admin No Comments

Webinar Toxic Parenting – jika kita melihat dari sekian banyak kasus konseling psikologi. Orang yang datang ke psikolog atau konselor untuk mengatasi permasalahan psikologis. Setelah diruntut seringkali sebagian besar sumber permasalahan berasal dari ketidakharmonisan hubungan orangtua dan anak. Sumber permasalahan hubungan anak dan orangtua itu akan mengakibatkan permasalahan-permasalahan psikologis lainnya. Khususnya gangguan interaksi sosial, kekurangmampuan membangun intimacy dengan pasangan, lawan jenis, dan anak. Serta juga menimbulkan gangguan kepribadian.

Pendidikan parenting adalah hal yang paling penting dari segala permasalahan yang berhubungan dengan tujuan kesehatan mental seseorang. Pengasuhan yang bagus akan menghadirkan anak dengan kepribadian yang sehat. Sebaliknya, seseorang bisa bermasalah sepanjang hidupnya terkait kepribadian dan psikologis secara umum dikarenakan pola asuh orangtua yang salah.

Permasalahan justru pola asuh yang tidak baik merupakan hal yang tidak disadari oleh sebagian besar orangtua kepada anaknya. Orangtua tidak sadar bahwa perilaku ke anaknya justru akan membuat anak lemah secara psikis sepanjang anak itu tumbuh sampai besar dan sampai tua. Permasalahan kedua adalah pola asuh bersifat kecenderungan siklus. Yaitu pola asuh yang kita terapkan ke anak merupakan nilai yang didapatkan dari bagaimana orangtua kita mengasuh kita. Orangtua mengasuh kita didapatkan dari cara kakek mengasuh ayah dan ibu kita. Cara kakek mengasuh orangtua kita didapatkan dari cara buyut mengasuh kakek kita. Dan seterusnya. Rantai pola asuh tersebut tersambung seterusnya antar generasi sebelum diantara mereka ada pembelajaran dan perenungan terkait pola pengasuhan yang tidak benar. Rantai pola asuh antar generasi tersebut seringkali berada dalam isu psikologis yang sama. Permasalahan isu psikologis tersebut bisa sama atau berpindah dari satu kutub ekstrim gangguan psikologis ke kutub sebaliknya dari gangguan psikologis tersebut.

Baca juga artikel lainnya, jasa psikotes online

dan jasa psikologi

Mengenal Toxic Parenting

Dikarenakan parenting merupakan bahasan yang paling penting dalam menyelesaikan kesehatan mental seseorang dan kesehatan mental keturunannya kelak. Maka pertama kita perlu mengenal apa itu parenting yang sehat dan parenting yang tidak sehat. Parenting yang tidak sehat kita menyebutnya sebagai toxic parenting. Di dalam toxic parenting, sumber permasalahan berasal dari orangtua yang tidak memiliki kematangan emosional yang cukup untuk berperan sebagai orang tua yang memberikan pola asuh terhadap anaknya.

Sumber ketidakmatangan emosional orangtua itu bisa berupa kepribadian orangtua yang masih kanak-kanak, masih ingin bermain-main, tidak mau terbebani tanggungjawab sebagai orangtua. Juga bisa terkait adanya isu psikologis tertentu yang belum selesai dalam rentang tumbuh kehidupannya. Misalnya isu masih kecil tentang selalu kesepian karena sering ditinggal dinas malam oleh orangtuanya dulu. Maka, isu tersebut akan dibawa terus menerus dalam pola bagaimana dia memperlakukan anaknya ketika malam hendak tidur.

Orangtua yang toxic kesulitan membangun interaksi dengan anak. Bahkan mungkin menarik diri atau justru terlalu dalam dari kedekatan emosional terhadap keluarga terutama anak-anak. Orangtua bisa menjadi sangat kejam atau pengekang, bahkan menjadi sangat abai, atau terlalu mengeksploitasi anaknya sendiri. Tergantung sisi isu yang muncul dalam diri orangtua.

Mereka seringkali tidak sanggup menghadapi permasalahan keluarga, tidak kebijaksanaan dalam menyelesaikan permasalahan keluarga. Orangtua toxic memiliki kepribadian tidak dewasa dan tidak peduli dengan kebutuhan anak-anak. Bisa jadi nampak peduli, tetapi sebenarnya adalah proyeksi dari sifat egosentris orangtua itu sendiri atau tujuan kebutuhan orangtua itu sendiri.

Selanjutnya, orangtua yang toxic tidak bisa membangun komunikasi yang hangat dengan anak-anak       terlebih mengenal secara mendalam anak mereka. Siapa teman terdekat anak mereka, makanan kesukaannya, warna baju, kebiasan buruk anaknya, hal yang paling disukai anaknya, dan sebagainya.

Baca juga artikel lainnya, tes psikologi online

dan jasa psikotes

Layanan Webinar Toxic Parenting

Webinar Toxic Parenting: Berdamai Dengan Kita Sebagai Orangtua Dan Anak Kita

Webinar Toxic Parenting: Berdamai Dengan Kita Sebagai Orangtua Dan Anak Kita

Kami sebagai biro psikologi memberikan layanan konseling pernikahan, konseling pasangan dan interaksi orangtua anak. Juga dalam layanan psikologi keluarga diantaranya dengan rutin mengadakan seminar parenting secara offline maupun secara online. Anda bisa menghubungi CS kami atau admin kami untuk menanyakan terkait layanan seminar parenting. Khususnya untuk layanan parenting secara online. Webinar toxic parenting dari deepa psikologi juga tersedia dalam fasilitas berbayar maupun gratis. Anda bisa mengikuti layanan webinar toxic parenting sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga webinar toxic parenting dari Deepa Psikologi bisa membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan dan menambah informasi ataupun ilmu baru terkait parenting.

Baca juga artikel kami lainnya di konsultan psikologi

dan biro psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *