admin No Comments

Penularan Penyakit Seksual — Apa itu perilaku seksual menyimpang? Perilaku seksual adalah segala aktivitas seksual yang dilakukan seseorang, dua orang ataupun lebih yang bersumber dari adanya dorongan seksual (birahi,nafsu seks) yang diikuti dengan perubahan tanda-tanda fisiologis (fase terangsang seksual)  seseorang untuk memperoleh kepuasan seksual (orgasme)  (Saragih, 2011).

Perilaku seksual menyimpang ketidakwajaran seksual yang mencakup perilaku-perilaku seksual / fantasi-fantasi seksual yang diarahkan pada pencapaian orgasme lewat relasi di luar hubungan heteroseksual , dengan jenis kelamin yang sama, atau dengan partner yang belum dewasa, dan bertentangan dengan norma-norma tingkah laku seksual dalam masyarakat yang bisa di terima secara umum (Kartono, 2009 ; 227).

Macam-Macam Perilaku Seksual Menyimpang

Perilaku menyimpang seksual bisa kita kategorikan menjadi dua jenis, yaitu.. gangguan identifikasi jenis

dan parafilia atau deviasi seksual. Gangguan identifikasi meliputi transeksual. Sedangkan untuk parafilia meliputi pedofilia, transvestisme, eksibisonisme, fetisme, voyeurisme, masokisme, dan sadisme.

Infeksi vagina

Penularan Penyakit Seksual infeksi vagina dan Trikomoniasis

Infeksi vagina jauh lebih umum dari  PMS lainnya.  Hampir setiap wanita mengalami salah satu dari infeksi ini. Banyak organisme yang menyebabkan infeksi vagina, sebagian besar penyebab infeksi vagina adalah trikomoniasis.

Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomoniasis  vaginalis. paling umum terjadi pada wanita. Organisme trichomonas dapat bertahan hidup di luar tubuh selama beberapa jam di atas benda lembab atau di dalam air. Gejala utama trikomoniasis pada wanita adalah keputihan yang melimpah, berbau tidak sedap yang sering disertai rasa gatal, dan nyeri. Pria jarang bergejala. Wanita dan pasangan mereka yang terinfeksi mungkin berhasil diobati dengan obat flagyl.

Moniliasis

Moniliasis adalah infeksi jamur yang menyerang banyak wanita. Kehamilan, diabetes, menggunakan pil KB dan pengobatan dengan antibiotik oral adalah kondisi yang sering dikaitkan dengan infeksi monilia.
Gejala infeksi jamur meliputi keluarnya cairan berwarna putih dan menggumpal serta rasa gatal yang hebat pada jaringan vagina dan vulva. Infeksi jamur merespon pengobatan dengan antibiotik supositoria
vagina dengan cukup baik.

Penularan Penyakit Seksual Moniliasis

Gonorea

Gonorea merupakan penyakit menular yang sangat umum di negara maju seperti Amerika Serikat. Penyakit kelamin ini terjadi karena infeksi bakteri Gonococcus  yang ditularkan melalui kontak seksual. Gejala awal infeksi gonore lebih cenderung dimanifestasikan oleh laki-laki. Dimana gejala yang dirasakan berupa pria mengeluarkan cairan dari penis dan terasa terbakar saat buang air kecil. Tanda awal pada wanita, jika terdeteksi, adalah keputihan ringan yang mungkin mengiritasi jaringan vulva.

Komplikasi infeksi gonore pada pria termasuk prostat, keterlibatan ginjal, kandung kemih, dan, jarang-jarang dapat menyebabkan kemandulan.  Pada wanita, gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul, kemandulan, dan adhesi perut. Kebanyakan kasus gonore berespon baik terhadap pengobatan penisilin. Dalam kasus reaksi alergi atau resisten terhadap penisilin, obat alternatif tersedia.

Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh organisme kurus seperti pembuka botol yang disebut Treponema Pallidum. Penyebaran penyakit sifilis ditularkan dari luka yang terbuka pada individu yang terinfeksi ke selaput lendir atau lecet kulit pasangan seksual melalui kontak penis-vagina, oral-genital, atau genital-anal.

jika tidak diobati, sifilis dapat berkembang sampai empat fase; yaitu fase primer, ditandai dengan munculnya luka chancre. Fase sekunder, dibedakan dengan terjadinya ruam kulit umum; laten, periode beberapa tahun tanpa gejala yang jelas. Fase tersier, selama itu penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, kebutaan, kelumpuhan, tukak kulit, kerusakan hati, dan patologi mental yang parah. Sifilis dapat diobati dengan penisilin pada setiap tahap perkembangannya.

Herpes

Penyakit kelamin Herpes disebabkan oleh virus yang disebut Herpes simplex. Ada lima jenis virus herpes, yang paling umum tipe 1, yang menghasilkan luka dingin,  dan tipe 2, yang menginfeksi area genital.  Kadang-kadang, tipe 1 ditemukan di bawah pinggang dan tipe 2 di area mulut. Tipe 2 ditularkan hampir secara eksklusif melalui kontak seksual; tipe 1 dapat ditularkan melalui ciuman, atau dengan menggunakan peralatan toilet atau peralatan dari orang yang terinfeksi. Gejala utama dari herpes adalah adanya luka yang menyakitkan .

Pengidap penyakit herpes selama erupsi herpes sangat mudah menularkan ke orang lain yang menjalin kontak dengannya. Herpes genital dapat menyebabkan wanita terkena kanker serviks dan menginfeksi bayinya yang baru lahir, menyebabkan kerusakan parah atau kematian bayi. Tidak ada obat yang diketahui untuk herpes. Pengobatan bergejala, ditujukan untuk mengurangi nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.

Penularan Penyakit Seksual Herpes

NonGonococcal Urethritis (NGU)

Uretritis nongonococcal adalah infeksi yang sangat umum pada saluran uretra yang biasanya terlihat pada pria. Penyakit ini terutama disebabkan oleh organisme menular yaitu chlamydia trachomatis. Penularan penyakit ini biasanya terjadi selama senggama. Gejala, yang paling terlihat pada pria, termasuk keluarnya cairan dari penis dan rasa terbakar ringan saat buang air kecil. Wanita mungkin mengalami keputihan ringan dan dianggap mengandung organisme yang menginfeksi. Penisilin tidak efektif melawan NonGonococcal Urethritis. Dibutuhkan diagnosis yang tepat untuk memastikan gejala dari penyakit ini. Terapi tetrasiklin selama beberapa hari biasanya menghilangkan kondisi tersebut.

Penularan Penyakit Seksual NonGonococcal Urethritis (NGU)

Pubic Lice

Kutu kemaluan (berbentuk seperti kepiting) adalah serangga penggigit kecil yang memakan pembuluh darah kecil di daerah kemaluan. Mereka dapat ditularkan melalui kontak seksual atau dengan menggunakan seprai atau pakaian yang terkontaminasi oleh individu yang terinfeksi. Gejala utamanya adalah gatal parah yang tidak hilang dengan garukan; terkadang kutu kemaluan bisa terlihat. Berbagai obat resep dan non resep efektif membunuh kutu kemaluan.

Genital Warts

Gejala dari penyakit ini ditandai dengan kutil yang muncul di alat kelamin, disebut kutil kelamin. Penyakit Genital Warts disebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV). Metode penularan penyakit ini melalui interaksi seksual vagina, anal, oral-genital. Pada wanita, paling sering muncul di bagian bawah lubang vagina. Sedangkan pada pria, biasanya terjadi pada kelenjar, kulup, atau batang penis. Berwarna merah muda atau merah dan terlihat seperti kembang kol. Penyakit ini biasa berhasil diobati dengan podofilin.

Penularan Penyakit Seksual -- Genital Warts

Perilaku seksual sehat

Setelah mengetahui berbagai penyakit seksual dan penyakit menular seksual. Maka, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan organ intim, menjaga perilaku seksual yang sehat. Perilaku seks sehat adalah melakukan hubungan seks yang memberikan kepuasan, sekaligus melindungi diri dan pasangan dari penyakit menular seksual. Dengan melakukan seks sehat yang aman dan berkualitas, baik diri sendiri maupun pasangan dapat memperoleh manfaat seks yang menyehatkan tubuh.

Perilaku seksual sehat tidak hanya menyelamatkan diri dan pasangan, tetapi juga untuk mendapatkan keturunan yang sehat. Perilaku seksual sehat yang aman bisa mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual seperti penyakit-penyakit yang sudah kami jelaskan di atas. Dengan seks sehat, diri kita dan pasangan dapat lebih menikmati keintiman tanpa khawatir akan risiko terkena penyakit. Untuk melakukan perilakuk seksual sehat, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, yaitu :

1. Tidak melakukan hubungan seksual kepada sembarang orang
  2. Membersihkan diri sebelum berhubungan
  3. Menggunakan kondom jika perlu
  4. Menjaga kebersihan kelamin
  5. Melakukan vaksinasi
  6. Memeriksakan diri ke dokter
  7. Melakukan aktivitas seksual yang wajar

Demikian artikel singkat tentang perilaku seksual dan penularan penyakit seksual. Semoga bermanfaat.