admin No Comments

Konsultasi Psikologi — Mungkin anda akan bertanya tentang mengapa perlu ke Psikolog. Dan bukan cerita atau curhat kepada teman atau sahabat atau orng sekitar saja. Karena konsultasi kepada psikolog berfokus kepada penyelesaian permasalahan atau perubahan sudut pandang yang lebih sehat bagi klien. Psikolog bisa menjadi bahan pertimbangan untuk penyelesaian masalah berdasarkan logika kebenaran, bukan berdasarkan keputusan emosional.

Mengapa Perlu ke Psikolog?

Psikolog lebih terlatih untuk menggali permasalahan klien, dan merumuskan untuk penyelesaian permasalahan. Serta bagaimana klien digiring untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Jika memang ada sudut pandang atau cara berpikir yang kurang tepat, maka dengan pendekatan kognitif psikolog perlahan menggiring klien ke sudut pandang dan pemikiran yang sesuai. Titik akhir dari sesi konsultasi psikologi oleh psikolog adalah kesehatan mental klien. Dengan konsultasi diharapkan klien tidak terganggu aktivitas hidupnya oleh konflik dan ganguan psikologisnya.

Berbeda jika kita bercerita atau curhat kepada teman atau saudara. Jika teman kita ikut terbawa suasana permasalahan kita, alih- alih membantu menyelesaikan problem. Efek dari curhat adalah melegakan emosional (emotional focus problem) tetapi tidak beranjak kepada permasalahan subtansial yang dihadapi klien.

Bahkan dalam beberapa kasus seperti contoh, homoseksual atau klepto.. Jika kita curhat kepada teman, maka mereka akan mendapatkan penguatan perilaku sehingga tetap nyaman dalam gangguan psikologis. Bukan pendampingan agar klien mendapatkan sudut pandang dan perilaku baru. Yang lebih sehat dan diterima masyarakat.

Kapan Saya Perlu Berkonsultasi Psikologi?

Pertanyaan yang sama diajukan dengan pertanyaan,”Kapan saya harus berobat ke dokter?”. Jawabannya, ketika kita sudah tidak nyaman dan terganggu aktivitas kehidupan kita. Perbedaannya, jika ke dokter adalah terganggu oleh rasa nyeri, rasa sakit fisik,dan  ketidak seimbangan fungsi fisik. Tetapi permasalahan psikis lebih kepada aktivitas yang terganggu oleh permasalahan psikologis. Seperti kecemasan, susah tidur, susah konsentrasi, susah mengontrol perilaku, ketakutan, stres, dan permasalahan psikologis lainnya.

 

Masalah Sudah Sangat Memberatkan?

Jika dalam gangguan fisik muncul komplikasi. Satu penyakit yang tidak segera diobati akan memunculkan penyakit lain. Begitu pula dengan gangguan psikis. Jika tidak segera diselesaikan, bisa berdampak ke pikiran dan kadang berpengaruh seolah sedang sakit fisik. Tetapi sebenarnya sumbernya dari gangguan psikologis.

Permasalahan yang semakin lama semakin menumpuk, terkadang di titik puncak, butuh pemantik bisa memunculkan masalah tak terkendali. Ambil contoh misalnya komunikasi tidak intens suami dan istri. Jika tidak segera diselesaikan, bisa berdampak kepada perselingkuhan, konflik dan prasangka pasangan. Jika dalam waktu bertahun- tahun konflik tidak terselesaikan, berdampak pada tumbuh kembang anak, dan konsep diri anak.

Bahaya sekali jika pola hubungan konflik orangtua dipakai anak sebagai role model atau contoh untuk diterapkan secara tidak sadar ketika sang anak nanti menikah. Jadi, jika ada permasalahan misalnya kurang komunikasi antara suami dan istri, lebih baik diselesaikan sejak awal. Silahkan diselesaikan berdua. Atau menggunakan pihak penengah, bisa orangtua, kerabat, atau psikolog.

konsultan psikologi pengembangan sumber daya manusia

konsultan psikologi pengembangan sumber daya manusia

Jika permasalahan tidak segera diselesaikan, kehidupan terus terganggu

Beberapa klien kami mengalami fobia yang terkadang tidak masuk akal. Sebagian besar fobia adalah unrealistic anciety, atau kecemasan yang tidak berdasarkan logika. Misalnya, fobia kepada kucing atau katak. Orang dengan gangguan fobia tingkat akut, responnya bisa sangat ekstrem, seperti teriak-teriak dan melompat sambil lari terbirit- birit, bahkan pingsan.

Terus pertanyaannya, sampai kapan orang dengan fobia kucing bisa seumur hidup menghindari kucing. Pasti dalam kondisi tertentu dia harus dihadapkan dengan adanya kucing di sekitarnya. Orang dengan fobia kucing, atau katak, bahkan bulu dan ruangan tertutup tahu bahwa kecemasan nya tidak masuk akal. Tetapi dirinya tidak ada kontrol diri untuk bersikap biasa saja menghadapi objek traumatis nya. Jadi disini pertanyaannya, sampai kapan mempunyai masalah psikologis seperti itu? Tidak hanya permasalahan fobia atau traumatis, tetapi permasalahan lainnya seperti konsep diri, dan kepercayaan diri.

Ke Psikolog Karena Rujukan dari Dokter

Dalam beberapa kasus, dokter merujuk pasiennya kepada psikolog. Ketika ada keluhan dari pasien namun setelah didiagnosa dan dianalisis dokter, ternyata tidak ada organ tubuh yang terganggu. Beberapa gangguan psikologis memang menyebabkan rasa sakit pada organ tubuh atau terganggunya fungsi tubuh. Seperti gatal-gatal, jantung berdegup kencang, susah konsentrasi, dan susah tidur.

Saya perlu ke Psikolog atau ke Psikiater?

Psikiater adalah spesialisasi dari profesi dokter. Sehingga dalam traitmen dan penyelesaian masalah menggunakan pendekatan obat. Namun untuk berkonsul dengan psikiater, langkah awal kita perlu minta rujukan kepada dokter umum. Ada beberapa jenis gangguan psikis yang hanya bisa diredakan dengan obat, seperti Manik depresi, dan skizofrenia. Tetapi obat adalah cara untuk meredakan efek yang ditimbulkan. Sedangkan gangguan psikologis tersebut tetaplah masih ada di diri klien.

Psikolog menggunakan pendekatan konseling dan terapi. Metode penyelesaian masalah klien tidak menggunakan obat-obatan. Psikolog menggunakan teknik untuk merubah afeksi dan sudut pandang klien agar klien menemukan perilaku dan sudut pandang baru yang lebih sehat.

Jika ditanya terkait apakah ke psikolog atau psikiater. Tentu harus melihat permasalahan yang dialami oleh klien dulu. Apakah cukup dengan metode konseling atau perlu sampai harus dibantu dengan obat-obatan. Mungkin anda perlu ke klinik terdekat untuk membantu memberikan saran atau berkontak kepada kami terkait penyelesaian permasalahan Anda.

Layanan Psikologi dari Deepa dan Produk- Produk Kami

Deepa Psikologi sebagai lembaga penyelenggara layanan konsultasi individual maupun kelompok dengan pendekatan keilmuan Psikologi. Dengan didukung oleh praktisi psikolog dengan pendekatan keilmuan Psikologi klinis maupun pendidikan, kami berusaha untuk membantu menyelesaikan permasalahan klien. Sesi konsultasi kami melalui tahapan yang sudah terstandarisasi dengan pendekatan membangung rapport, penggalian, hingga pendampingan penyelesaian permasalahan.  Untuk beberapa klien kami yang menghadapi permasalahan lanjutan seperti trauma dan fobia perlu diberikan terapi, untuk mengatasi permasalahannya tersebut.

Deepa psikologi consern dalam pendampingan permasalahan- permasalahan untuk membantu menyelesaikan permasalahan klien. Dengan jam terbang pengalaman, kami yakin bisa  memberikan layanan maksimal kepada klien.

baca artikel lainnya terkait Layanan Psikolog

 Selain sesi konsultasi psikologi, deepa psikologi memberikan layanan untuk beberapa bidang psikologi seperti psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan dan psikologi sosial.

Berikut kami jabarkan sekilas terkait layanan kami diluar konsultasi psikologi:

  1. Layanan Pemeriksaan psikologis. Melingkupi pemeriksaan secara utuh dan menyeluruh terhadap aspek psikologis klien. Dalam pemeriksaan bisa memberikan gambaran terkait intelegensi, sosial emosional, potensi, minat dan bakat. Dengan adanya pemeriksaan psikologis menyeluruh, harapannya, bisa diketahui potensi untuk memaksimalkan diri klien dalam menghadapi kehidupan.
    konsultasi psikologi untuk pemetaan minat dan bakat serta potensi yang bisa digali

    konsultasi psikologi untuk pemetaan minat dan bakat serta potensi yang bisa digali

  2. Layanan training psikologi, sebagai pelatihan untuk meningkatkan atau mendapatkan kompetensi tertentu sebagai bekal pengoptimalan aktivitas diri. Misalnya training kepemimpinan, kerja sama tim, dan training sikap asertif.
  3. Jasa pengembangan sumber daya manusia untuk kebutuhan perusahaan. Di dalamnya meliputi jasa psikotes, asesmen, dan recruitment karyawan. Juga terdapat layanan motivasi kerja dan konseling individual karyawan. Tujuan dari layanan PSDM ini adalah untuk mencapai target perusahaan dalam menjaga dan mendapatkan karyawan terbaik dan kompeten.
  4. Layanan psikologi pendidikan. Target dari psikologi untuk dunia pendidikan adalah agar siswa bisa maksimal dalam berprestasi akademik. Siswa bisa terarah dalam penentuan jalur pendidikan sesuai minat dan bakat. Serta menemukan metode yang tepat bagi siswa dalam belajar.
  5. Program terapi. Sebagai proses lanjutan dalam layanan konseling individual. Tujuan proses terapi menjadikan sesi konseling lebih maksimal. Agar didapatkan klien mengembangkan perilaku dan sudut pandang baru yang lebih sehat dan efektif bagi kehidupannya.

 

Demikian adalah produk –produk dari layanan psikologi yang kami tawarkan, khususnya untuk layanan konsultasi psikologi. Deepa psikologi memberikan alternatif bagi anda untuk tempat konsultasi dan layanan psikologi lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.