admin No Comments

Jung lahir di Kesswill, sebuah kota di Danau Constance, Swiss pada tanggal 26 Juli 1875. Jung adalah keturunan dari orang berpengaruh di Basel. Kakek Carl Gustav Jung adalah seorang fisikawan terkenal di Basel dan seorang yang dikenal baik di kota itu. Sedangkan kakek Jung juga diberitakan anak dari sastrawan Jerman yang terkenal, Goethe. Orangtua CG. Jung mempunyai tiga anak. Adik Jung, hanya bertahan hidup selama tiga hari. Dan adik perempuan Jung yang usianya lebih muda sembilan tahun. Pada tahun-tahun awal kehidupannya, Jung merupakan anak semata wayang.

Ayah Jung adalah orang yang kurang taat terhadap keyakinan agamanya. Dia juga orang  yang idealis sentimental dalam kehidupannya. Sedangkan Jung melihat ibunya sebagai orang yang mempunyai dua sisi. Sisi yang pertama, ibu Jung sebagai orang yang praktis, realistis, dan berhati hangat. Namun di sisi lainnya, ibunya memiliki emosi yang tidak stabil. Ibu Jung percaya padahal-hal mistis, klenik, dan konservatif. Jung sensitif melihat kondisi ibunya. Kemudian mengidentifikasi ibunya condong pada sisi yang kedua, yang disebutnya dengan kepribadian nomor dua, atau kepribadian malam.

berikut adalah video biografi singkat Jung dan teori psikologi yang Jung sumbangkan.

Carl Gustav Jung dan teori yang dia kemukakan

Jung muda ketika berusia 16-19 tahun mengemukakan teori kepribadian No.1 mengenai kepribadian yang tampil lebih dominan dan secara bertahap “menekankan dunia perasaan intuitif”. Karakter kepribadian ini cenderung bersungguh-sungguh dalam belajar di sekolah dan karirnya. Karena selalu didukung oleh kesadaran akan keberhasilan kepribadiannya. Pada teori  ini Jung mengenai sikap, kepribadian No.1 ini adalah orang dengan kepribadian ekstrovert dan bisa menerima dunianya secara objektif.

sedangkan tipe kepribadian No.2 adalah orang yang intorvert dan melihat dunianya secara subjektif. Walaupun demikian, Jung sendiri selama masa sekolahnya memiliki kepribadian inferior. CG Jung menjadi lebih ektrovert ketika dewasa pada waktu telah bekerja secara professional dan mulai menemukan tujuan tanggung jawab hidupnya.

artikel lainnya, psikotes online

tes psikologi online

Jung Dewasa dengan pendidikan psikiaternya

Setelah Jung memperoleh gelar Doktor dari Universitas Basel pada tahun 1990, ia menjadi asisten psikiater Eugane Bleuer di Rumah Sakit Jiwa Burgholtzi di Zurich. Di sini Jung banyak belajar terkait kondisi kejiwaan pasien di RSJ. Di saat itu, rumah sakit Jiwa Burgholtzi tersebut merupakan tempat magang bidang psikiatri yang paling bergengsi di dunia. Pada tahun 1902-1903, Jung belajar selama enam bulan di Paris bersama Pierre Janet, yang merupakan penerus Charcot.

Setelah Jung kembali ke Swiss di tahun 1903, ia menikahi Emma Rauschenbach. Emma adalah wanita muda dari keluarga Swiss yang terpandang. Dua tahun kemudian, Jung mulai mengajar di Universitas Zurich dan menerima pasien pada praktik kepribadiannya. Di tahun-tahun tersebut juga, Jung bertugas di rumah sakit di Universitas Zurich.

Demikianlah artikel singkat kami terkait Biografi Carl Gustav Jung. Semoga menjadikan kita memahami lebih dalam tentang teori dan gagasannya terkait psikoanalisa versi Jung.

artikel lainnya, jasa psikotes

jasa psikotes online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *