admin No Comments

 

 

Jasa Psikotest Bagi Perusahaan — Tidak ada perusahaan yang berkembang tanpa ada tim dan karyawan yang mendukungnya. Faktor sumber daya manusia tetap menjadi yang utama dan vital dalam perusahaan, secanggih apapun teknologi dan artificial intelegence yang digunakan. hal ini karena ada hal-hal yang di manusia tidak akan pernah diambil alih oleh perkembangan teknologi. Seperti, pengambilan keputusan, prioritas, ide dan kreativitas, gagasan, manajemen SDM, dan sebagainya.

Maju mundurnya perusahaan terletak pada kualitas SDM itu sendiri. Tim karyawan yang memiliki kompetensi dan loyalitas akan membuat perusahaan berkembang. Sebaliknya, tim karyawan yang toxic, tidak kompeten, korup, mengeruk keuntungan pribadi dalam perusahaan… maka, pelan-pelan perusahaan tersebut akan jatuh dan merugi. Maka, dikarenakan pentingnya peran SDM dalam pengembangan perusahaan. sehingga, pengambilan keputusan terkait kebijakan SDM juga harus hati-hati, sesuai data, dan tidak berdasarkan asumsi.

Metode yang perlu digunakan dalam pembuat kebijakan terkait SDM diantara adalah dengan penggunaan asesmen psikologi. Sedangkan salah satu bentuk asesmen psikologi yang sering digunakan di perusahaan untuk penggalian data karyawan adalah dengan psikotest atau tes psikologi. Kemudian muncul pertanyaan, apa kira-kira pentingnya manajemen perusahaan melakukan Psikotest tersebut? Apa manfaat Jasa Psikotest Bagi Perusahaan tersebut?

Jika pada artikel yang kami tulis sebelumnya, dibahas tentang Psikotest dan Jasa Psikotest itu sendiri. Muncul beberapa pertanyaan, mengapa psikotest perlu diberikan dan  seberapa akurat psikotest terhadap data yang disajikan/diungkap? Sehingga pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas tentang manfaat jasa psikotest bagi perusahaan.

Pentingnya pelaksanaan Jasa psikotest bagi perusahaan

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari ketertarikan, kebiasaan, pengetahuan, keahlian, sikap, kemampuan fisik dan kemampuan mental. Tidak ada yang sama persis. Pertanyaan selanjutnya adalah. Seberapa besar peran perbedaan karakteristik orang terhadap pengembangan perusahaan. ada orang dengan karakteristik tertentu yang tidak mendukung aktivitas kerjanya juga sebaliknya, sangat mendukung aktivitas kerja.

Disisi lain, aktivitas kerja di perusahaan sangat bervariasi. Aktivitas penjaga parkir tentu jauh berbeda dengan aktivitas manajer purchasing. Penjaga parkir atau petugas sortir barang tidak dibutuhkan banyak aktivitas kognitif dan analisa sintesa. Cukup dibutuhkan ketahanan stres. Sedangkan dibidang manajemen, dibutuhkan aktivitas kognitif yang tinggi, dan tidak terlalu melibatkan aktivitas fisik.

Sehingga, pekerja yang bagus adalah dia yang memiliki karakteristik yang menunjang pekerjaan spesifik yang harus dia kerjakan. Right man in the right place. Pemangku kebijakan haruslah orang yang cerdas, dan pekerja operator atau teknisi haruslah berstamina fisik prima. Maka, pemetaan potensi dasar manusia sangat dibutuhkan, kemudian di kompare dengan job deskripsi. Sehingga diharapkan bisa mendapatkan kandidat karyawan yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan penting di perusahaan yang sesuai.

artikel terkait: jasa psikotes

jasa psikotes online

Psikotes mampu mengungkap aspek psikologis seseorang secara menyeluruh

Psikotes mampu mengungkap aspek psikologis seseorang secara menyeluruh

Aplikasi manfaat dari diadakannya psikotest di perusahaan

Setelah mengetahui gambaran diri dari karyawan disesuaikan dengan job desk yang diberikan. Maka, data tersebut bisa dijadikan sumber pengambilan keputusan oleh perusahaan. apakah kandidat karyawan tersebut diterima atau tidak diterima kerja di posisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, psikotest berfungsi sebagai pengambilan keputusan proses seleksi karyawan. Selain itu, proses psikotes juga bisa digunakan untuk pembuatan kebijakan perusahaan lainnya seperti:

  1. rotasi, memberikan penempatan karyawan sesuai dengan komposisi tim yang lebih tepat atau menempatkan karyawan ke aktivitas kerja baru yang sesuai dengn kompetensi dan minat bakatnya.
  2. promosi, dengan diketahui beberapa kelebihan dan potensi. Maka akan baik jika dinaikkan ke posisi yang seharusnya kandidat terima untuk bisa lebih berkontribusi ke perusahaan.
  3. Pemutusan hubungan kerja, bagi karyawan yang ternyata tidak memiliki kompeten, secara personal merugikan perusahaan dan dianggap tidak bisa bekerja sama dengan perusahaan.
  4. Pelaksanaan training dan pengembangan tim, setelah diketahui kelebihan dan kelemahan. Maka, dari saran yang perlu dikembangkan berdasarkan point kelemahan seseorang dari aspek psikologis. Sehingga kelemahan tersebut bisa ditutupi atau tidak mengganggu kerja.
  5. Pemberian reward dan punishmen, sebagai kebijakan dari perusahaan setelah diketahui gambaran diri karyawan. Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Oleh karena itu, peran Jasa Psikotest menjadi begitu penting karena menjadi data untuk melihat gambaran diri secara lengkap karyawan, kemudian data tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan/pemangku kebijakan.

Manfaat Jasa Psikotest Bagi Perusahaan

Manfaat Jasa Psikotest Bagi Perusahaan

 

Psikotest dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan permasalahan perusahaan

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dari adanya Jasa Psikotest Bagi Perusahaan:

  1. Menghasilkan produktifitas kerja karyawan tinggi untuk mendukung kinerja perusahaan
  2. Menghindari salah penempatan karyawan/pegawai
  3. Produktifitas tinggi karena kinerja karyawan maksimal, maka keuntungan yang didapat perusahaan juga akan meningkat
  4. Meminimalis kesalahan kerja, resign dini karyawan, kebosanan kerja, dan kinerja rendah. Karena perusahaan dapat memanagemen karyawan dan stres kerja dengan penempatan kerja yang sesuai potensi, minat dan bakat.
  5. Melakukan proses evaluasi kerja dengan mengikuti saran direkomendasikan.
  6. Mendukung perkembangan karir kerja karyawan

 

Hal yang bisa digali dari pelaksanaan psikotest

Kemudian, hal apa saja yang bisa diungkap dari pelaksanaan psikotes. Aspek psikologi yang bisa diungkapkan meliputi aspek kecerdasan, cara sikap kerja, minat bakat/potensi, kepribadian, performa diri, dan leadership.

Aspek intelegensi berkaitan dengan kecepatan dan daya tampung menggunakan kemampuan otak untuk menerima informasi, menganalisa, dan menyelesaikan masalah. Minat bakat berkaitan dengan potensi dan performa yang mendukung seseorang lebih baik bekerja dan cepat belajar di bagian tertentu dibandingkan di bagian lainnya.

Cara dan sikap kerja menunjukkan seperti apa gambaran seseorang berdasarkan psikologisnya dapat bekerja. Pada cara dan sikap kerja ini akan mengungkapkan ketelitian, tempo kerja, objektivitas dan integritas. Selain itu, cara dan sikap kerja juga bisa melihat perencanaan dan pengelolaan, orientasi kepada masa depan, disiplin, fokus, ketegaran, komitmen, daya tahan stres, dan ketaatan terhadap aturan perusahaan.

Pengungkapan aspek performa diri untuk melihat sikap, pembawaan diri, kesopanan, cara berbicara, bagaimana menyampaikan argumentasi dan persuasinya. Performa diri juga bisa melihat vitalitas, tanggapan terhadap energi yang dimiliki, daya pikat, pengetahuan terhadap hal yang dikerjakan, serta kemampuan memahami instruksi atau perintah kerja.

Sedangkan hal yang bisa digali dari aspek leadership adalah untuk melihat dorongan memimpin, kemampuan pengambilan keputusan, pendelegasian tugas, dan ketegasan. Aspek kepemimpinan lainnya yang bisa digali seperti keberanian mengambil resiko, kemampuan mengembangkan bawahan, mengkomunikasikan atasan ke bawahan, karisma dan pengaruh kepemimpinan.

_____________

Demikianlah sedikit penjabaran tentang manfaat jasa psikotest bagi perusahaan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.