admin No Comments

Di dunia psikologi dikenal ada banyak sekali alat tes psikologi. Beberapa alat tes psikologi tersebut diaplikasikan fokus untuk menggali aspek psikologis tertentu. Seperti alat tes CFIT atau IST atau Army Alfa untuk menggali aspek intelegensi. Beberapa alat tes papikostik, EPPS atau DISC untuk menggali aspek kepribadian. Juga ada alat tes seperti kraepelin dan pauli untuk melihat ketahanan stres, dan ketelitian kerja.

Ada alat tes psikologi untuk mengukur kemampuan khusus seperti Adkudag dalam melihat kemampuan administrasi. Ada juga alat untuk mengukur kemampuan teknis, matematis. Alat tes NST dapat diaplikasikan untuk melihat kesiapan anak masuk SD. Alat tes TRKB diaplikasikan untuk melihat interaksi orangtua-anak, suami-istri. Dan ratusan alat tes psikologi lainnya dengan banyak aplikasi di kehidupan manusia. Kali ini kami akan membahas sekilas tentang alat tes psikologi MBTI dalam kaitannya melihat karakteristik gaya belajar.

Untuk melihat artikel terkait yang membahas apa itu alat tes MBTI dan dapat mengklasifikasikan kepribadian menjadi beberapa macam. Bisa diakses ke link alat tes MBTI.

 

Alat tes psikologi MBTI membahas aspek Gaya Belajar

Alat tes psikologi MBTI sebagai instrument latar belakang dalam gambaran pilihan yang diberikan dapat diaplikasikan  untuk melihat fokus pada gaya belajar. Kebanyakan orang mengaplikasikan alat tes mbti untuk mengungkap tipe-tipe kepribadian yang dominan dalam diri seseorang. Kenyataan, alat tes MBTI tidak hanya mengungkapkan tipe kepribadian. Tetapi juga bisa mengungkapkan pada masing masing individu untuk cara belajar paling efektif.

Hubungan antara alat tes MBTI dengan gaya belajar dikembangkan oleh Isabel Brigss dan Katherine C. Briggs pada tahun 1942. Pengembangan alat tes MBTI untuk metode belajar ini didasari pada teori Carl G. Jung. Dengan memahami kepribadian seseorang dan dalam mempelajari alasan orang berperilaku, dapat diarahkan untuk memahami bagaimana seseorang melihat dunia. Cara kerja seseorang melihat dunia ini diaplikasikan dengan bagaimana seseorang melihat pola-pola informasi yang dia terima. Sehingga, cara melihat pola dan informasi yang dia terima ini merupakan cara dari bagaimana seseorang belajar terhadap hal-hal baru di lingkungan.

Alat tes MBTI berkaitan dengan perbedaan karakteristik individual. Indikator alat tes MBTI digunakan dalam berbagai situasi dan untuk berbagai tujuan. Alat tes MBTI digunakan dalam konseling psikologi industri organisasi, pendidikan di sekolah dan di perguruan tinggi.

MBTI telah lama diaplikasikan untuk tujuan mendukung aktivitas di pendidikan. Alat tes MBTI telah digunakan oleh siswa SMP sampai ke universitas. Alat tes MBTI dapat membantu siswa mengindentifikasi dirinya sendiri agar dapat memahami gaya belajar yang cocok dengan karakateristik dirinya. Siswa tersebut diberikan informasi lebih lanjut tentang analisis mendalam indikator MBTI dan penjelasannya. Sehingga, tujuan akhirnya agar siswa dapat mengetahui materi secara lebih efektif.

 

Memahami lebih lanjut tentang gaya belajar

Gaya belajar berkaitan dengan cara seseorang menerima dan mengolah informasi, pembentukan ide dan pengambilan keputusan. Sikap dan cara seseorang dalam menalar akan mempengaruhi situasi belajar. Pengaruh lingkungan yang mendukung juga akan mempengaruhi bagaimana seseorang belajar. Ini merupakan hal yang unik karena setiap individu memiliki caranya tersendiri untuk belajar.

Mari kita lihat bagaimana uniknya setiap orang dalam belajar. Ada yang bisa belajar sambil diiringi musik tetapi pada orang lain, musik membuatnya tidak konsentrasi dalam belajar. Ada yang belajar sambil jalan, mudah menghafal dengan gambar-gambar berwarna yang bagus, ada yang belajar mudah dengan dongeng dan cerita. Hal ini karena ada tipe pembelajar auditory, kinestetik, dan visual. Cara orang belajar auditory sangat berbeda dengan cara orang belajar tipe visual. Dan ada juga orang dengan tipe belajar kombinasi antara auditory, visual dan kinestetik. Sehingga, banyak gaya belajar yang efektif pada orang tertentu dan yang tidak. Kita perlu mengidentifikasi dan memahami gaya belajar terbaik pada seseorang agar orang tersebut bisa sukses dalam hidup.

artikel kami lainnya, psikotes online

dan tes psikologi online

MBTI mengungkap gaya belajar berdasarkan tipe kepribadian

Alat tes MBTI berguna untuk menentukan gaya belajar berkaitan dengan tipe kepribadian. Definisi gaya belajar yang digunakan sesuai dengan alat tes MBTI adalah sebagai berikut:

  1. Pola sikap perilaku yang mempengaruhi seseorang dalam kondisi tertentu
  2. Kognitif dalam fungsi mental berkaitan dengan pengolahan informasi dan munculnya ide gagasan.
  3. Pembelajaran potensial. Sebuah cara untuk memahami lingkungan belajar yang kondusif sesuai gaya kognitif, sikap dan minat.

 

Ada banyak faktor selain gaya belajar yang mempengaruhi bagaimana siswa seharusnya berperilaku. Terdapat faktor-faktor lain mempengaruhi pembelajaran siswa, diantaranya termasuk pengaruh orangtua, lingkungan belajar, kedewasaan, motivasi diri dan sikap. Disamping hubungan antara gaya belajar dan jenis kepribadian. Alat tes MBTI dapat memprediksi lingkungan yang nyaman dalam pembelajaran seperti apa, alat peraga pembelajaran dan perilaku penghambat bagi pelajar.

Manfaat mengetahui gaya belajar siswa adalah melalui pemahaman atau gaya belajar siswa yang lebih. Kedua, bagi guru akan tahu bagaimana bersikap terhadap siswa.  Guru dapat lebih memahami kekuatan dan kelemahan setiap siswa dan dapat melakukan komunikasi yang lebih baik.

demikian artikel singkat kami tentang alat tes psikologi mbti dengan gaya belajar. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

artikel kami lainnya, jasa psikotes

jasa psikotes online

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *