admin No Comments

 

Banyak yang beranggapan bahwa tes minat bakat itu tidak begitu penting. Namun menurut pakar psikologi, tes seperti ini bisa sangat membantu dalam menentukan tujuan masa depan. Misalnya saja seorang siswa yang bingung harus mengambil jurusan apa untuk masuk kuliah nanti maka tes ini bisa membantu menentukan pilihan yang tepat. Selain berguna untuk urusan memilih jalur pendidikan, tes ini juga bermanfaat untuk membantu jalur karir yang ingin dipilih.

 

Lalu kapan sebaiknya tes minat bakat dilakukan?

Sebenarnya tidak ada batasan atau keharusan kapan seseorang harus melakukan tes minat. Tidak ada batasan usia untuk siapa tes ini bisa dilakukan. Baik anak-anak maupun dewasa sah-sah saja untuk mengikuti tes ini. Karena pada dasarnya tes ini dilakukan untuk menentukan minat atau bakat seseorang pada bidang tertentu sehingga jalur yang dipilih bisa sesuai dengan kecenderungan tersebut.

Kapan pelaksanaan tes minat bakat selalu berhubungan dengan tujuan. Jika tujuannya untuk individual untuk mengetahui potensi anak sedari dini, maka lebih awal lebih bagus agar orangtua tahu dan lebih terarah lebih awal untuk mengembangkan potensi anak.

Jika tujuan untuk penjurusan perkuliahan atau sekolah menengah. Maka, aplikasi tes disesuaikan dengan kurikulum pendidikan terkait. Jika tes minat bakat untuk pemetaan karir, maka perusahaan perlu mencanangkan agar potensi, minat dan bakat masing-masing karyawan harus sesuai dengan job desk. Untuk memaksimalkan kinerja yang ujungnya, menghasilkan output efisien dan efektif bagi perusahaan.

Tes minat bakat untuk penggalian potensi

Tes minat bakat untuk penggalian potensi

Pengujian tes minat bakat anak- anak

Penggalian minat bakat yang dilakukan sedari dini, membuat pemetaan potensi anak lebih awal diketahui. Sehingga, jika posisi kita sebagai orangtua, maka kita akan tahu untuk mengarahkan akan kita ke bakat yang disukainya. Dan kita bisa tidak berfokus terhadap kekurangan anak saja. Sering kali, orangtua berfokus untuk mendongkrak nilai akademis anak yang menurun, namun lupa bahwa ada beberapa nilai akademis yang di atas rata-rata. Tidak mengapa jika nilai di bawah rata-rata tersebut di beri perhatian. Tetapi jika orangtua fokus terhadap kelebihan anak, maka potensi melejit untuk hal-hal yang disukai anak akan cepat berkembang.

 

Mengarahkan anak sesuai minat dan bakatnya sejak kecil menjadikan anak lebih cepat berprestasi dan berkembang sejak awal. Kenyataannya, orang dewasa hidup lebih sering fokus dalam satu bidang yang ditekuni untuk menafkahi hidupnya. Bahkan, misalnya, seorang Atlet Tiger Woods tidak bisa bermain basket, atau sebaliknya, seorang Messi atau Ronaldo tidak pintar bermain catur. Jadi, fokus terhadap potensi, akan mengarahkan anak bisa maksimal dalam penggalian kemampuannya untuk bekal kehidupannya kelak.

 

Dimana sebaiknya melakukan tes minat bakat?

Ada berbagai pilihan dan cara dalam menentukan minat dan bakat seseorang. Namun sebaiknya pilih tes yang diawasi langsung oleh psikolog agar hasilnya pun bisa dipertanggungjawabkan. Banyak lembaga yang mengadakan tes minat atau bakat secara gratis maupun berbayar. Tidak mengapa untuk mengikuti tes tersebut dimanapun juga. Namun untuk hasil yang lebih akurat, pilih lembaga yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam bidang analisis psikologi.

 

Deepapsikologi.com adalah lembaga penyelenggara layanan psikologi dan memang telah concern bertahun-tahun dalam pengembangan keilmuan psikologi. Kami hadir dengan layanan psikologi berupa layanan psikotes, konseling, seminar psikologi, terapi, dan beberapa aplikasi psikologi lainnya.

Dalam layanan tes minat dan bakat, kami memberikan beberapa alat ukur tes yang telah terstandardisasi dalam keilmuan psikologi. Deepa psikologi di dukung oleh tim psikolog dan ilmuan psikologi berpengalaman untuk memberikan jasa psikologi. Tes minat dan bakat yang kami berikan tidak hanya untuk satu level perkembangan saja, tetapi bisa diaplikasikan baik untuk anak- anak sampai orang dewasa dengan beberapa tujuan mulai individual sampai industri organisasi.

 

Siapa saja yang paling banyak melakukan tes minat bakat?

tes minat bakat untuk banyak tujuan dan aplikasinya

tes minat bakat untuk banyak tujuan dan aplikasinya

Biasanya orangtua mendaftarkan anak mereka untuk mengikuti tes minat dan bakat untuk membantu menentukan masa depan anak dengan memilih jurusan sekolah yang tepat. Jadi, kebanyakan yang mengikuti tes seperti ini biasanya pelajar. Hasil yang dicari oleh para pelajar dari tes ini antara lain minat, skill atau bakat, kepribadian, nilai-nilai kehidupan, serta gaya belajar ataupun gaya bekerja.

 

Untuk teknisnya sendiri biasanya ada perbedaan pada setiap lembaga penyelenggara. Ada tes yang meliputi gambar, mengisi pilihan ganda, ataupun berbentuk esai. Namun tidak juga bisa ditentukan tes seperti apa yang lebih baik dan akurat hasilnya. Setiap tes minat bakat di desain untuk mendapatkan hasil seakurat mungkin. Semua tergantung kredibilitas lembaga penyelenggara juga.

Tes minat dan bakat juga seringkali digunakan untuk penjurusan pembelajaran. Misalnya, di pendidikan SMA, siswa dites apakah lebih potensial masuk jurusan Bahasa, IPA, dan Sosial. Atau semisal penjurusan dari SMA ke perkuliahan. Psikolog memberikan saran berdasarkan peminatan, apakah sesuai masuk jurusan tertentu yang sesuai ketertarikan dan potensi. Hal ini untuk menghindari asumsi siswa karena biasanya, diusia tersebut siswa seringkali terpengaruh oleh sugesti dari teman sebaya atau peer groupnya.

hubungi psikolog untuk layanan deepa psikologi

hubungi psikolog untuk layanan deepa psikologi

__________

Demikianlah artikel kami yang berhubungan dengan Tes minat dan bakat. Semoga menjadi alternatif bagi anda untuk menggunakan jasa dan layanan dari deepa psikologi. untuk berkomunikasi dengan tim kami, silahkan hubungi tim CS kami yang ada di halaman website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *