mengenai profile individu yang telah di asesmen oleh tenaga ahli psikologi. Proses asesmen terdiri dari:

  1. Psikotes

Berupa ujian tulis (paper and pencil test) di mana individu akan diminta mengerjakan beberapa alat tes psikologi yang umumnya mengukur aspek kecerdasan, cara kerja, dan kepribadian individu.

  1. Observasi

Observasi merupakan pengamatan cermat dan mendetail terhadap perilaku yang dimunculkan individu selama melakukan psikotes. Informasi yang diperoleh melalui observasi akan menjadi     data pelengkap dalam menentukan profil psikologis seorang individu terutama sikap kerja dan kepribadiannya.

  1. Wawancara

Wawancara psikologis akan dilakukan oleh psikolog profesional yang akan menggali secara lebih mendalam bagaimana kondisi psikologis seorang individu serta potensi yang dimilikinya. Hasil wawancara akan memberikan kelengkapan data sehingga dinamika psikologis individu yang terungkap semakin detail dan menyeluruh.

Wawancara dilakukan dengan teknik BEI (Behavioral Event Interview) yang akan mengungkap bagaimana seorang individu menjalankan kesehariannya (baik terkait pekerjaan atau sikap terhadap lingkungan sosialnya) pada masa yang telah lalu.

artikel terkait, jasa dan layanan psikologi industri

Bagian dari Laporan Psikologis

Terdapat bagian-bagian dari laporan psikologis yang perlu kita pahami. Di bagian awal pelaporan psikologis, biasanya terdapat kolom-kolom yang telah terbagi berdasarkan aspek- aspek psikologi yang diungkap. Berikut adalah bagian dari laporan psikologis:

  1. Psikogram

Psikogram adalah penilaian yang diberikan oleh tenaga ahli psikologi untuk menggambarkan aspek-aspek dalam diri individu. Umumnya akan tertuang dalam angka atau grafik yang memperlihatkan kondisi individu secara singkat dan padat. Di dalamnya terdapat penilaian mengenai potensi kecerdasan, sikap kerja, gaya kepemimpinan, dan kepribadian individu.

  1. Psikogram dan Uraian singkat

Laporan psikologis yang menyertakan uraian singkat berarti akan berisi lembar psikogram (dengan penjelasan seperti poin 1) dan paragraf singkat berisi penjelasan dari psikogram. Uraian ini berguna membantu pihak perusahaan memahami psikogram yang ada. Uraian singkat juga akan berusaha menonjolkan aspek psikologis dari individu yang telah baik dan juga aspek psikologis yang kurang dari seorang individu.

  1. Psikogram dan Uraian Dinamika

Laporan Psikologis yang menyertakan uraian dinamika berarti akan lebih lengkap menggambarkan profil individu. Proses asesmennya pun akan dilakukan dengan tambahan wawancara psikologis oleh Psikolog Profesional. Laporan ini akan memberikan informasi dalam bentuk psikogram, hasil observasi, paragraf dinamika psikologis individu, gambaran aspek yang telah baik dalam diri individu, serta saran untuk pengembangan diri individu di masa yang akan datang.

infomasi layanan psikologi silahkan hubungi tim online kami

infomasi layanan psikologi silahkan hubungi tim online kami

Asesmen psikologi dari Deepa Consulting

Deepa psikologi merupakan penyelenggara layanan psikologi untuk kebutuhan industrial dan organisasi non industrial. Layanan dari deepa psikologi diantaranya untuk proses asesmen dan secara khusus untuk proses psikotes. Kami hadir di Karawang dan sekitarnya, juga berdasarkan permintaan user kami untuk penyelenggaraan psikotes diluar kota Karawang. Seperti di Bekasi, Jakarta, dan Depok. Kami di suport oleh tim psikolog dan praktisi psikologi yang bekerja untuk melayani kebutuhan pelanggan kami. Untuk mengetahui produk dan layanan kami, anda bisa menghubungi kami via email di deepapsikologi@gmail.com . Serta kami bisa diakses juga via whatsapp di nomor yang tertera di halaman website ini.

Demikian adalah artikel terkait Layanan Asesmen Psikologis Untuk Perusahaan. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.