admin No Comments

 

Deepapsikologi.com, Dalam bidang industrial, aktivitas kerja dengan frekuensi yang tinggi diiringi dengan beban kerja tinggi menimbulkan banyak masalah kerja. Permasalahan kerja tersebut seperti resiko kerja, kejenuhan, dan stres yang berdampak kepada produktivitas. Itulah kenapa, perusahaan perlu memperhatikan tingkat stres kerja yang dapat menurunkan produktivitas kerja karyawan. Untuk beberapa perusahaan, aspek psikologis dari karyawan sangat diperhatikan karena secara tidak langsung berdampak terhadap kinerja karyawan tersebut di perusahaan.

Deepa psikologi memberikan layanan untuk tes stres kerja untuk bisa memberikan feed back kepada perusahaan. Tes stres kerja tersebut diberikan melalui dua model pengambilan data. Pertama, menggunakan pengambilan data secara sampling. Dari data sampling tersebut kemudian ditarik kesimpulan untuk kondisi keseluruhan stres kerja di perusahaan.

Kedua, menggunakan kuesioner singkat yang ditujukan keseluruhan karyawan perusahaan.  Dengan memberikan kuesioner untuk mengukur stres secara menyeluruh kepada keseluruhan karyawan. Maka, hasil analisis tersebut bisa didapatkan tingkat stres kerja untuk masing-masing individual. Kemudian dari individual tersebut yang bekerja dalam satu kelompok. Akan kami klasifikasikan, untuk mengetahui kondisi stres dalam kelompok tersebut. Setelah data-data tersebut dikumpulkan, maka akan menjadi penarikan kesimpulan. Kami akan mengklasifikasikan antara kelompok satu dengan kelompok lainnya, jenis dimensi stres mana yang bisa dikatagorikan tinggi.

Dampak stres kerja bagi karyawan

Pada dasarkan, stres kerja yang timbul karena budaya organisasi, tugas kerja, dan kondisi kerja yang tidak kondusif. Stres kerja tersebut akan berdampak terhadap beberapa aspek dalam diri karyawan, yaitu gejala psikologis, gejala fisiologis, dan gejala perilaku.

Dampak gejala psikologis karena stres kerja

Stres kerja dapat menyebabkan ketidakpuasan. Kondisi yang paling umum dari stres kerja disebabkan oleh ketidak puasan antara harapan karyawan dengan hasil dan proses kerja yang didapatkan.  Beberapa dampak lainnya seperti kebosanan, kegelisahan, merasa marah dan depresi. Kondisi psikologis lainnya yaitu mudah lelah, gampang mengantuk, perasaan takut menghadapi alat kerja dan ruangan kerja. Serta, beberapa kompilasi dampak stres satu dengan lainnya.

Gejala fisiologis karena stres kerja

Dalam diri manusia, berlaku hubungan dua arah antara fisiologis ke psikologis. Gangguan psikologis berdampak kepada gangguan fisiologis dan sebaliknya, gangguan fisiologis berdampak kepada gangguan psikologis. Sehingga, dari rasa cemas dan takut memunculkan jantung berdebar-debar, dan tubuh menjadi lemas. Begitu juga dalam stres kerja, akan memunculkan gangguan fisiologis seperti tekanan darah dan jantung tidak teratur, denyut nadi tidak stabil, gangguan pernafasan. Stres kerja bisa menimbulkan sakit kepala, bahkan alergi.

Gejala perilaku stres kerja

Dalam prakteknya, gejala perilaku karena stres kerja inilah yang sangat berdampak terhadap produktivitas kerja karyawan. Karena dari reaksi fisiologis dan psikologis akan berujung kepada gejala perilaku. Seperti gelisah tidur, kinerja menurun, sering sakit dan ijin kerja atau absen kerja. Beberapa kelalaian kerja sering disebabkan karena stres kerja.

Untuk meminimalisir kesalahan kerja, dan untuk meningkatkan produktivitas kerja dari karyawan. Maka, perusahaan perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang bisa mengarah kepada stres kerja.

Pendekatan kuesioner maupun tes stres kerja memberikan feed back kepada perusahaan sehingga, perusahaan bisa mengetahui tentang kondisi karyawannya. Tes stres kerja menjadi evaluasi agar perusahaan bisa mengambil kebijakan terhadap perilaku sumber daya manusia.

Deepa psikologi layanan tes stres kerja

Kami memiliki tools untuk menguji stres kerja yang bisa diberikan secara massal kepada karyawan. Dengan menggunakan uji tes yang sudah kami gunakan di beberapa perusahaan. Data bisa diujikan untuk menunjukkan tingkat stres karyawan. Data yang kami olah untuk melihat stres kerja untuk individual, dalam kelompok, maupun dalam departemen kerja.

Deepa psikologi hadir dalam memberikan layanan psikologi untuk kebutuhan industrial maupun klinis. Sehingga, dalam prakteknya. Untuk karyawan yang mengalami permasalahan klinis, bisa menggunakan pendekatan individual untuk mengatasi permasalahan. Kami yakin, karyawan akan menjadi produktif dalam bekerja jika kita bisa membantu karyawan dari gangguan fisik dan psikis yang dirasakan karyawan.

Demikian adalah penjabaran singkat kami terkait tes stres kerja. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *