admin No Comments

Test Minat Bakat Perkuliahan — Memilih jurusan memang sudah dilakukan sejak masih di bangku SMA. Seharusnya pilihan jurusan yang telah diambil ketika SMA bisa menjadi penentu dan penyempit pilihan jurusan yang bisa anak ambil ketika hendak meilih jurusan di Bangka perkuliahan. Nah jika masih bingung dan belum yakin, bisa nih ambil test minat bakat perkuliahan agar dapat prediksi jurusan yang tepat.

Sebenarnya tes minat bakat di SMA sudah perlu diberikan ketika memutuskan untuk memilih penjurusan kelas. Apakah siswa tersebut mau masuk kelas IPA, IPS, atau Bahasa. Pun, sebelum itu, ketika masuk sekolah Atas. Siswa SMP perlu diberikan psikotes dan minat bakat untuk memilih apakah siswa perlu mengikuti pendidikan di SMA, SMK, maupun kelas inklusi. Jadi, psikotes sangat dibutuhkan untuk bahan masukan memilih pendidikan sesuai potensi siswa, sejak siswa tersebut masih di SMP.

Jadi dalam minat bakat perkuliahan, anak akan diberi beberapa pernyataan-pernyataan yang nantinya bakat dan minat akan diketahui. Serangkaian alat tes psikologi untuk mengukur potensi, minat dan bakat memang sudah dibuat standar. Dengan kajian keilmuan psikologi. Sehingga, hasil yang keluar sebagai mana mestinya sesuai dengan gambaran diri peserta psikotes.

 

Potensi intelektual yang diungkapkan dalam tes minat bakat

Beberapa yang diungkapkan dalam tes minat bakat adalah seperti pengungkapan aspek intelegensi/ intelektual, aspek cara dan sikap menghadapi study, kepribadian, dan ketertarikan pada bidang keilmuan tertentu.

Dalam aspek intelegensi, dapat diketahui hal-hal sebagai berikut:

  1. Tingkat Kecerdasan menggambarkan tingkat kecerdasan umum.
  2. Kemampuan Konsentrasi menggambarkan kemampuan mengarahkan dan memusatkan perhatian
  3. Kemampuan Abstraksi sebagai kemampuan membayangkan dan menyelesaikan masalah tanpa berhadapan dengan objek konkret
  4. Analisa Sintesa menggambarkan kemampuan melakukan analisa, mengurai masalah, dan membuat kesimpulan atas suatu masalah
  5. Fleksibilitas Berpikir dapat menggambarkan kemampuan untuk menggunakan cara baru dalam menggunakan sudut pandang dan tidak kaku dalam menerapkan persepsi pribadi
  6. Kemampuan Verbal dijelaskan sebagai kemampuan komunikasi dan memahami logika verbal sehari-hari
  7. Kemampuan Non Verbal dijelaskan sebagai kemampuan berpikir menggunakan logika, simbol, abstrak, dan setiap hubungan
  8. Daya Tangkap menggambarkan kemampuan memahami informasi yang baru diperoleh secara tepat dan cepat
  9. Kemampuan Numerikal sebagai kemampuan berhitung dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan angka
  10. Kemampuan Memori sebagai kemampuan untuk mengingat dan menghafalkan

 

Salah satu contoh laporan dalam tes minat bakat

Salah satu contoh laporan dalam tes minat bakat

Selain mendapatkan gambaran intelektual seperti yang diuraikan di atas, beberapa aspek psikologis siswa juga bisa diungkapkan. Seperti pengungkapan aspek cara dan sikap belajar, kepribadian, dan arah minat. Dengan begitu, memilih jurusan di bangku kuliah menjadi lebih mudah dan disesuaikan dengan minat bakat siswa. Hal ini akan memudahkan siswa dalam melalui bangku kuliah yang sesuai dengan pilihan jurusan yang tepat bagi mereka sehingga tidak terjadi penyesalan karena salah memilih jurusan.

artikel terkait: jasa psikologi

dan konsultan psikologi

Test minat bakat perkuliahan dimana?

Sudah banyak test minat bakat perkuliahan yang tersedia gratis secara online baik itu dalam bentuk aplikasi maupun website. Meski begitu tidak semuanya bisa anda percaya. Jadi lebih baik anda meminta test minat bakat perkuliahan pada tangan professional yang memang sudah terbiasa dan juga sudah mempunyai lisensi yang mana menyatakan bahwa penyedia jasa itu merupakan tangan yang berpengalaman dalam mengadakan test minat bakat dengan ketentuan tertentu. Hal ini karena kesalahan dalam hasil laporan psikotes, akan mempengaruhi Anda dalam pengambilan keputusan penting tentang jurusan mana yang hendak dipilih.

Masih Belum Tau Ambil Jurusan Apa? Test Minat Bakat Perkuliahan Yuk!

Masih Belum Tau Ambil Jurusan Apa? Test Minat Bakat Perkuliahan Yuk!

 

Tes minat bakat perkuliahan dapat membantu mengambil keputusan mencari jurusan mana yang tepat sesuai dengan diri siswa

Tes minat bakat perkuliahan dapat membantu mengambil keputusan mencari jurusan mana yang tepat sesuai dengan diri siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.