admin No Comments

Psikolog merupakan profesi dengan pelayanan bidang keilmuan psikologi. Sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh melalui tahap Magister Profesi dan bahkan gelar Doktoral dengan waktu tempuh yang lama. Tentu, proses pendidikan tersebut menjadikan keilmuan yang bisa diaplikasikan di dalam masyarakat untuk berbagai bidang. Seperti memaksimalkan bidang industri organisasi, pendidikan, sosial dan permasalahan klinis sampai terkorelasi dengan dunia medis.

 

Profesi Psikolog sama dengan profesi lainnya seperti pengacara, dokter, akuntan, yang juga memberikan hubungan transaksional. Hubungan saling menguntungkan antara kedua belah pihak yang bertansaksi. Artinya, memberikan timbal balik berupa jasa yang menguntungkan klien dibalas dengan hasil jerih payah berupa penghargaan finansial kepada psikolog.

Pertanyaannya adalah, berapa biaya psikolog?

biaya psikolog satu dengan yang lainnya tidak bisa dibandingkan dengan fair karena beberapa hal

biaya psikolog satu dengan yang lainnya tidak bisa dibandingkan dengan fair karena beberapa hal

Tentu tidak bisa disamakan karena terkorelasi dengan keahlian tambahan, jam terbang psikolog, reputasi, situasi dan kondisi lainnya. seperti misalnya ada lawyer yang bisa dibayar milyaran dalam satu penyelesaian kasus, tetapi ada juga yang dibayar hanya dalam nominal jutaan rupiah saja.

Karena hukum transaksional menjelaskan bahwa, Semakin memberikan kontribusi maksimal dan berimbas banyak efek positif kepada klien, akan memberikan keuntungan sebaliknya kepada jasa profesional kerja. Sehingga, jika ditanya terkait jasa psikolog.. terdapat banyak indikator yang membuat standar biaya tidak bisa dibandingkan psikolog satu dengan psikolog yang lain.

Namun ada perkiraan standar yang sering dipatok di rata-rata jasa psikologi dalam layanannya. Berikut adalah perinciannya,

 

Biaya Standar Layanan Psikolog untuk Psikotes Kebutuhan Industrial

Jasa Reguler Tes Psikologi dan Personal Mapping yang meliputi diantaranya Jasa Psikotes/ Evaluasi Psikologis. Berbagai layanan jasa evaluasi psikologis bagi organisasi/ perusahaan secara umum dituangkan dalam berbagai jenis layanan. Berikut adalah harga update per tahun 2017. Harga dapat berubah sewaktu- waktu dan situasional seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

 

Tujuan Level Psikogram Psikogram + Uraian Singkat Psikogram +Uraian Dinamika 
 
Seleksi Pelaksana/ Staf Rp. 250.000 Rp. 350.000 Rp. 500.000
Manajerial Rp. 450.000 Rp. 600.000
Evaluasi Pelaksana/ Staf Rp. 500.000 Rp. 650.000
Manajerial Rp. 600.000 Rp. 750.000

 

data psikotes memberikan gambaran mendalam calon karyawan diluar informasi curiculum vitae

data psikotes memberikan gambaran mendalam calon karyawan diluar informasi curiculum vitae

Namun dalam beberapa negosiasi dengan perusahaan. Berdasarkan pengalaman tim marketing Deepa Psikologi, harga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan besarnya tender serta menyesuaikan dengan kompetitor tender di perusahaan. Menimbang dengan biaya operasional, jika di kalkulasi masuk, maka sekiranya transaksi harga bisa diberikan.

Biaya Psikotes menyesuaikan kebutuhan aspek psikotes yang diungkap dan budget perusahaan 

Dalam beberapa perusahaan terkadang menghendaki ada tambahan layanan psikotes. Atau ada item dan aspek psikologi lainnya dari psikotes yang dikurangi atau ditambah. Misalnya, Perusahaan menghendaki ada tambahan proses wawancara, pelaksanaan in Basket, dan lain-lain. Berikut adalah misalnya untuk biaya opsional yang ditawarkan kepada perusahaan terkait opsi dari layanan yang sama namun ada penambahan dalam fasilitas jasa. Sehingga perusahaan bisa memilih dan menyesuaikan antara kebutuhan dan budget yang tersedia.

 

Tujuan Evaluasi Level Pelaksana / Staf

 

Paket Layanan Harga
Opsi A 1.       Pemberian Tes Tulis

2.       Laporan Hasil berupa Psikogram dan Uraian Singkat

 

Rp.550.000,00
Opsi B 1.       Ujian Tulis

2.       Wawancara

3.       Laporan Hasil berupa Psikogram dan Uraian Singkat

 

Rp.650.000,00
Opsi C 1.       Ujian Tulis

2.       Wawancara

3.       Laporan Hasil berupa :

a.       Psikogram

b.      Uraian dinamika

c.       Hasil Observasi Selama Psikotes

 

Rp.750.000,00
Catatan:

1.       Uraian singkat hanya menjelaskan hasil psikogram

2.       Uraian dinamika, penjelasan mengenai personal individu lebih lengkap, termasuk gambaran tentang kelebihan dan aspek yang perlu dikembangkan dari diri individu.

3.       Harga sudah termasuk pajak

 

 

Harga jasa psikotes juga dipengaruhi oleh wilayah tertentu. Misalnya untuk wilayah Jabotabek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang) harga biasanya relatif sama. Tetapi harga untuk Bandung, Jawa Tengah, dan Luar pulau Jawa biasanya menyesuaikan dengan standar wilayah masing-masing.

 

Mengapa Biaya Psikotes Mahal?

Pertanyaannya tentu kemudian menjadi mengapa biaya psikotes menjadi mahal? Tentu ada beberapa pertimbangan dalam menjawab pertanyaan itu. Terkait biaya operasional. Mari kita coba rincikan terkait biaya operasional psikotes diperusahaan.

  1. Biaya tester dan observer. Tester dan observer adalah jasa tambahan untuk pelaksaaan jalannya proses psikotes. Observer menuangkan catatan tambahan sebagai data penilaian yang diberikan kepada psikolog untuk diinterpretasi. Sedangkan tester berperan memberikan arahan kepada testi melakukan proses psikotes. Tester menyampaikan instruksi, menyediakan alat tes, menjelaskan aturan tes, dan beberapa tanggungjawab lainnya.
  2. Biaya psikolog, disesuaikan dengan profesionalisme kerja yang bisa dipertanggungjawabkan secara profesi keilmuan. Ada beberapa hal dalam tahapan psikotes yang hanya bisa dikerjakan oleh psikolog. Diluar itu pengerjaan psikolog, hasil yang diberikan tidak bisa dipertanggungjawabkan dan melanggar kode etik keilmuan. Seperti misalnya, interpretasi tes, dan menjelaskan gambaran umum / report psikotes kepada user.
  3. Biaya transportasi pada masing-masing tim psikolog dan termasuk transportasi dari kantor konsultan ke Perusahaan pengguna jasa.
  4. Anggaran marketing dalam proses visit dan negosiasi tansaksional kepada user yang dibebankan pada anggaran psikotes.
  5. Biaya administasi, meliputi surat menyurat dokumen dan legalitas lainnya. Di dalam adminstrasi juga terdapat alat tes dimana royalti atau legalitasnya harus kami beli mahal.
  6. Jika tempat pelaksaan tes dibebankan oleh jasa penyedia psikotes. Maka, biaya tempat di bebankan dalam pelaksanaan psikotes.

Poin- poin diatas adalah beberapa perincian yang menjadi pertimbangan mengapa biaya psikotes menyesuaikan dengan harga operasional yang mahal. Tetapi ada alasan utama yang menjawab mengapa biaya psikotes walaupun mahal tetapi tetap perlu dianggarkan oleh perusahaan. Yaitu karena dampak dari psikotes bisa memberikan kontribusi positif bagi berkembangnya SDM perusahaan. Bayangkan jika perusahaan salah merekrut orang, salah mendelegasikan karyawan yang tidak sesuai dengan kompetensinya. Bagaimana jika perusahaan tidak sesuai menempatkan job desk dan potensi yang dimiliki karyawan. Berapa kerugian dari perusahaan karena kesalahan- kesalahan kebijakan SDM tersebut.

Konseling Individual dan Berapa Kontribusi Fee yang Harus Dikeluarkan

Proses konseling sebagai metode tatap muka antara psikolog dan klien untuk membantu klien menyelesaikan permasalahannya. Konseling dibutuhkan klien dalam perannya sebagai pasangan pernikahan, orangtua, anak, teman, pekerja, peran di masyarakat, dan permasalahan psikologisnya sendiri. Proses konseling berfokus kepada penyelesaian permasalahan klien dan tidak hanya berfokus kepada peredaan permasalahan emosional (Emotional Focus Coping). Konselingn psikologi dilakukan dalam beberapa sesi pertemuan tergantung beratnya permasalahan yang dihadapi klien. Dan setiap sesi dibutuhkan waktu kisaran 60- 90 menit menyesuaikan dengan kebutuhan klien.

 baca artikel lainnya terkait : jasa layanan psikologi

Biro Konsultasi Psikologi

Biaya Konseling Psikologi Individual dan Kelompok

Terkait jasa yang dipatok dalam sesi konseling psikologi, tentu menyesuaikan dengan posisi psikolog senior yang sudah punya reputasi atau psikolog baru. Poin relativitas biaya konsultasi psikolog sudah kami singgung di pembahasan awal tulisan ini.

Secara garis besar, konseling dilakukan secara individual atau klasikal atau kelompok. Konsultasi psikolog dilakukan secara kelompok misalnya konsultasi pasangan suami istri untuk menyelesaikan permasalahan keluarga, konsultasi konflik mendamaikan kedua pihak, dan konsultasi orangtua anak.

Biaya untuk konseling klasikal lebih mahal dibandingkan konseling individual. Berapa biaya standar? Biasanya untuk konseling individual untuk pertemuan pertama dipatok biaya 150 ribu, dan kemudian biaya sesi selanjutnya berkisar 125 ribu per pertemuan. Sedangkan untuk biaya konseling kelompok atau keluarga, pada sesi awal dipatok 200 ribu dan untuk sesi selanjutnya 150 ribu. Harga kami dapatkan dari proses konseling klinis Biro Konsultasi Deepa Psikologi pada tahun 2017. Harga dapat berubah sewaktu- waktu.

pertanyaan seputar konsultasi psikologi silahkan hubungi tim cs kami

pertanyaan seputar konsultasi psikologi silahkan hubungi tim cs kami

——————————-

Demikian adalah artikel dari kami terkait berapa biaya yang dibutuhkan untuk jasa psikolog di bidang industri organisasi dan konseling klinis. Untuk bisa berkontak dan menggunakan jasa Deepa Psikologi. Silahkan hubungi tim CS kami yang ada di halaman website kami ini. Semoga layanan konseling dari deepa psikologi bisa menjadi alternatif untuk solusi permasalahan psikologi Anda. Terima kasih.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.