admin No Comments

Teknik Relaksasi Sederhana. Mungkin kata relaksasi sudah tidak asing di telinga karena teknik ini sudah ramai digunakan oleh banyak pihak. Tetapi, tahukah kamu bahwa teknik relaksasi bisa mengurangi stres jika dilakukan dengan baik dan benar? Yuk kenali teknik relaksasi agar bisa merasakan manfaatnya.

Relaksasi merupakan teknik yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan yang dirasakan oleh seseorang dengan melemaskan otot-otot pada tubuh. Terapi ini diperkenalkan pertama kali oleh Jacobson melalui berbagai penelitian tentang teknik pengurangan ketegangan. Relaksasi secara umum bertujuan untuk meregangkan otot agar tidak mengalami ketegangan. Secara umum, manusia pasti memiliki ketegangan dengan kadar dan situasi yang berbeda-beda. Maka relaksasi ini dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan seperti stres dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

Relaksasi dapat membuat membuat kondisi lebih tenang dan tentram. Biasanya teknik relaksasi dilakukan ketika seseorang mulai merasa tegang, cemas, khawatir dan masalah-masalah lainnya yang bisa menyebabkan stres. Ketika relaksasi dilakukan otot-otot akan mulai merenggang dan sistem saraf bekerja sebagaimana fungsinya. Relaksasi dapat membuat seseorang lebih mampu menghindari reaksi berlebih akibat stres. Masalah – masalah yang timbul akibat stres seperti, sakit kepala, tekanan darah tinggi, insomnia, dan perilaku – perilaku buruk dapat berkurang.

Mengurangi Stress Dengan Teknik Relaksasi Sederhana

Baca Juga: Manfaat Utama Psikologi Konseling Secara Ilmiah

dan jasa psikotes online

Langkah-Langkah Teknik Relaksasi Sederhana

Yuk, ikuti langkah-langkah relaksasi sederhana di bawah ini step by step agar terhindar dari masalah-masalah akibat stres.

  1. Pastikan kamu berada di ruangan yang aman dan membuatmu merasa nyaman.
  2. Cobalah play music favoritmu yang bisa membawamu ke dalam kondisi yang tenang.
  3. Duduklah di sofa/ kursi dan sandarkan tubuhmu senyaman mungkin.
  4. Mulailah memejamkan mata secara perlahan.
  5. Tarik nafas dari hidung dan keluarkan dari mulut, rasakan setiap nafas yang dihirup dan yang dihembuskan (lakukan secara berulang dan perlahan merasakan setiap nafas).
  6. Melakukan afirmasi positif (misalnya; aku kuat, aku bisa baik-baik saja, aku menerima semua kondisi saat ini, dll).
  7. Setelah merasa tenang, rileks dan damai, silahkan membuka mata secara perlahan.

Semoga artikel singkat “Mengurangi Stress Dengan Teknik Relaksasi Sederhana” bisa bermanfaat yaa dan bisa membantu mengurangi stres ringan yang sering dialami oleh diri kita 🙂

Baca juga, 5 Manfaat Menggunakan Psikotes Online untuk Perusahaan

dan Cara Daftarkan Diri Psikologi Konseling Untuk Individu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *